Cara Mengendarai Mobil Manual Dijamin Bisa!

sumber: pixabay.com

Sebagian orang beranggapan bahwa mobil manual cukup sulit untuk dikendarai. Pengemudi butuh keterampilan ekstra untuk menaklukkannya. Namun ternyata cara berkendara ini tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa mengendarai mobil manual dengan cara yang cukup mudah.

Langkah-langkah yang bisa kamu praktikkan dalam cara mengendarai mobil manual antara lain sebagai berikut.

  1. Pahami Tiga Pedal Mobil Manual

    sumber: defensivedrivingtrainer.wordpress.com

Sebelum mengendarai mobil manual, pastikan kamu memahami bahwa mobil manual memiliki tiga pedal. Satu pedal untuk gas, satu lagi untuk rem, dan satu pedal lain untuk kopling. Masing-masing pedal ini memiliki fungsi berbeda dan cukup menguji keterampilan kaki untuk menginjaknya. Setidaknya jika kamu baru belajar mobil manual, pahami letak dan cara menginjak pedalnya. Perhatikan jarak ayunan saat akan menginjak dan melepaskan pedal.

  1. Kenali Gigi dan Kopling yang Harus Digunakan Sesuai Kondisi Jalan

    sumber: pixabay.com

Selain mengenali tiga pedal, Blibli Friends juga harus mengenali gigi pada mobil manual. Kenali gigi untuk maju, mundur, parkir, dan posisi netral. Kendalikan posisi gigi dengan tepat agar laju mobil tetap aman. Ketika akan mengubah gigi, jangan lupa untuk menginjak pedal kopling. Sebab, pedal kopling berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan mesin yang masih berhubungan. Sebelum menyalakan mobil, ada satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pastikan gigi mobil manual berada pada posisi netral.

  1. Injak Kopling Kemudian Pindah Gigi untuk Menyalakan Mesin

Cara mengendarai mobil manual berikutnya yaitu jika ingin mengubah posisi gigi, pastikan kamu menginjak pedal gas penuh dan memindahkan gigi secara hati-hati. Saat akan melepas pedal kopling, lakukan secara perlahan hingga terdengar suara mesin mobil mulai menurun. Kemudian pindah gigi dari netral ke gigi 1. Posisi gigi 1 dan seterusnya bisa kamu sesuaikan dengan instruksi pada mobil  yang kamu kendarai. Lalu posisikan kaki kanan pada pedal gas. Injak gas perlahan sambil melepas pedal kopling pelan-pelan sampai mobil mau berjalan.

  1. Selalu Posisikan Kaki Pada Rem

    sumber: youtube.com

Saat mobil sudah berjalan, pastikan posisi kaki kanan siaga di atas pedal rem. Hal ini penting untuk meningkatkan kewaspadaan Blibli Friends jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengendalikan mobil pada kecepatan yang stabil sehingga posisi kaki siaga di pedal rem cukup penting. Apalagi jika kondisi jalanan sedang padat, kaki harus selalu siaga di pedal rem.

  1. Terus Berlatih Mengendarai Mobil Manual

Tidak ada cara lain selain terus berlatih mengemudi agar bisa mahir menggunakan mobil manual. Ditambah lagi kondisi jalanan yang dinamis membuat kamu harus beradaptasi dengan segala situasi di jalanan. Tidak hanya terkait lingkungan saat berkendara. Kamu juga perlu untuk memerhatikan medan jalan yang dilalui. Ada kalanya kamu harus berkendara di medan jalan yang menanjak dan berbelok. Untuk medan yang satu ini, kamu perlu mengasah keterampilan agar mobil tetap bisa melaju. Sebab, ada kalanya mobil bisa mundur dan menyebabkan kecelakaan

Lima cara mengendarai mobil manual ini penting untuk kamu kuasai agar proses berkendara lebih aman dan nyaman. Selain memerhatikan lima hal ini, penting pula untuk memerhatikan peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. Utamakan keselamatan di jalan dan tidak egois dalam menggunakan jalan, ya, Blibli Friends.

Jika kamu butuh referensi mobil-mobil dengan transmisi manual, kamu bisa mendapatkannya di Blibli. Blibli menyediakan beragam jenis dan tipe mobil yang bisa kamu pilih.

CARI MOBIL IMPIANMU DI SINI SEKARANG

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY