me

Cara Mengajarkan Anak Sholat

Jul 07, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: muslimvillage.com

Sholat adalah kewajiban umat Islam yang perlu diajarkan sejak dini. Blibli Friends bisa mulai mengajarkan kewajiban ini sejak dalam usia anak-anak untuk membuat mereka terbiasa. Namun kamu perlu tahu bahwa untuk melakukannya diperlukan cara mengajarkan anak sholat yang tepat biar anak bisa mencerna setiap langkahnya.

BACA JUGA: Cara Efektif Mengalihkan Perhatian Anak Dari Layar


5 Cara Mengajarkan Anak Sholat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak sholat. Biar kamu nggak salah memulai cobalah untuk menggunakan beberapa cara di bawah ini:

Ajak Sholat Berjamaah

Cara pertama yang efektif untuk dilakukan untuk mengajarkan anak sholat adalah dengan mengajaknya sholat berjamaah ke masjid atau mushola. Hal ini merupakan kegiatan yang baik apalagi di masjid maupun mushola juga banyak anak kecil yang ikut bersama orang tuanya. Sehingga anak menjadi lebih bersemangat untuk belajar.

Dengan mengajak anak untuk sholat berjamaah ke masjid otomatis juga mengenalkan mereka bagaimana cara berbaur dengan sesama teman dan masyarakat tentunya. Anak akan semakin semangat untuk belajar ketika melihat banyak orang yang melakukan hal sama tersebut. Apalagi jika mereka masih kesulitan untuk menghafal bacaan sholat.

Memulai dengan menjadi makmum adalah pilihan yang tepat sebagai awal mula mengenalkan gerakan sholat pada mereka. Jangan lupa untuk mendukung semangat mereka dengan alat sholat anak yang nyaman digunakan.

Promo Smart Sajadah Peralatan Sholat Anak Lengkap Belajar Mengaji

Hal ini bisa menjadi pancingan yang baik untuk membuat mereka bersemangat dalam melakukan ibadah sholat berjamaah. Berawal dari mereka yang menunjukkan alat sholat mereka pada temannya namun akhirnya berujung menjadi kebiasaan baik, yakni mengutamakan sholat berjamaah di masjid.

Berikan Hukuman untuk Mendisplinkannya

Selain mengajarinya dengan kesabaran sesekali berikan hukuman untuk membuat mereka ingat tentang kewajibannya. Namun kamu juga harus tahu hukuman apa yang mendidik namun membuat mereka jera dan nggak akan mengulangi kelalaiannya terhadap sholat. Perlahan anak akan mengerti apa yang dilarang dan apa yang menjadi kewajibannya.

Kamu tentunya tahu bahwa anak ketika sudah menginjak usia 7 tahun maka mereka sudah diwajibkan untuk melaksanakan sholat. Hal ini juga nggak main-main karena didukung dengan HR. Abu Dawud dan Al- Hakim yang menjelaskannya. Dalam hadist tersebut anak yang lalai dengan sholatnya perlu dihukum menggunakan pukulan.

Ada alasan tersendiri juga mengapa pengajaran sholat harus dilakukan di usia 7 tahunan? Pada usia ini anak 7 tahunan ini akal mereka sudah mulai berkembang dan mampu menerima pembelajaran dengan baik. Mereka cenderung lebih mudah menuruti apa yang orang tua ajarkan dengan benar dan cepat tanggap.

Sementara ketika usianya sudah menginjak 10 tahunan mereka banyak mempertimbangkan, jadi akan banyak perdebatan yang terjadi ketika dimulai pada usia ini. Namun, jika sudah terbiasa sejak usia 7 tahunan mereka bisa mengerti manfaat dan kebaikan yang didapatkan ketika melakukan sholat wajib untuk kehidupannya.


Baca juga: Jadwal Sholat Wajib 5 Waktu, Keutamaan, Niat, & Tata Cara


Selalu Ajak Anak untuk Sholat

Anak-anak memang sudah menjadi kodratnya untuk senang bermain dan terkadang lupa dengan apa yang harus dilakukannya. Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membuat mereka selalu ingat kebaikan yang perlu dilakukan setiap harinya. Salah satunya adalah ketika hendak melakukan sholat wajib.

Orang tua nggak boleh lelah untuk mengajak anak sholat bersama baik di rumah maupun ke masjid. Biarkan anak melihat terlebih dahulu apa yang kamu kerjakan meskipun mereka belum bisa menghafal atau mengerti arti dari bacaan sholatnya. Namun secara perlahan mulailah ajarkan mereka bacaan dan juga makna yang terkandung di dalamnya.

Lakukan banyak strategi untuk membuat mereka tertarik dalam melakukan gerakan dan bacaan sholat. Seperti halnya menyiapkan alat sholat anak dengan warna atau gambar kesukaannya atau memastikan mukenanya selalu dalam keadaan yang wangi. Hal ini akan membuat anak-anak semakin semangat untuk melakukannya.

Pusat Mukena Indonesia Butterflly Love Mukena Anak - Pink

Berikan penjelasan yang mudah dicerna oleh anak kecil mengapa kita harus melakukan sholat dan konsekuensi apa yang akan didapatkan ketika lalai dengan kewajiban yang satu ini. Jangan terlalu banyak menjelaskan analogi yang terlalu rumit karena anak lebih mudah memahami dengan contoh perbuatan daripada hanya penjelasan saja.

Ajarkan dengan Dongeng

Saat ini sudah banyak dongeng yang bisa diceritakan untuk anak baik sebelum tidur atau menemani kesehariannya. Kamu bisa mengambil kisah para nabi atau kisah bergambar yang menceritakan pentingnya sholat dalam kehidupannya. Anak akan antusias untuk mengikuti apa yang menjadi kesukaan mereka.

Hal ini menjadi cara terbaik untuk menanamkan pentingnya sholat sebagai penghubung antara Allah dan penciptanya. Komunikasi terbaik untuk menceritakan apa yang dirasakan hamba dengan penciptanya. Perlahan tapi pasti anak nantinya akan memahami pentingnya sholat untuk kehidupan mereka saat dewasa.

Kamu jangan ragu untuk menjelaskan dosa atau akibat yang akan didapatkan anak ketika mereka sengaja meninggalkan sholat. Seperti adanya azab yang akan didapatkan baik di dunia maupun di akhirat tepatnya di hari pembalasan. Sementara untuk orang yang selalu mengerjakan sholat akan mendapatkan balasan berupa surganya.

Anak memiliki imajinasi dan pemikiran yang cukup luas sehingga dengan penjelasan yang jelas mereka akan mengerti maksud dan tujuan mengapa harus melakukan sholat. Jadi, mereka nggak cuma mengerjakannya karena takut namun karena mereka butuh sholat untuk sarana komunikasi terhadap Allah sebagai penciptanya.

Jadilah Contoh untuk Anak

Percuma jika hanya berbekal omongan dan cerita namun sebagai orang tua kamu nggak bisa memberikan contoh yang baik. Anak akan lebih banyak melihat kebiasaan orang tuanya daripada hanya mendengar apa yang kamu katakan. Dengan melihat akhirnya mereka paham bahwa semua orang memang membutuhkan sholat sebagai kewajibannya.

Jadi, jangan lupa untuk mengajak anak sholat bersama di rumah maupun di masjid sehingga motivasi mereka untuk belajar sholat menjadi lebih tinggi. Berikan mereka alat sholat anak terbaik untuk membuat mereka semakin bersemangat untuk belajar sholat. Dukung mereka dengan memberikan nasihat-nasihat dan contoh baik setiap harinya.

FREE ONGKIR Mukena khadijah anak mukenah anak alat sholat anak Mk05 8-10 tahun - Navy

Seperti halnya untuk menunggu waktu sholat dengan membaca Al-Qur’an atau membaca sholawat atas nabi. Cara ini bisa mengajarkan mereka pentingnya sholat di awal waktu. Selanjutnya mengajarkan mereka untuk menyempatkan waktu berdoa setelah sholat biar mereka paham bagaimana cara memohon pada Allah SWT selepas sholat.

Dari pada kamu hanya lelah berteriak-teriak dan marah karena anak nggak mau sholat lebih baik ajak mereka dengan sabar. Kamu perlu mengintrospeksi dirimu terlebih dahulu, sudahkah sholatku baik hari ini? Kemudian jangan lupa untuk berbenah diri dan belajar bersama anak, bisa jadi mereka justru lebih paham tentang sholat yang benar.


BACA JUGA: Cara Mengajarkan Disiplin Pada Anak, Catat Yuk!

Salah satu cara memotivasi anak belajar sholat adalah dengan membelikannya alat sholat anak terbaik. Untuk mendapatkannya kamu bisa melihat produk dari Blibli saja. Cukup banyak penawaran menarik menunggu mulai dari gratis ongkir dan cashback yang menguntungkan. Tunggu apalagi? Belanja di Blibli sekarang juga!

 

Tag: