Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan, Tips untuk Pemula

sumber: otomotif.kompas.com

Mengemudi mobil di tanjakan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi para pengemudi mobil. Apalagi jika kamu masih pemula, tanjakan cukup membuat pikiran kacau bahkan hingga panik. Sebab, salah cara mengemudi di jalur tanjakan akan membawa resiko seperti mobil mundur. Berikut adalah beberapa tips & cara mengemudi mobil di tanjakan yang bisa kamu coba, Blibli Friends.

Perhatikan Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

sumber: pixabay.com

Jalanan yang menanjak tidak lepas juga dari kemacetan yang bisa terjadi. Berkendara di tanjakan saat macet akan membuat diri semakin tertantang. Salah satu cara aman untuk menghindari hal yang tidak-tidak yaitu tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Sisakan jarak aman sekitar 1,5 meter dengan kendaraan di depan kamu. Hal ini akan cukup melindungi kamu dari tabrakan ketika mobil yang didepan tiba-tiba mundur.

Perkirakan Tingkat Kemiringan Tanjakan

sumber: liputan6.com

Kemudian perkirakan tingkat kemiringan tanjakan apakah curam atau sedikit curam. Hal ini berpengaruh pada gigi perseneling yang harus kamu gunakan. Jika salah menggunakan gigi perseneling, mobil kamu bisa jadi tidak kuat menanjak dan justru mundur, Blibli Friends. Jika tanjakan yang kamu lalui memiliki tingkat kemiringan cukup tinggi, gunakanlah gigi 1. Kemudian untuk tanjakan yang masih sedikit landai, kamu bisa menggunakan gigi 2 atau 3.

Pilih Rem Tangan Saat Berhenti di Tengah Tanjakan

sumber: gridoto.com

Ada kalanya kamu harus berhenti saat berada di tanjakan seperti saat macet. Pada saat yang seperti ini, cara mengemudi mobil di tanjakan sebaiknya menggunakan rem tangan supaya lebih aman. Ketika memainkan rem tangan pastikan kamu berada di gigi 1. Ketika berhenti, tarik rem tangan dan injak pedal kopling hingga full dengan kaki kiri. Di saat yang bersamaan kaki kanan posisikan siap di pedal gas. Dengan begitu, mobil bisa berhenti dan mesin tetap hidup. Ketika akan berjalan, lepas rem tangan pelan-pelan dan injak pedal gas pelan-pelan.

Atur Strategi Memainkan Rem dan Kopling

sumber: caroline.id

Cara mengemudi mobil di tanjakan pada umumnya bermain seputar rem dan kopling. Kamu hanya perlu mengatur strategi rem dan teknik mana yang harus dipakai. Misal untuk rem tangan cocok untuk keadaan macet dalam tanjakan. Kemudian ada rem kaki yang lebih cocok untuk tingkat kemiringan tanjakan yang tidak terlalu tinggi. Rem kaki juga bisa kamu gunakan ketika jeda berhentinya hanya sebentar. Kemudian permainan dengan kopling untuk mengatur nyala mesin mobil.

Pelajari Teknik Mengemudi Sesuai Jenis Mobil

sumber: kudamas.com

Cara selanjutnya yaitu menyesuaikan teknik mengemudi di tanjakan sesuai jenis mobil. Ada jenis mobil manual dan mobil matic yang memiliki beda cara pengoperasian. Untuk mobil manual, kamu akan secara signifikan memainkan rem dan kopling. Gigi perseneling yang dimainkan yaitu antara gigi 1, 2, dan 3. Sementara untuk mobil matic memiliki tuas perseneling yang berbeda. Sebagian orang mengatakan mobil matic lebih mudah dikendarai karena tidak ada kopling sehingga kamu cukup memainkan gas dan rem. Pada mobil matic, ada kode tombol seperti D atau L yang digunakan saat mengemudi di tanjakan.

Gimana Blibli Friends? Sudah siap bawa mobilmu bertemu tanjakan?

TEMUKAN MOBIL YANG COCOK UNTUKMU DI SINI

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY