me

5 Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis, Mudah Kok!

Nov 24, 2022.By Blibli Friends
Bagikan


casiofanmag.com

Pada era sekarang, jam tangan bukan hanya berfungsi sebagai alat penunjuk waktu saja. Jam tangan atau arloji ini menjadi kebutuhan banyak orang terkait dengan item fashion dan aksesoris yang wajib untuk dimiliki. Namun, dalam penggunaannya Blibli Friends perlu mengetahui perawatan terbaik untuk arloji, termasuk cara mengetahui jam tangan perlu ganti baterai atau servis.

Pasalnya, seringkali jam tangan mengalami error atau nggak berfungsi sama sekali. Sebelum Blibli Friends memutuskan untuk servis, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu masalah dari jam tersebut yang bisa dikarenakan faktor baterai. Yuk, ketahui cara mengetahui jam tangan Blibli Friends perlu ganti baterai atau servis pada informasi berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi Jam Tangan Anak Perempuan SD Anti Air


Baterai RENATA CR1220 Original Battery Batre Jam Tangan

Seiring dengan pemakaian dan umur jam tangan yang lama, tentu ada perubahan-perubahan yang terjadi pada jam tangan Blibli Friends. Hal tersebut karena semakin lama jam tersebut lama dipakai, maka akan berpengaruh terhadap kualitas baterai jam. Nah, Blibli Friends wajib tahu perbedaan penangan jam tangan perlu diganti baterai atau dilakukan service.

Kira-kira cara apa saja sih yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal tersebut? Ketahui apakah jam tangan perlu untuk ganti baterai atau servis pada jam tangan berikut ini.

Jarum Detik yang Lompat-Lompat

Cara untuk mengetahui apakah jam tangan Blibli Friends perlu penggantian baterai atau diservis adalah dengan melihat jarum detik yang mengalami kendala. Jika jarum detik pada jam tangan bergerak seperti melompat-lompat, berarti terdapat indikasi yang mengarah ke penggantian baterai pada arloji. Biasanya terdapat ciri-ciri khusus untuk jarum jam detik yang mengalami masalah.

Jarum detik pada jam tangan akan mengalami lompat dalam beberapa interval. Pada awalnya, jarum detik pada jam akan mengalami interval dua detik yang kemudian berlanjut hingga lima detik. Kemudian, jam tersebut akan mengalami interval terus-terus sampai dengan berhentinya jarum jam sehingga gak berfungsi kembali seperti sedia kala.

Jika jarum detik pada jam tangan itu sudah nggak berfungsi kembali, maka Blibli Friends harus melakukan pergantian pada bagian arloji. Hal tersebut harus dilakukan dengan cepat, mengingat terdapat potensi kerusakan kalau jam dibiarkan terlalu lama dengan keadaan baterai yang rusak. Blibli Friends harus menghindari kemungkinan jam tangan beroperasi dengan daya rendah.

Jam tangan yang beroperasi dengan daya rendah beresiko untuk membuat jam tangan menjadi rusak. Hal ini bisa saja terjadi karena cairan kimia pada baterai mengalami kadaluarsa dan bocor yang berujung pada kerusakan pada jam tangan Blibli Friends.

Berhenti Beroperasi

Apakah Blibli Friends pernah mendapatkan pengalaman jam tangan mati dan nggak berfungsi sama sekali? Ada beberapa hal yang bisa membuat jam tangan milik Blibli Friends berhenti beroperasi secara tiba-tiba. Kamu harus mengenali penyebab dari jam tangan yang nggak bisa beroperasi dengan normal tersebut.

Untuk bisa mengenali penyebab dari jam tangan yang nggak beroperasi sama sekali, pastikan  kamu sudah mengganti baterai pada jam tangan sesuai dengan standar penggantiannya. Biasanya, jam tangan harus diganti bagian baterainya setiap satu tahun sekali. Penggantian baterai jam setiap satu tahun sekali itu bertujuan untuk memperpanjang umur dari jam tangan tersebut.

Namun, nggak jarang kalau baterai pada jam tangan awet digunakan lebih dari satu tahun. Meskipun awet, sebaiknya Blibli Friends tetap mengganti baterai pada jam tangan itu agar umur jam tangan bisa lebih panjang. Jangan menunggu sampai baterai itu mengalami kadaluarsa, dikarenakan hal tersebut nggak bagus untuk performa jam tangan milik Blibli Friends.

Untuk itu, pastikan Blibli Friends sudah melakukan penggantian baterai jam setiap satu tahun sekali. Jika jam tangan tetap berhenti beroperasi meskipun sudah diganti baterainya, maka Blibli Friends bisa membawanya ke servis jam tangan. Bisa saja masalah jam tangan yang berhenti beroperasi itu karena ada masalah pada movement pada arloji tersebut.

Jam Tangan yang Berembun


reddit.com

Salah satu gangguan yang sering banget terjadi pada jam tangan adalah adanya embun yang masuk pada jam tangan. Meskipun sering terjadi, Blibli Friends harus tetap waspada dan nggak boleh untuk membiarkannya dalam keadaan berembun dengan jangka waktu yang lama. Kejadian jam tangan yang berembun jika dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan potensi kerusakan yang serius.

Potensi kerusakan jam tangan karena adanya embun yang masuk bisa membuat komponen pada jam tangan menjadi nggak berfungsi dengan normal. Contoh dari kerusakan yang bisa terjadi karena jam tangan yang berembun adalah case jam tangan yang menjadi lembab. Dengan keadaan case yang lembab, movement pada jam tangan bisa mengalami kerusakan lho.

Jika sampai movement mengalami kerusakan, maka akan mudah untuk terkena korosi yang memiliki reparasi yang cukup kompleks untuk mengatasinya. Nah, untuk mencegah hal itu biar nggak terjadi, Blibli Friends harus segera mengatasi jam tangan yang berembun. Agar jam nggak berembun lagi, Blibli Friends bisa membawanya ke tempat servis jam tangan.

Terdapat Bunyi pada Case Jam Tangan


watchesandjewellryuk.co.uk

Cara untuk mengetahui jam tangan perlu diganti baterai atau diservis adalah dengan adanya bunyi pada case jam tangan. Seringkali jam tangan masih berfungsi dengan baik, tetapi terdengar bunyi aneh pada bagian case. Jangan remehkan hal itu karena bisa saja terjadi kelonggaran pada komponen-komponen jam tangan milik Blibli Friends.

Jadi, jika Blibli Friends mendengar suara yang aneh pada case jam tangan, maka Blibli Friends harus segera memeriksanya. Pasalnya, semua komponen pada jam tangan diatur dengan presisi. Jika komponen jam tangan mengalami kelonggaran, maka akan terdengar bunyi seperti berderak pada bagian case jam tangan.

Nah, Blibli Friends bisa mengatasi masalah tersebut dengan membawanya ke tempat servis jam tangan dengan sesegera mungkin. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja komponen lainnya juga mengalami kerusakan karena baterai atau gear mengalami kelonggaran. Oleh karena itu, Blibli Friends bisa membawa jam tangan yang berbunyi itu langsung ke servis jam tangan.

Kesulitan Menggunakan Crown Jam


jackmasonbrand.com

Crown adalah salah satu komponen jam tangan yang berfungsi untuk mengatur waktu. Jika Blibli Friends mengalami kendala saat menggunakan crown, bisa saja itu menjadi pertanda bahwa ada masalah pada komponen jam tangan itu. Crown pada jam tangan bisa menjadi semakin longgar dan kaku seiring dengan pemakaian dan usia yang sudah lama.

Crown yang bermasalah bisa berdampak pada Blibli Friends yang kesulitan dalam mengatur waktu pada jam tangan. Hal ini karena komponen crown terhubung langsung dengan batang yang ada di dalam mesin jam tangan. Nah, Blibli Friends bisa mengatasi masalah pada crown ini dengan membawanya ke tukang servis jam tangan.


Baca juga: Rekomendasi Jam Tangan Anak Muda, Kece dan Kekinian

Itulah 5 cara mengetahui jam tangan perlu ganti baterai atau servis. Dengan memperhatikan ciri di atas, maka Blibli Friends lebih mudah untuk menangani masalah baterai atau komponen lainnya yang perlu diservis. Tertarik untuk beli baterai jam tangan? Yuk, beli saja di Blibli. Belanja di Blibli bikin kamu semakin untung karena banyak promo dan diskon yang menarik lho!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel