me

Cara Menghidupkan TV Samsung yang Susah Hidup

Oct 11, 2022.By Jarvis
Bagikan

pexels.com

Blibli Friends pernah mengalami TV Samsung yang sulit hidup namun sebenarnya belum rusak? Ternyata hal ini bisa terjadi akibat adanya konsleting atau beberapa fungsi yang nggak bekerja baik dalam komponennya. Namun kamu nggak perlu khawatir karena ada cara menghidupkan TV samsung yang susah hidup yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik 2021


Kenali Penyebab TV Samsung Susah Hidup

Hal pertama yang perlu kamu tahu sebelum masuk ke bagian caranya adalah pahami terlebih dahulu penyebab TV Samsung susah hidup. Adapun beberapa kemungkinan penyebab yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

Adanya perubahan pada tegangan regulator

Penyebab pertama yang perlu kamu tahu ketika TV Samsung sulit hidup adalah karena adanya perubahan tegangan di bagian regulatornya. Kondisinya bisa begitu karena tegangannya cenderung menurun dari ukuran sebelumnya. Hal inilah yang membuat TV sulit untuk mengangkat suara maupun gambar meskipun sudah menyala.

Samsung UA32T4001AKXXD HD TV (32 Inch)

Fungsi horizontal flyback nggak normal

Penyebab kedua yang bisa membuat TV Samsung nggak mau hidup adalah fungsi dari flyback nggak normal. Hal ini terjadi karena transistor horizontal short atau komponen ini kesulitan menerima sinyal yang diberikan. Hal ini membuat kondisi TV tetap nyala namun nggak mau memunculkan gambar maupun suara.

Samsung UA32N4003A LED TV (32 Inch)

Ada kerusakan pada komponen Elco

Penyebab ketiga yang bisa membuat TV Samsung sulit untuk hidup adalah adanya kerusakan pada bagian komponen Elco. Bisa dibilang komponen ini memang cukup krusial untuk diperhatikan apalagi terkait fungsionalitasnya pada TV. Sehingga kamu bakalan melihat lampu indikator power tetap hidup namun TV nggak mau mengeluarkan suara dan gambar.

Samsung UA32T4500AKXXD Smart TV (32 Inch)

Ada masalah pada LED

Biasanya kalau LED bermasalah maka TV sulit untuk hidup dan cenderung masih mengeluarkan suara meskipun dalam waktu lama. Hanya saja untuk menghidupkan gambarnya memang bakalan sulit. Sehingga kamu perlu melakukan pengecekan di bagian LED atau menggantinya dengan yang baru.

Cara Menghidupkan TV Samsung yang Susah Hidup

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan TV Samsung yang sulit hidup? Biar nggak salah langkah kamu bisa langsung memperhatikan penjelasannya di bawah ini:

Maksimalkan penggunaan remote

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan TV Samsung yang sulit hidup adalah dengan bantuan remote. Cara ini bakalan membantumu ketika TV hidup namun gambar lama muncul atau bahkan nggak mau muncul. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan TV seperti biasanya.
  • Tekan di bagian remote selama 1 menitan.
  • Masuk ke bagian standby kemudian atur pilihan dengan remote.
  • Gunakan tombol yang ada pada remote untuk naik turun dan pengaturan channel yang kamu inginkan.
  • Hanya saja untuk memastikan cara ini berhasil kamu harus cek LCD memang nggak ada masalah terkait fungsionalitasnya.

Bongkar bagian regulatornya

Jika ternyata yang sulit hidup nggak hanya bagian gambarnya saja melainkan keseluruhan ternyata kamu perlu membongkar bagian regulatornya. Hanya saja untuk membongkar ini kamu perlu memperhatikan masing-masing alat dan langkahnya jangan sampai salah untuk menghindari konsleting.

Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Cek terlebih dahulu bagian regulatornya kemudian cek bagian sekringnya apakah putus atau masih dalam kondisi yang normal. Jika ternyata kondisinya memang rusak atau terputus kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Jika ternyata cara ini belum membuat TV bisa hidup cepat kamu bisa lanjut untuk cek bagian horizontal flyback. Komponen ini krusial banget untuk TV bahkan jika ada masalah sedikit saja bisa membuatnya mati total. Kamu perlu mengatur bagian multitester, atur skala multitester ke bagian X1.

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan adalah menghubungkan probe merah ke kaki emitor transistor sementara untuk probe hitam disambungkan ke basis transistor. Ketika keduanya sudah tersambung maka jarumnya bakalan bergerak dan nilai suatu dioda, bukan OHM tentunya bakalan berubah.

Cek kembali bagian komponen LCD untuk memastikan sambungan ini memang bukan menjadi masalah utamanya.

Tips Menyalakan TV Biar nggak Mudah Rusak

Bagaimana cara menyalakan TV biar nggak mudah rusak? Kamu bisa langsung menggunakan beberapa tips penting di bawah ini:

Nyalakan ketika dibutuhkan

Menonton TV memang merupakan hiburan menyenangkan namun bukan berarti kamu bisa menyalakannya tanpa henti. Berikan jeda untuk TV biar nggak terlalu panas karena mampu merusak komponen di dalamnya. Nyalakan TV maksimal 5 jam kemudian matikan dan hidupkan kembali setelah beberapa jam.

Jangan merusak remote

Seperti yang sudah dijelaskan kalau remote bakalan membantumu menyalakan TV yang sulit hidup sehingga jangan sampai komponen ini rusak. Kamu perlu menggunakan dan menyimpannya sebaik mungkin. Jika fungsionalitasnya menurun jangan dibanting melainkan langsung cek kondisi baterai dan komponennya.

Cabut kabel saat nggak digunakan

Ketika menyalakan TV kamu familiar dengan langsung menekan tombol power namun ketika mematikannya lebih baik cabut juga bagian kabelnya.


Baca juga: 5 Rekomendasi Speaker Bluetooth Waterproof 

Bagaimana Blibli Friends? Kamu tertarik untuk membeli TV Samsung yang baru? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semua rekomendasinya di Blibli saja. 

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel