me

10 Cara Mengelola Uang Gajian Biar Gak Boncos Pas Belanja

Oct 05, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via unsplash.com

09Cara Mengelola Uang Gajian — Sekarang nih lagi trennya nyamain uang gajian sama teks proklamasi. Perbedaannya kalo proklamasi itu pemindahan kekuasaan yang dilakuin secara seksama dalam tempo sesingkat-singkatnya, tapi uang gajian itu ditunggu secara seksama dan dihabisin dalam tempo sesingkat-singkatnya. Seringnya, gajian cuma numpang lewat aja di rekening terus ilang. Gak sopan banget, ya.

Pas lagi dateng tanggal gajiannya, pasti ngerasain tuh yang namanya godaan buat ngabisin uang. Salah satu godaan paling menguji iman sih pas lagi liat barang-barang diskonan. Label diskon emang bisa bikin siapa aja gelap mata. Pas nyadar, rekening udah kekuras lagi aja. Sebenernya belanja pas baru gajian itu gak salah. Cuma, belanja yang bikin lupa daratan kudu dikurangin. Soalnya, kebiasaan belanja boros gak bagus buat manajemen keuangan. Nah saya ada strategi jitu biar gak boncos pas lagi belanja pake uang gajian. 


BACA JUGA: KUMPULAN MEME GAJIAN YANG MENOHOK

  1. Netapin bajet

Cara pertama mengelola uang gajian adalah nentuin bajet belanja dari uang gajian. Tujuannya jelas, buat jadi rem kalo udah kekencengan nge-gas pas belanja. Adanya bates tertentu buat belanja bakal bikin kamu ngerasa bersalah kalo kelewatan. 

Punya bajet buat belanja juga gak cuma buat nahan aja, tapi juga bikin lebih teratur. Tiap bulan, kamu bisa nge-review pengeluaran. Kalo udah sering dilakuin, pasti jadi makin gampang ngelola keuangan. 

2. Bikin daftar belanja

Selain budgeting, penting juga buat ngebikin daftar barang yang kudu dibeli. Kalo bisa sekalian sama target harganya. Kalo ada daftar belanja, pasti deh gak bakalan gampang ilang fokus pas punya uang. Kalo perlu, pake daftar belanjaan itu buat dijadiin wallpaper HP. Gunanya biar bikin semangat lagi ngejar target kerjaan di tengah bulan sekalian ngejagain biar gak jelalatan buat beli barang-barang pas lagi belanja abis gajian. Bikin daftar belanja juga menjadi cara kamu mengatur keuangan loh karena kamu jadi tau jejak masuk dan keluar uang dari dompet. 

3. Ningkatin kontrol diri

Tips yang gak kalah penting adalah ningkatin kemampuan mengelola uang gajian. Katakan tidak itu jangan cuma ke narkoba aja, tapi juga ke barang-barang yang gak penting-penting amat buat dibeli. Emang kayaknya rada ekstrim, tapi kontrol diri yang kayak gini kudu dilakuin biar kantong gak bolong terus-terusan.

Apalagi, godaan makin banyak pas akhir bulan udah deket. Munculnya juga dari hal-hal yang gak kepikir sama sekali. Kayak tiba-tiba liat iklan action figure muncul pas lagi kepoin akun IG Dewi Persik-lah, atau bahkan pas lagi belanja ke warung trus liat tetangga sebelah lagi mainan drone barunya. Kalo gak punya kontrol diri yang baik, bisa-bisa kalap dan istighfarnya abis tabungan kekuras. Berabe, kan?

4. Sabar

Cara selanjutnya buat mengelola uang gajian adalah sabar. Kamu perlu ngerti juga kalo kesabaran itu buahnya lebih manis daripada buah mangga dari pohon sebelah rumah. Orang sabar pasti dapet untung lebih banyak kalo taktiknya bener. Nah, sama aja pas lagi belanja barang. 

Jangan kebiasaan ngikutin nafsu buat beli karena udah kebelet pengen punya. Belanja tuh ada strateginya biar gak buntung. Pertama-tama, sediain waktu dulu buat survey harga barang yang mau dibeli biar gak ngerasa ketipu pas udah bayar. Terus, jangan lupa buat nyari plus manfaatin promo menarik biar lebih hemat pas belanja.

5. Segera Bayar Utang dan Tagihan

Utang dan tagihan emang menjadi jebakan batman banget deh untuk keuangan kamu. Nah, untuk mengelola keuangan kamu supaya lancar jaya sampe tanggal gajian lagi, yuk langsung bayar semua utang dan tagihan kamu di awal bulan. Mulai dari cicilan telepon, internet, elektronik, rumah, dan sebagainya. Kalau seluruh utang dan tagihan kamu sudah terbayarkan, pasti perasaan juga lebih tenang dan aktivitas harian kamu lebih lancar.

6. Terapkan Aturan 50, 20, dan 30

Cara mengelola uang gajian selanjutnya adalah menerapkan aturan 50, 30, dan 20. Apa sih aturan 50, 30, dan 20 itu? Aturan 50, 30, dan 20 merupakan aturan yang dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren untuk mengelola uang gajian dengan cara membagi uang gajianmu ke dalam persenan tersebut. Jadi, seluruh gaji kamu setelah di potong pajak di kotak-kotakan menjadi 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk berhemat. Jika kamu konsisten menerapkan hal ini, dijamin sirkulasi keuangan kamu bakal lancar deh.

7. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit nyatanya tidak selalu menjadi solusi kebutuhan kamu tetapi justru menjadi jebakan loh kalau kamu tidak bijak menggunakannya. Hal ini dikarenakan sesaat setelah kamu menggunakan kartu kredit, kamu harus membayar dana yang dipakai melalui kartu kreditmu. Makanya, agar pengelolaan uang gajian lancar kamu harus bijak menggunakan kartu kredit ya. Jangan lupa juga untuk memasukkan anggaran membayar tagihan kartu kredit pas awal bulan nanti.

8. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat pemasukan dan pengeluaran penting loh untuk mengelola uang gajian kamu. Hal ini untuk memonitori uang masuk dan uang keluar. Kamu jadi bisa melihat seberapa boros kamu bulan ini atau justru seberapa hemat bulan ini. Jadi, gaada lagi deh nyesel di akhir bulan karena semua dosa-dosa (read: keborosan) kamu udah di catet! Dengan membuat catatan ini, kamu juga bisa melihat kira-kira barang mana sih yang sebenernya ga butuh-butuh banget tapi kamu beli atau pengeluaran mana aja yang bisa di press lagi untuk menghemat gaji kamu.

9. Sisihkan untuk Tabungan

Menabung memang pangkal kaya loh. Makanya, kalau kamu mau cepet kaya, kamu harus banyak menabung. Yuk, mulai sisihkan gaji kamu untuk tabungan. Kamu bisa memilih tabungan dalam bentuk investasi hingga tabungan di celengan ayam. Selain bikin cepet kaya, menabung juga menjadi backup plan kamu kalo ternyata lagi khilaf boros. Menabung juga bisa menjadi dana darurat kamu untuk kebutuhan yang tak terduga, kaya masuk rumah sakit atau terpaksa pulang kampung. Intinya, menabung banyak deh manfaatnya makanya yuk mulai sisihkan beberapa gaji kamu untuk tabungan.

10. Jeli Terhadap Promo

Menjadi promo hunter nyatanya bukan berarti kamu medit loh. Memanfaatkan promo juga menjadi salah satu cara untuk mengelola uang gajian kamu. Yup, promo membuat kamu lebih save money. Memanfaatkan promo bisa kamu aplikasikan saat belanja offline ataupun online loh. Saat kamu belanja offline, kamu bisa memilih barang-barang kebutuhan di rak belanja yang tercantum promo, misalnya beli 1 gratis 1 ataupun potongan harga beberapa persen. Cara ini akan membuat pengeluaran belanja bulanan kamu lebih hemat. Nah, saat belanja online pun seperti itu loh. Misalnya, kamu bisa pakai promo-promo menarik dari Dikagetin Histeria 10.10 Blibli  yang selalu menawarkan cashback. Jangan lupa ya cari promo menarik supaya keuangan kamu bisa lebih press budget.


Yuk bisa yuk, ngatur cara belanja jadi lebih baik! Emang keliatannya gampang, padahal mah prakteknya susah banget. Apalagi nahan napsu buat belanja pas ngeliat promo-promo yang bermunculan pas hari gajian. Biar nggak selalu keulang momen gajian numpang lewat di rekening kayak mantan. Ihiyyy…

Biar uang gajian tetap aman sentosa, mending belanjanya di Dikagetin Histeria 10.10 Blibli aja deh. Dijamin murah no drama!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya