me

7 Cara Mencuci Tangan Anti Kering dan Kusam

Apr 19, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Cari tahu dulu cara mencuci tangan anti kering dan kusam ini sebelum beli hand wash!

Cara Mencuci Tangan Anti Kering dan Kusam — Cuci tangan secara teratur sudah diajarkan sejak kita kecil oleh orang tua di rumah dan para guru di sekolah. Tapi kadang kita melewatkannya karena buru-buru, malas ke wastafel, atau khawatir tangan jadi kering dan kusam. Dengan hand wash yang tepat, tangan kita jadi bersih plus menjaga kesehatan kulit. Nah, kita bakal membahas tentang cara mencuci tangan anti kering dan kusam di bawah ini. 

Sebelumnya cari tahu manfaat singkat dari mencuci tangan, yuk. Yang pertama, sudah pasti untuk menghilangkan berbagai kuman, bakteri, dan virus yang mungkin menempel di tangan kita. Otomatis, tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan begitu, kita juga nggak berisiko menularkan penyakit ke keluarga, kan? Jadi, yuk cari tahu cara mencuci tangan yang tepat berikut ini!

Baca Juga : 


Gunakan Air Dingin atau Hangat Saat Cuci Tangan

Gunakan Air Dingin atau Hangat Saat Cuci Tangan
freepik.com/author/freepik

Waktu mencuci tangan, pastikan air yang mengalir dari keran wastafel kamu suhunya dingin hingga suam-suam kuku saja. Hindari cuci tangan dengan air panas karena air panas bisa melelehkan lapisan lipid di kulit kita yang berfungsi sebagai skin barrier alias pelindung kulit. Tahu nggak sih, untuk memulihkan lapisan lipid ini butuh waktu yang nggak sebentar, lho. 

Memang betul, air panas mampu membersihkan kotoran serta hal-hal yang kita inginkan di tangan dengan lebih cepat. Tapi kalau kita sampai kehilangan lapisan pelindung di kulit, bisa-bisa kulit tangan jadi cepat kering dan terlihat kusam. Jadi, pastikan gunakan air dingin atau hangat saja lain kali Blibli Friends mencuci tangan.  

Gunakan hand wash yang Tepat

freepik.com/author/EyeEm

Setelah membasahi tangan dengan air dingin atau hangat, sekarang saatnya membersihkan dengan optimal dengan hand wash atau sabun cuci tangan. Nggak perlu khawatir tanganmu bakal cepat kering karena kandungan yang ada di dalamnya, karena sekarang sudah banyak sabun cuci tangan yang mengandung moisturizer. Jadi nggak cuma sekedar membersihkan saja, tapi juga bisa melembabkan. 

Sebisa mungkin gunakan hand wash dalam bentuk cair dan hindari sabun batangan. Kenapa? Karena pengikat di dalam sabun batangan mengandung pH yang tinggi, jadi bikin kulit kita cepat kering. Selain itu, pilih sabun cuci tangan cair yang ada kandungan glycerin dan lanolin di dalamnya, karena dua kandungan ini manfaatnya untuk melembabkan kulit. 

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah waktu membersihkan tangan pakai hand wash, pastikan Blibli Friends melakukannya dengan lembut. Bahkan kalau kamu lagi terburu-buru pun, usahakan jangan membersihkan tangan keras-keras, apalagi sampai melukai kulit kita.

Bersihkan 1 Tangan Setidaknya Selama 20 Detik

Bersihkan 1 Tangan Setidaknya Selama 20 Detik
freepik.com/author/freepik

Berapa lama sih waktu yang tepat untuk mencuci tangan supaya benar-benar bersih dari kuman dan bakteri? Kalau terlalu sebentar, khawatir tangan masih kurang bersih. Tapi kalau cuci tangannya terlalu lama, khawatir kulit jadi kering dan kusam. 

Menurut direktur dermatologi pediatri di Massachusetts General Hospital, Daniela Kroshinsky, untuk 1 tangan sebaiknya dicuci selama 20 detik. Pastikan sabun cuci tangan cair benar-benar diaplikasikan nggak cuma di telapak tangan saja, tapi juga di punggung tangan kamu. Setelah itu, bersihkan juga area di sela jari-jari, kuku, dan juga pergelangan tangan. 

Keringkan Tangan dengan Lembut

Cara Mencuci Tangan Anti Kering dan Kusam
freepik.com/author/arminka19899

Setelah cuci tangan selesai, saatnya mengeringkan tangan supaya bisa lebih nyaman melanjutkan apapun aktivitas yang Blibli Friends lakukan saat itu. Nah, waktu mengeringkan tangan, kamu bisa pakai tisu ataupun handuk kering yang bersih. Kalau pilih pakai tisu, pastikan pilih tisu yang cukup tebal supaya bisa mengeringkan dengan baik plus nggak cepat robek begitu kena tangan kita yang basah. 

Sementara kalau pilih pakai handuk, pastikan pilih yang bahannya lembut. Selain itu, cara mengeringkannya cukup ditepuk-tepuk dengan lembut saja supaya bahan handuk nggak bikin kulit jadi kasar. Oh ya, pastikan ganti handuk pengering tangan ini 3 hari sekali supaya tetap higienis, ya. 

Aplikasikan Krim Tangan

Aplikasikan Krim Tangan — Cara Mencuci Tangan Anti Kering dan Kusam
freepik.com/author/pavliukv

Waktu mengeringkan tangan, kamu bisa benar-benar mengeringkan dengan optimal sampai nggak tersisa air sama sekali di tangan. Tapi disarankan membiarkan tangan sedikit lembap, lalu pas lagi masih lembap itu langsung kamu aplikasikan krim tangan. Dengan begitu, kelembapan tangan akan terkunci dan terjaga dengan baik. 

Kalau air nggak tersisa sama sekali di kulit setelah mencuci tangan, kulit tangan kita bisa jadi lebih kerung lagi. Soalnya air berperan seperti magnet karena mampu menarik air dari lapisan kulit yang paling dalam dan menguap ke udara. Itulah kenapa penting langsung menggunakan krim tangan atau lotion setelah mencuci tangan. 

Gunakan Hand Sanitizer Sebagai Pengganti Sabun

freepik.com/author/freepik

Terkadang ada saat-saat yang cukup sulit untuk menuju ke kamar mandi atau sulit mencari wastafel untuk mencuci tangan. Misalnya waktu kamu lagi di tengah perjalanan panjang. Di saat seperti ini, jangan ragu menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti air dan sabun untuk sementara. Membersihkan tangan dengan hand sanitizer lebih baik daripada nggak sama sekali. 

Sebenarnya untuk membersihkan tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi, dan pas tangan kotor, diharuskan pakai air dan sabun cuci tangan supaya lebih terjamin bersihnya. Gunakan hand sanitizer di sela-sela waktu itu saja, supaya nggak terlalu sering ke kamar mandi dan wastafel. 

Aplikasikan Krim Tangan Setelah Hand Sanitizer Kering

Aplikasikan Krim Tangan Setelah Hand Sanitizer Kering — Cara Mencuci Tangan Anti Kering dan Kusam
freepik.com/author/user32714640

Kalau kamu sering pakai hand sanitizer dan merasa kulit tangan juga mudah kering, pastikan menggunakan krim tangan atau lotion setiap kali habis mengaplikasikan hand sanitizer. Biasanya, hand sanitizer bakal mengering dengan sendirinya setelah menunggu beberapa saat. 

Begitu sudah kering, langsung saja aplikasikan krim tangan meskipun tipis-tipis. Aplikasikan krim tangan ke telapak tangan, punggung tangan, dan juga sela-sela jari. Terkadang di bagian sela-sela jari yang kurang diperhatikan itulah yang lebih kering karena kurang kita perhatikan setelah cuci tangan. 

Penting banget untuk menghindari penyebaran berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus, mulai sekarang jangan lewatkan mencuci tangan, yuk! Terutama kalau habis dari luar ruangan, setelah dari kamar mandi, dan sebelum makan, wajib banget deh cuci tangan dulu! Ketujuh cara mencuci tangan anti kering dan kusam di atas bisa kamu coba mulai sekarang.


Baca Juga : 

Selain itu, jangan lupa pilih hand wash di Blibli. Pastikan pakai sabun cuci tangan cair yang mengandung pelembap. Meskipun sering cuci tangan, nggak lagi khawatir kulit jadi kering. Apalagi kalau setelah cuci tangan Blibli Friends langsung aplikasikan krim tangan. Jadi, yuk pilih hand wash berkualitas di Blibli sekarang supaya dapat voucher gratis ongkir!