me

9 Cara Menghilangkan Bau di Mobil yang Simple dan Ampuh

Jun 27, 2024.By Rio
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Temukan cara menghilangkan bau di mobil yang simple di sini!

Cara Menghilangkan Bau di Mobil — Mobil harus selalu dijaga kebersihan kabin maupun eksteriornya, supaya kamu tetap percaya diri membawanya kemana saja. Salah satu masalah yang sering muncul dan cukup mengganggu adalah bau yang nggak sedap di bagian kabin. 

Penyebabnya bau nggak sedap di dalam mobil bermacam-macam, bisa karena ada sisa makanan yang tertinggal lalu menimbulkan bau, maupun karena kondisi kabin yang lembab banget. Tenang aja, di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan bau di mobil yang bisa kamu coba. Simak yuk tipsnya!

Baca Juga:


1. Jemur Mobil di Bawah Sinar Matahari

Jemur Mobil di Bawah Sinar Matahari
freepik.com/author/mrsiraphol

Salah satu penyebab muncul aroma nggak sedap di mobil kamu adalah karena kondisi kabin yang terlalu lembab. Solusinya, kamu bisa jemur beberapa bagian interior mobil langsung di bawah sinar matahari. Sinar matahari dikenal ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan bau di mobil.

Apa saja yang harus dijemur? Biasanya, sisa makanan maupun minuman yang tumpah ke karpet mobil akan meninggalkan bau. Kamu bisa bersihkan dulu bagian karpet ini lalu jemur dibawah sinar matahari. Pastikan bersihkan sampai benar-benar bersih sebelum menjemurnya.

Selain itu, bawa juga mobil kamu untuk berjemur. Buka semua jendela supaya panas matahari bisa masuk ke dalam mobil. Sebaiknya jemur nggak lebih dari 1 jam supaya warna cat mobil kamu nggak kusam karena terkena panas matahari.

2. Bersihkan Mobil dengan Sabun

Bersihkan Mobil dengan Sabun
freepik.com/author/freepik

Kalau bau yang tertinggal di kabin karena ada minuman yang tumpah, kamu bisa coba membersihkannya menggunakan sabun. Siapkan beberapa alat lain untuk membersihkan seperti sikat dengan ujung yang halus dan juga air. 

Pertama, campurkan dulu sabun dengan air, jadi kamu bisa langsung menuangkan campuran tersebut ke bagian kabin yang terkena tumpahan minuman tadi. Setelah itu sikat perlahan, jangan terlalu keras supaya permukaan bagian tersebut nggak rusak. Bersihkan sampai sisa noda dan baunya mulai menghilang. 

3. Ganti Filter AC

Ganti Filter AC
freepik.com/author/freepik

Penyebab lainnya yang bisa membuat bau yang mengganggu muncul di mobil kamu adalah filter AC yang kotor. Filter AC sendiri bekerja menyaring udara luar yang kemudian akan masuk ke dalam kabin. Kalau filter AC kotor atau rusak, maka udara yang masuk juga nggak tersaring dengan baik, salah satunya menimbulkan aroma nggak sedap.

Maka dari itu, lakukan pengecekan rutin pada bagian filter AC ini, khususnya ketika kamu sudah merasa ada bau yang kurang sedap mendadak muncul di dalam kabin. Kalau kotor, kamu tinggal membersihkannya. Segera ganti kalau memang filter AC mobil sudah rusak.

4. Pakai Pandan

Pakai Pandan
freepik.com/author/EyeEm

Buat para ibu rumah tangga, pasti kamu sudah nggak asing lagi sama bahan dapur yang satu ini. Pandan juga bisa kamu pakai sebagai pengharum alami yang akan menghilangkan aroma nggak sedap di kabin mobil kamu.

Mirip seperti kopi, pandan juga punya aroma khas yang lembut dan segar. Maka dari itu, pandan bisa jadi solusi tepat untuk membuat kabin mobil lebih harum tapi nggak menyengat. 

Cara pakainya mudah, cukup siapkan sekitar 8 sampai 10 lembar daun pandan segar. Setelah itu potong jadi bagian kecil dan letakkan di beberapa tempat di dalam kabin mobil. Kamu bisa meletakkannya di malam hari saat mobil sudah nggak digunakan lagi. Aroma dari pandan ini bisa tahan sekitar lebih dari 1 minggu sejak diletakkan pertama kali.

5. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara Menghilangkan Bau di Mobil
freepik.com/author/freepik

Mirip seperti saat kamu ingin membersihkan rumah, vacuum cleaner juga ampuh untuk menghilangkan bau nggak sedap di mobil kamu. Vacuum cleaner bisa mengangkat debu dan kotoran yang tertinggal, termasuk sisa makanan maupun sisa asap rokok yang meninggalkan bau yang mengganggu. 

Caranya mudah kok, gunakan vacuum cleaner seperti biasanya ke seluruh bagian kabin. Kamu bisa mulai dari membersihkan bagian dashboard, lalu tempat duduk sampai akhirnya terakhir di karpet mobil. Kamu bisa utak atik bagian ujung vacuum cleaner untuk menjangkau area-area yang sempit. 

6. Pakai Bubuk Kopi

Pakai Bubuk Kopi
freepik.com/author/freepik

Bubuk kopi sudah lama dikenal ampuh untuk menghilangkan bau yang nggak sedap, baik di ruangan, sepatu, sampai kabin mobil. Pengharum kendaraan pun juga ada yang memanfaatkan aroma kopi yang segar dan hangat. 

Nah, kalau ternyata di mobil kamu mendadak muncul bau nggak sedap, cari dulu di mana sumbernya. Setelah ditemukan, bersihkan dulu bagian itu lalu diamkan selama beberapa saat sampai kering. Setelah itu, kamu bisa taburi sisa bubuk kopi yang ada di rumah pada bagian tersebut. 

Coba cek beberapa saat kemudian, kalau masih ada sisa bau yang nggak enak, kamu bisa taburi bubuk kopi lagi. Taburkan bubuk kopi ini sampai aromanya bisa menggantikan bau tak sedap tadi. Selain simple, cara ini juga cukup hemat karena kamu bisa memakai bubuk kopi sisa yang sudah nggak bisa dikonsumsi lagi.

7. Pasang Pengharum Khusus

Pasang Pengharum Khusus
freepik.com/author/mistergotjj

Solusi berikutnya yang juga ampuh mengatasi mobil yang bau adalah dengan memasang pengharum. Kamu bisa pilih pengharum mobil yang aromanya lembut, jangan yang terlalu kuat supaya nggak membuat penumpang pusing. 

Pilih aroma yang bisa ditoleransi oleh beberapa orang, karena nggak jarang ada yang memang nggak tahan dengan aroma yang terlalu menyengat. Sudah ada banyak pilihan pengharum mobil yang dijual di marketplace maupun toko offline, tinggal kamu tentukan sesuai selera dan kebutuhan.

8. Pakai Air Purifier

Cara Menghilangkan Bau di Mobil
blibli.com

Kamu juga bisa lho meletakkan air purifier di mobil untuk menghalau bau. Alat ini nantinya akan membersihkan udara yang ada di mobil kamu, membasmi virus yang tersebar di udara maupun menghilangkan bau nggak sedap.

Setelah pemakaian, udara di dalam mobil akan terasa lebih segar dan membuat siapapun yang ada di dalamnya jadi lebih nyaman. Sirkulasi udara di dalam kabin juga jadi lebih baik dibanding sebelumnya. Nggak hanya itu saja, kesehatan kamu dan keluarga juga bisa jadi lebih baik karena air purifier ini.

9. Gunakan Kayu Manis

Cara Menghilangkan Bau di Mobil
freepik.com/author/racool-studio

Selain pandan dan kopi, bahan dapur berikutnya yang juga ampuh mengatasi aroma nggak sedap di dalam mobil adalah kayu manis. Tanaman rempah ini punya bau yang khas, lembut dan hangat tapi nggak menyengat. 

Kalau kamu terganggu dengan aroma sisa rokok yang cukup kuat, kayu manis bisa mengatasinya. Cukup letakkan kayu manis pada sebuah wadah, bisa berupa bubuk atau batangan. Setelah itu letakkan pada beberapa bagian di dalam mobil yang jauh dari jangkauan kaki penumpang, seperti di bawah jok.

Mirip seperti menggunakan pandan, sebaiknya kayu manis ini diletakkan semalaman supaya hasilnya bisa lebih optimal.


Baca Juga:

Itu dia berbagai cara simple yang bisa kamu tiru untuk mengatasi bau di mobil yang mengganggu. Kalau kamu ingin membeli pengharum untuk mobil kesayangan, langsung buka Blibli di gadget kamu. Di Blibli ada banyak pilihan varian pengharum mobil dan dengan ukuran yang juga beragam.