me

5 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Celana dengan Mudah

May 10, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/mrdm
Inilah metode paling ampuh hilangkan bau pesing di celana.

outfit cewek bumi, ootd cewek bumi earth tone wanita

Kamu terganggu dan risih dengan bau pesing menyengat dari urine anak yang menempel pada celana mu? Apalagi jika sudah tertumpuk dalam waktu lama dan nggak langsung dicuci setelah terkena noda dan kotoran. Tentu bakalan jadi PR banget nih pas mau dibersihin. Untungnya, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk membuat pakaian wangi seperti sedia kala loh, Blibli Friends!

Penting untuk diingat juga, bahwa menghilangkan bau pesing pada pakaian membutuhkan kesabaran dan konsistensi jangka panjang. Beberapa kasus mungkin memerlukan beberapa kali proses mencuci atau perlakuan khusus untuk benar-benar menghilangkan bau pesing yang membandel. Yuk, simak beberapa cara mudah menghilangkan bau pesing di celana berikut ini.

Baca juga:


Metode Baking Soda

freepik.com/author/EyeEm

Cara menghilangkan bau pesing di celana yang pertama adalah dengan menggunakan metode baking soda nih, Blibli Friends! Penggunaan baking soda jadi salah satu cara yang efektif dan alami untuk menghilangkan bau pesing. Baking soda telah lama dikenal karena kemampuannya dalam menyerap bau nggak sedap, sehingga cocok hilangkan bau pesing karena ompol.

Caranya cukup sederhana, pertama-tama kamu siapkan larutan dengan mencampurkan baking soda ke dalam air dingin di wastafel atau ember. Kemudian, rendam pakaian yang bau pesing dalam larutan tersebut selama sekitar 30 hingga 60 menit. Selama proses perendaman, baking soda akan bekerja dengan efektif menyerap bau yang terperangkap di dalam serat kain. 

Setelah pakaian meresap larutan baking soda, bilaslah pakaian dengan air bersih untuk menghilangkan residu. Selanjutnya, cuci pakaian seperti biasa dengan deterjen yang kamu biasa kamu gunakan. Pastikan untuk memberi perhatian ekstra pada area yang terkena bau pesing saat mencuci ya, Blibli Friends.

Setelah proses pencucian selesai, biarkan pakaian kering secara alami. Hindari menggunakan pengering karena hal itu dapat membuat bau pesing tetap menempel jika masih ada residu yang tersisa. Setelah pakaian benar-benar kering, periksa apakah bau pesing telah hilang. Jika masih ada bau yang tersisa, kamu bisa mencoba metode lain atau mengulangi proses ini, ya! Semoga berhasil~

Metode Cuka Putih

Metode Cuka Putih
freepik.com/author/kufotos

Selanjutnya Blibli Friends bisa mencoba metode cuka putih atau cuka makan untuk menghilangkan bau pesing di celana kesayanganmu. Metode ini jadi salah satu cara yang efektif dan alami sama seperti cara sebelumnya lho! Campuran cuka putih dengan air dan deterjen cair akan membersihkan noda dan menghilangkan bau yang kuat dan menyengat seperti aroma urin.

Caranya sangatlah mudah, dimulai pada langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan dua cangkir air, dua cangkir cuka putih, dan secangkir deterjen dalam sebuah botol semprot. Penggunaan deterjen berkualitas tinggi sangat penting karena akan meningkatkan kemampuan campuran sebagai pembasmi bau yang lebih efektif.

Setelah campuran terbentuk, semprotkan secara merata ke area yang terkena bau pesing pada pakaian. Biarkan larutan meresap ke dalam serat kain selama 5 hingga 10 menit untuk memastikan bau yang kuat terserap dengan baik. Selanjutnya cucilah pakaian dengan air dingin dan tambahkan secangkir cuka putih ke dalam air cucian sebagai deterjen tambahan.

Metode Boraks dan Soda Cuci

Metode Boraks dan Soda Cuci
freepik.com/author/freepik

Ternyata boraks juga ampuh menghilangkan bau pesing di celana nih, Blibli Friends! Boraks sendiri adalah mineral alami yang terdiri atas natrium, boron, oksigen, dan air. Boraks bisa meningkatkan kinerja detergen dalam mengendalikan bau yang cukup kuat dan menyengat. Sehingga kamu juga bisa mengkombinasikan boraks dengan beberapa metode sebelumnya, ya!

Gunakanlah campuran boraks, cuka putih, dan baking soda untuk menghilangkan bau dan noda urin yang membuat pakaian menjadi pesing. Langkah-langkahnya cukup sederhana, pertama-tama, isi ember dengan air dingin dan tambahkan seperempat cangkir boraks, seperempat cangkir baking soda, dan setengah cangkir cuka putih ke dalam air. 

Kemudian, masukkan celana atau pakaian yang mengandung noda urin ke dalam larutan tersebut dan biarkan meresap selama beberapa jam. Setelah proses perendaman selesai, bilas pakaian dengan air bersih sampai tidak ada residu larutan yang tersisa ya, Blibli Friends. Cucilah seperti biasa, lalu jemurlah hingga kering. Usahakan untuk menjemur di bawah terik matahari langsung, ya!

Metode Pemutih Pakaian

Metode Pemutih Pakaian
freepik.com/author/freepik

Jika penggunaan bahan alami seperti cuka putih dan baking soda sudah tidak memberikan perubahan yang signifikan, maka cara yang patut dicoba selanjutnya adalah menggunakan pemutih pakaian. Pemutih pakaian adalah pilihan yang aman dan efektif dalam menghilangkan bau pesing dan noda yang sulit dihilangkan. 

Langkah-langkahnya cukup mudah, isilah ember dengan air dan tambahkan setengah cangkir pemutih ke dalamnya. Aduklah larutan tersebut agar tercampur rata, lalu masukkan pakaian yang ingin dibersihkan. Biarkan pakaian terendam dalam campuran tersebut selama tiga jam untuk memastikan pemutih oksigen bekerja secara efektif. 

Nah, setelah proses perendaman selesai, bilas pakaian dengan air bersih dan pastikan tidak ada residu larutan yang tersisa. Selanjutnya, cucilah pakaian dengan deterjen seperti biasa, lalu jemurlah hingga kering ya, Blibli Friends!

Penting untuk diingat bahwa saat menggunakan bahan kimia seperti pemutih pakaian, pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet dan hindari kontak langsung dengan kulit. Gunakan sendok kayu atau alat lainnya untuk mengaduk dan mencampur pemutih dengan aman, ya!

Metode Pewangi Pakaian

Metode Pewangi Pakaian
freepik.com/author/whitebearstudio

Metode ini jadi cara terakhir yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah ya, Blibli Friends! Langkah-langkahnya cukup sederhana, yaitu dengan menambahkan pewangi pakaian favorit kamu ke dalam air bilasan terakhir sesudah kamu mencuci. Pewangi pakaian dapat membantu mengatasi bau pesing dengan memberikan aroma yang menyegarkan pada pakaian setelah proses mencuci selesai loh!

Meskipun metode ini tidak secara langsung menghilangkan bau pesing, tetapi dapat memberikan efek menyamarkan atau mengurangi intensitas bau tersebut. Namun, perlu diingat bahwa metode ini sebaiknya digunakan sebagai langkah tambahan setelah mencoba metode-metode sebelumnya yang lebih berfokus pada penghilangan noda dan bau secara langsung ya, Blibli Friends!.


Baca juga:

Itulah informasi seputar lima cara untuk menghilangkan bau pesing di celana. Terus melakukan langkah-langkah pembersihan yang tepat, seperti mencuci secara teratur, menggunakan bahan-bahan pembersih yang efektif, dan memberikan perawatan tambahan jika diperlukan, merupakan kunci untuk mengatasi bau pesing secara efektif.

Kamu butuh koleksi fashion wanita untuk menggantikan celanamu yang bau dan pesing itu? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa cek ketersediaan pilihan dan ragam jenis produknya hanya di Blibli. Ada banyak banget produk pilihan yang tentunya lengkap dengan penawaran menarik setiap harinya. Yuk, cek sekarang juga!