Cara Mendempul Mobil untuk Samarkan Goresan Mobilmu

sumber: pixabay.com

Mobil yang sudah berumur bulanan hingga tahunan tentu seringkali mengalami hal-hal yang nggak diinginkan. Baik itu muncul goresan hingga adanya penyok di beberapa bagian. Hal itu tentu membuat bodi mobil kamu tak lagi sempurna dan nggak enak dipandang. Terlebih jika goresan yang muncul tampak begitu banyak. Jika kamu juga mengalami hal satu ini, kamu nggak perlu merasa terlalu khawatir. Pasalnya, bodi mobil yang penyok bisa kamu akali dengan cara mendempul mobil.

Baca Juga: Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong

Dempul mobil umumnya dilakukan di salon mobil dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar tergantung dari seberapa besar bagian mobil yang akan didempul. Jika kamu ingin mengecat mobil secara full body, kamu tentu perlu menyiapkan bujet hingga jutaan rupiah. Merasa bujet tersebut sangat mahal? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan dempul mobil secara mandiri di rumah, kok. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini, ya.

______________________________________

  1. Pilih Jenis Dempul Sesuai Kebutuhan

    sumber: lemkayu.com

Sebelum mulai memoles bodi mobil, terlebih dahulu pilih jenis dempul yang paling pas dan sesuai kebutuhan kamu. Pasalnya, dempul hadir dengan tiga macam yang bisa kamu pilih, yakni dempul plamir, dempul plastik, dan terakhir dempul buatan. Cari tahu kelebihan dari masing-masing dempul tersebut sebelum Blibli Friends memutuskan jenis dempul yang akan dipilih.

  1. Bersihkan Mobil yang Akan Didempul

    sumber: pixabay.com

Perhatikan bodi mobil yang akan kamu beri dempul, jika terdapat kotoran atau bahkan karat, bersihkan terlebih dahulu bodi mobil tersebut. Bagian karat bisa kamu bersihkan dengan menggunakan amplas atau pembersih karat lainnya. Cek juga apakah ada bagian bodi mobil yang tak rata dan memiliki lekukan. Jika iya, ratakan bodi mobil tersebut dengan palu, ya.

  1. Campurkan Dempul dan Pengeras

    sumber: pixabay.com

Setelah bodi mobil telah bersih dan rata, kini saatnya kamu mencampurkan dempul dan pengeras. Pencampuran kedua bahan tersebut akan merubah warna dari dempul. Umumnya, pencampuran tersebut akan berubah warna menjadi hijau atau kuning.

  1. Siapkan Cat Basic (Meni)

    sumber: pixabay.com

Setelah mencampurkan dempul dan pengeras, kini kamu perlu mencampurkan meni dengan thinner. Jika sudah, cat bagian yang akan di dempul dengan menggunakan meni. Lakukan pengecatan secara perlahan dan rata.

  1. Oleskan Dempul

    sumber: suryadidik.com

Kini tiba saat yang kamu tunggu-tunggu, kamu bisa langsung mengoleskan dempul pada bagian bodi mobil yang telah dipilih. Oleskan dempul menggunakan sekrap agar dempul bisa merata dengan sempurna. Dempul body mobil secara perlahan dan bertahap. Lakukan secara terus-menerus hingga dempul benar-benar merata sesuai dengan bagian yang telah ditentukan. Jika terdapat bagian yang tak rata, kembali oleskan dempul secara perlahan.

  1. Keringkan

    sumber: mysharing10.com

Setelah memastikan bahwa mobil telah didempul sesuai keinginan kamu, kini kamu perlu mendiamkannya hingga menunggu kering. Selama menunggu kering, kamu bisa membereskan seluruh perlengkapan yang tadi kamu gunakan agar kembali rapi.

  1. Amplas Body Mobil

    sumber: otomotif.okezone.com

Jika dempul sudah kering, kamu bisa meratakan body mobil dengan menggunakan amplas. Proses amplas ini sangatlah penting untuk membuat hasil akhir dempul menjadi tampak sempurna. Lakukan tahap ini dengan hati-hati, ya. Setelah memastikan bodi mobil telah rata, bersihkan kembali dan biarkan kering.

______________________________________

Tahap terakhir dari dempul mobil adalah proses pengecatan. Pastikan cat yang kamu pilih benar-benar sesuai dan sama persis dengan warna mobil yang kamu miliki.Sekian cara mendempul bodi mobil kamu. Agar proses dempul mobil di atas bisa berjalan dengan lebih lancar, jangan lupa untuk persiapan bahan dan peralatannya terlebih dahulu. Kalau kamu nggak punya banyak waktu buat belanja, kini kamu bisa membelinya di Blibli! Banyak promo spesialnya juga, lho Friends!

Cari Kebutuhan Otomotif Kamu di sini!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY