me

8 Cara Mengganti Kaca Jam Tangan yang Pecah: Cara Hemat, Nggak Perlu Beli Baru

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

tiktokrepair.com
Pelajari cara mengganti kaca jam tangan yang pecah dengan panduan lengkap dan mudah diikuti. Temukan langkah-langkah detail serta alternatif cara buat memperbaiki jam tangan kesayanganmu di rumah.

Promo Kemilau JTN & LMP

Mengganti kaca jam tangan yang pecah bisa jadi tugas yang menguji kesabaran, ya Blibli Friends. Tapi kalau kamu punya alat yang tepat dan sedikit ketelatenan, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, dari pada keluar uang buat beli jam tangan baru atau servis ke tukang jam. Boleh dibilang kegiatan ini jadi DIY (do it yourself) paling seru kalau kamu bisa sukses memperbaikinya.

Nah, di artikel kali ini, bakal dibahas panduan lengkap tentang cara mengganti kaca jam tangan yang pecah dengan detail dan mudah dipahami. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Baca juga:


1. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Menyiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
freepik.com/author/gorkairaundegi

Sebelum mulai mengganti, kamu perlu menyiapkan peralatan khusus untuk mengganti kaca jam tangan. Beberapa alat memang sebaiknya kamu beli di toko jam biar lebih mudah saat memperbaiki jam tangan. Saat ini banyak dijual kit pengganti kaca jam tangan yang sudah lengkap dengan alat-alatnya. 

Kit ini biasanya dilengkapi dengan panduan yang bisa kamu ikuti. Harganya cukup terjangkau dan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan lebih mudah. Berikut alat dan bahan yang wajib kamu punya buat mengganti kaca jam tangan yang pecah:

  • Kaca pengganti: Pastikan ukurannya sesuai dengan jam tanganmu. Kamu bisa beli di toko onderdil jam tangan. Lebih baik bawa sekalian jam tangan kamu yang pecah biar ukuran lebih sesuai.
  • Lem khusus jam tangan: Lem ini biasanya bisa kamu temukan di toko peralatan jam atau toko online.
  • Obeng kecil: Buat membuka casing jam tangan.
  • Pinset: Alat ini penting banget buat memegang bagian-bagian kecil dari jam tangan.
  • Pembersih kaca: Untuk membersihkan kaca baru sebelum dipasang.
  • Alat penekan kaca: Alat ini bisa kamu beli atau buat sendiri dari bahan sederhana. Tapi paling aman kamu juga bisa beli di toko onderdil jam.

2. Menyesuaikan Area Kerja

Menyesuaikan Area Kerja
freepik.com/author/freepik

Pertama, cari tempat yang bersih dan terang untuk bekerja. Ini penting banget karena onderdil jam tangan ini serba kecil. Kalau kami biasa pakai kacamata, lebih baik gunakan kacamata supaya lebih jelas.  

Letakkan semua alat dan bahan yang sudah kamu siapkan di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan kamu juga punya kain lembut atau tisu untuk membersihkan bagian jam yang mungkin terkena debu atau kotoran. Gunakan kain tersebut sebagai alas selama kamu bekerja biar permukaan meja nggak licin sehingga menghindari bagian jam tangan yang dibuka hilang atau terjatuh.

3. Membuka Casing Jam Tangan

Membuka Casing Jam Tangan
freepik.com/author/vvoennyy

Gunakan obeng kecil buat membuka sekrup-sekrup yang ada di belakang jam tangan. Simpan sekrup-sekrup tersebut di tempat yang aman biar nggak hilang. Kalau jam tanganmu menggunakan casing yang bisa dibuka dengan cara dicungkil, gunakan alat yang tepat biar nggak merusak casingnya. 

Kalau ragu-ragu, kamu bisa gunakan beberapa tips di media sosial karena beda merk jam pasti beda perlakuan juga.

Kalau kaca dan casing jam tanganmu sudah terlalu rusak, kamu bisa mempertimbangkan buat mengganti seluruh casing. Casing baru bisa memberikan tampilan yang lebih baik dan jam tanganmu akan terlihat seperti baru lagi. Pastikan kamu memilih casing yang sesuai dengan model dan merek jam tanganmu.

4. Melepas Kaca yang Pecah

freepik.com/author/EyeEm

Setelah casing terbuka, kamu akan melihat mekanisme jam tangan di dalamnya. Hati-hati, jangan sampai ada bagian yang tersenggol dan terlepas. Gunakan pinset buat melepas serpihan kaca yang pecah. Pastikan semua serpihan kaca terangkat dengan baik, biar nggak ada yang tertinggal dan mengganggu kinerja jam.

5. Membersihkan Area Pemasangan

Membersihkan Area Pemasangan
freepik.com/author/user3999157

Sebelum memasang kaca baru, bersihkan area pemasangan kaca dengan kain lembut atau tisu. Pastikan nggak ada debu atau kotoran yang menempel. Kamu juga bisa menggunakan pembersih kaca untuk memastikan area pemasangan benar-benar bersih dan siap untuk kaca baru.

6. Memasang Kaca Baru

Memasang Kaca Baru
tiktokrepair.com

Ambil kaca pengganti yang sudah kamu siapkan. Oleskan lem khusus jam tangan di tepi kaca baru dengan hati-hati. Jangan terlalu banyak, cukup tipis-tipis saja agar lem nggak meluber ke bagian dalam jam. Pasang kaca baru tersebut di tempatnya dengan perlahan. Gunakan alat penekan kaca untuk memastikan kaca terpasang dengan rapi dan nggak bergeser.

Kalau kaca jam tanganmu susah dicari penggantinya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggantinya dengan kaca plastik. Kaca plastik lebih mudah ditemukan dan biasanya lebih murah. Meskipun nggak sekuat kaca asli, kaca plastik bisa menjadi alternatif sementara yang cukup efektif.

7. Menutup Kembali Casing Jam Tangan

Menutup Kembali Casing Jam Tangan
freepik.com/author/rokab

Setelah kaca baru terpasang dengan baik, biarkan lem mengering sejenak. Kemudian, pasang kembali casing jam tangan. Pasang sekrup-sekrup dengan hati-hati dan pastikan semuanya terpasang dengan kencang. Kalau kamu menggunakan casing yang dicungkil, pastikan casing tertutup rapat dan nggak ada celah.

8. Memeriksa Hasil Pekerjaan

Memeriksa Hasil Pekerjaan
freepik.com/author/pixel-shot-com

Terakhir, periksa hasil pekerjaanmu. Pastikan kaca baru terpasang dengan rapi dan jam tangan berfungsi dengan baik. Kalau ada debu atau kotoran yang terjebak di bawah kaca, kamu bisa membersihkannya lagi dengan hati-hati.

Mengganti kaca jam tangan membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi jadi kamu wajib telaten. Jangan terburu-buru biar hasilnya maksimal.

Tips Tambahan Cara Mengganti Kaca Jam Tangan yang Pecah

Tips Tambahan Cara Mengganti Kaca Jam Tangan yang Pecah
youtube.com

Pastikan area kerja dan semua alat dalam kondisi bersih untuk menghindari debu atau kotoran yang masuk ke dalam jam tangan. Beberapa jam tangan mungkin memiliki cara khusus untuk membuka casing atau memasang kaca. Cek panduan atau manual jam tanganmu untuk memastikan langkah yang tepat.

Kalau kamu nggak punya alat atau merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan jasa tukang jam. Tukang jam biasanya punya alat yang lengkap dan pengalaman yang cukup untuk mengganti kaca jam tangan dengan cepat dan rapi. Meskipun kamu harus mengeluarkan sedikit biaya, hasilnya akan lebih terjamin.

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah membeli jam tangan bekas yang serupa dan mengambil kacanya. Cara ini bisa menjadi solusi kalau kaca pengganti sulit ditemukan di pasaran. Pastikan ukuran dan bentuk kacanya sesuai dengan jam tanganmu.


Baca juga

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mempertimbangkan alternatif yang ada, kamu bisa mengganti kaca jam tangan yang pecah dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa mampir juga ke Blibli, ya! Karena ada beragam jam tangan dan aksesorisnya yang lengkap dengan harga menarik setiap harinya.