Cara Mengendarai Motor Matic Buat Pemula

sumber: pixabay.com

Sepeda motor jadi salah satu alat transportasi utama yang digunakan masyarakat Indonesia. Bodi sepeda motor yang langsing memang cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang relatif sempit dan berkontur nggak rata. Dulunya, hanya laki-laki saja yang bisa mengendarai sepeda motor. Tapi, semuanya berubah begitu sepeda motor model matic muncul. Sepeda motor ini bisa dibilang jadi pahlawan buat para kaum Hawa. Soalnya, dengan sepeda motor ini, berkendara jadi lebih mudah. Sistem sepeda motor matic yang gampang juga membuat makin banyak orang yang menggunakan sepeda ini. Buat pemula, sepeda motor matic juga direkomendasikan banget. Buat kamu yang baru belajar sepeda motor, simak cara mengendarai motor matic berikut ini, yuk.

______________________________________

  1. Cek Dulu Kondisi Kesehatan dan Kondisi Motormu

    sumber: pixabay.com

Sebelum tahu cara mengendarai motor matic, kamu wajib perhatikan dulu kondisi kesehatanmu. Jangan sampai kamu belajar sepeda motor dalam kondisi kurang sehat. Soalnya, hal tersebut bisa mengakibatkan kamu terjatuh atau mengalami hal lain yang tidak diinginkan. Kamu juga nggak boleh belajar sepeda motor dalam kondisi lagi bad mood. Bisa-bisa, kamu terpengaruh dengan mood dan bertindak ceroboh. Ujung-ujungnya, jadi kamu deh yang rugi.

Selain memperhatikan kondisi tubuh, kamu juga harus memperhatikan kondisi sepeda motormu. Sepeda motormu harus dalam kondisi prima dan nyaman dikendarai. Kamu perlu pastikan rem, aki, dan komponen mesin sepeda motor yang lainnya dalam kondisi yang baik.

TEMUKAN SPARE PART MOTOR MATIC KAMU DI SINI

  1. Menyalakan Sepeda Motor

    sumber: pixabay.com

Nah, selanjutnya nyalakan sepeda motor matic. Dibandingkan sepeda motor bebek, sepeda motor matic memang memiliki sistem yang lebih sederhana. Buat menyalakan sepeda matic, pertama-tama masukkan kunci ke dalam lubang kunci yang tersedia. Setelah itu, putar kunci ke bagian kanan untuk menghidupkan lampu di speedometer. Pastikan standar sampingmu sudah kamu angkat. Soalnya, mesin nggak bakal bisa menyala kalau kamu belum menaikkan kaki standar. Setelah itu, tarik tuas rem dan tekan starter elektrik sepeda motormu secara bersamaan. Sepeda motor matic bakal langsung menyala.

  1. Duduk Rileks dan Posisikan Tangan di Handle Gas

    sumber: pixabay.com

Selamat! Kamu baru saja sukses menyalakan sepeda motormu. Selanjutnya, atur posisi dudukmu senyaman mungkin. Jangan lupa, posisikan kedua tanganmu dengan nyaman pada stang. Beberapa orang menyarankan kamu buat menempatkan sebagian jari pada handle gas, sedangkan sisanya kamu tempatkan di bagian tuas rem. Dengan posisi tangan yang seperti itu, kamu diharapkan bisa memberikan refleks rem yang cepat. Tapi, di sisi lain, hal tersebut juga lebih berbahaya. Soalnya, kamu jadi semakin sering mengerem mendadak. Padahal, hal itu bisa membahayakan nyawamu dan pengguna jalan yang lain.

Oleh karena itu, kamu lebih direkomendasikan buat memegang handle gas sepenuhnya. Dengan begitu, kamu jadi lebih bijak dalam mengendalikan laju sepeda motor. Kamu juga terhindar dari refleks mengerem yang memang dapat membahayakan jiwa. Dengan posisi tangan seperti itu, pengereman juga akan lebih nyaman. Soalnya, saat kamu menarik tuas rem, secara otomatis, pegangan pada handle gas bakal longgar. Sehingga, kecepatan sepeda motormu juga jadi melambat. Kamu pun jadi bisa mengerem secara proporsional.

______________________________________

Itulah beberapa tips cara mengendarai motor matic. Supaya aktivitas berkendara makin nyaman, jangan lupa beli perlengkapan safety riding di Blibli ya.

TEMUKAN PERLENGKAPAN BERKENDARA DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY