me

8 Tips Agar AC Hemat Listrik dan Tetap Dingin

Mar 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/zampa9800
8 tips agar AC hemat listrik namun tetap dingin.

Cicilan 0% KAM

Saat ini, semakin banyak orang yang memilih menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Berbagai alasan seperti faktor kenyamanan di tengah cuaca panas, kesehatan dan kebersihan, produktivitas kerja, kualitas udara dan kelembapan, pelestarian benda elektronik atau perabotan kayu yang sensitif suhu, kenyamanan tidur, hingga perlindungan terhadap suhu ekstrem menjadi latar belakang penggunaannya.

Apakah Blibli Friends salah satu pengguna alat elektronik pendingin ruangan tersebut? Atau mau menggunakan AC namun khawatir dengan konsumsi listriknya? Nggak perlu khawatir, saat ini berbagai macam tipe AC sudah tersedia dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan di rumah. Biar semakin hemat, kamu dapat mengikuti beberapa tips agar AC hemat listrik namun tetap dingin di sini, ya.

Baca juga :


Gunakan Mode Hemat Energi pada AC

Gunakan Mode Hemat Energi pada AC
freepik.com/author/gmstockstudio

Agar AC hemat listrik pakai mode apa? Cara terbaik untuk mengurangi konsumsi energi saat menggunakan AC yaitu dengan memanfaatkan mode hemat energi yang tersedia pada AC tersebut. Apakah mode sleep pada AC bisa menghemat listrik? Bisa, setiap AC tentunya memiliki mode hemat energinya masing-masing seperti pengaturan suhu otomatis, pengaturan kecepatan kipas, pengaturan zona, atau mode eco dan mode sleep ini.

Apakah AC semakin dingin semakin boros listrik? Benar, kamu dapat mengurangi atau menghemat biaya listrik tanpa mengorbankan kenyamanan rasa dingin dari AC dengan memanfaatkan mode hemat energi. Meskipun begitu, sebaiknya kamu mempelajari dan memahami setiap fitur-fitur hemat energi yang tersedia pada AC sebelum membeli serta menggunakannya agar efisiensi energi tetap optimal.

Atur Suhu AC secara Bijak

Atur Suhu AC secara Bijak
freepik.com/author/williamson

Selain menggunkan mode hemat energi pada AC, penghematan juga bisa kamu lakukan dengan cara mengatur suhu AC secara bijak. Pilih suhu yang paling nyaman namun tetap efisien ya, Blibli Friends. Berapa suhu AC agar hemat listrik? Suhu yang paling direkomendasikan untuk pengaturan AC di Indonesia adalah sekitar 24 sampai 26 derajat Celcius.

Kamu juga dapat mempertimbangkan faktor kondisi cuaca di lingkungan sekitar dalam menentukan suhu AC. Misalnya saat kondisi sudah cukup dingin, suhu AC dapat sedikit dinaikkan agar tak terlalu rendah dan dingin berlebihan. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan suhunya kembali jika diperlukan kondisi ruangan yang lebih dingin karena di luar cuacanya sedang terik atau panas.

Pakai Timer AC

Pakai Timer AC
freepik.com/author/eakrin

Pengaturan waktu penggunaan AC juga sangat berpengaruh pada konsumsi listrik dari AC lho, Blibli Friends. Terkait hal ini, beberapa jenis AC hemat listrik modern sudah dilengkapi dengan timer yang bisa kamu manfaatkan untuk menyalakan sekaligus mematikan AC secara otomatis. Hal ini sangat bermanfaat jika kamu hanya menggunakan AC di waktu-waktu tertentu saja, misalnya saat tidur di malam hari.

Nggak perlu khawatir lupa mematikan AC di pagi hari saat bangun kesiangan karena AC sudah diatur akan mati secara otomatis. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi demi menghemat listrik di rumah, ya. Tanpa pemakaian timer, AC cenderung akan boros energi khususnya jika tetap dibiarkan menyala saat sedang tak ada orang di rumah atau kondisi cuaca tak terlalu panas.

Jaga Kebersihan Filter AC

Jaga Kebersihan Filter AC
freepik.com/author/pohsmith

Bagaimana cara menghemat listrik pada AC? Meskipun tak memberi dampak secara langsung terhadap konsumsi energi listriknya, menjaga kebersihan filter AC tetap sangat dianjurkan agar AC tetap hemat listrik. Pasalnya, AC yang filternya bersih akan tetap bekerja secara optimal karena aliran udara berjalan dengan lancar tanpa hambatan berupa kotoran-kotoran yang menempel pada filter AC.

Filter yang kotor akan membuat AC harus bekerja lebih keras dalam mendinginkan ruangan. Tentunya ini akan berpengaruh pada beban kerja dan energi yang dibutuhkan. Jika filter terjaga kebersihannya, AC tak perlu bekerja keras untuk mencapai suhu yang diinginkan sehingga konsumsi energinya juga menjadi lebih rendah. Kamu bisa lebih menghemat listrik karena filter AC selalu dalam keadaan bersih, deh.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
freepik.com/author/freepik

Suhu yang dipengaruhi masuknya paparan sinar matahari langsung juga dapat membuat AC harus bekerja lebih keras dalam mendinginkan ruangan. Untuk menghemat listrik dari penggunaan AC, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung yang masuk ke dalam ruangan atau kamar. Dengan menghindari paparan sinar matahari langsung, kamu akan mereduksi beban pendinginan yang diperlukan AC.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghalangi masuknya paparan sinar matahari langsung. Bagaimanapun, paparan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa berguna untuk menghindari tingkat kelembapan yang tinggi. Kamu dapat memasang penutup jendela berupa tirai, teralis yang memantulkan sinar matahari, atau menanam tanaman rindang di luar jendela sebagai penyaring sinar.

Tutup Pintu dan Ventilasi Ruangan

Tutup Pintu dan Ventilasi Ruangan
freepik.com/author/pikisuperstar

Menutup pintu dan semua ventilasi ruangan yang menggunakan AC adalah strategi paling penting dalam menghemat listrik. Ini berlaku saat AC sedang dinyalakan ya, Blibli Friends. Saat ventilasi ruangan ditutup, udara dingin yang dihasilkan oleh AC akan tetap di dalam ruangan sehingga AC akan bekerja dengan lebih efisien dan konsumsi energi listriknya juga lebih sedikit dibandingkan saat ruangan terbuka.

Dengan menutup pintu dan ventilasi ruangan saat memakai AC, kamu juga sudah mencegah masuknya debu, kotoran, serta polusi dari luar ruangan. Kualitas udara dan kesejukan di dalam ruangan jadi semakin terjaga, lingkungan di dalam ruangan yang sedang menggunakan AC juga menjadi lebih bersih dan sehat. Meskipun begitu, adanya sirkulasi udara pada ruangan tetap penting terutama saat AC sedang dimatikan.

Lakukan Pemeliharaan Rutin AC

Lakukan Pemeliharaan Rutin AC
freepik.com/author/geargodz

Lantas bagaimana cara pemakaian AC yang benar? Selain menggunakan dengan baik saat dibutuhkan serta memakai pengaturan yang paling sesuai, kamu juga perlu melakukan pemeliharaan rutin pada AC ya, Blibli Friends. Pemeliharaan rutin AC sendiri tak hanya berlaku pada pembersihan bagian filternya saja, namun pemeliharaan secara keseluruhan.

Peralatan elektronik yang berfungsi sebagai pendingin ini perlu dipastikan kondisinya secara berkala agar efisiensinya semakin tinggi, mencegah kerja berlebih, meningkatkan usia pakai, meningkatkan kinerja, serta meningkatkan kualitas udara yang dihasilkan. Kamu juga bisa menghindari biaya perbaikan yang tak terduga jika AC terawat dengan baik.

Pasang Penutup Isolasi pada AC

Pasang Penutup Isolasi pada AC
freepik.com/author/lenblr

Kamu dapat mempertimbangkan pemasangan penutup isolasi pada unit AC outdoor agar lebih menghemat energi dan listrik, lho. Penutup isolasi akan mengurangi panas yang diserap dan masuk ke dalam, mencegah pemakaian berlebih, serta sebagai perlindungan khusus terhadap cuaca ekstrem di luar rumah.


Baca juga :

Jangan lupa pilih AC dengan spesifikasi dan ulasan terbaik agar kamu semakin hemat energi namun tetap nyaman di dalam ruangan. Nggak perlu khawatir harga yang terlalu tinggi, kamu bisa belanja AC incaranmu di Blibli karena ada program khusus Blibli Elektronik Cicilan 0%. Pastinya program cicilan khusus ini bisa bikin kamu semakin hemat ya, Blibli Friends.

Tag: