me

8 Cara Mencuci Strawberry Sehingga Aman untuk Dikonsumsi

Mar 31, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com

Cara Mencuci Strawberry Strawberry menjadi salah satu jenis buah yang rasanya segar, bentuknya lucu dan juga ada manis masamnya sehingga banyak orang yang suka mengkonsumsinya. Namun tahu nggak sih kalau sebelum dikonsumsi baiknya strawberry ini memang harus dicuci terlebih dahulu dengan cara yang baik dan benar biar kotoran serta semua hal buruk di dalamnya bisa luruh. 

Baca Juga:


Adapun cara mencuci strawberry yang baik dan benar bisa langsung kamu cek semuanya lengkap di bawah ini!

Gunakan Air Sabun Khusus 

freepik.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencuci strawberry adalah dengan cara menggunakan bantuan sabun khusus. Hanya saja perlu dipahami kalau memang nggak semua sabun bisa aman digunakan untuk mencuci buah jadi pastikan dulu sabunnya memang aman digunakan untuk mencuci buah strawberry dan nggak bahaya saat digunakan tentunya. 

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan air dengan setetes sabun khusus cuci piring yang aman untuk buah. Jika sudah jangan lupa melarutkannya sampai semuanya tercampur rata. Selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan strawberry ke dalamnya dan rendam beberapa saat. Jangan lupa gosok permukaan strawberry untuk meluruhkan kotorannya. 

Berikutnya kamu bisa membuang air rendamannya kemudian gunakan air mengalir untuk membasuh semua sisa kotoran dan juga sabun yang masih menempel pada strawberrynya. Lanjut tiriskan kembali sampai airnya surut dari buahnya. Dengan begitu buah ini sudah bisa dikonsumsi dan tentunya aman dari sisa pestisida atau organisme yang mungkin menempel pada buahnya. 

Gunakan Air Dingin 

freepik.com

Cara kedua ini cocok digunakan untuk strawberry yang memang sudah benar-benar bersih dari tanah sehingga nggak perlu digosok terlalu kencang dan hanya butuh menggunakan air dingin saja. Caranya mudah banget kamu hanya perlu menyiapkan baskom yang kemudian isikan dengan air dan es batu di dalamnya. 

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan air dingin langsung dari kulkas untuk dipindahkan ke baskom. Jika sudah kamu bisa langsung memasukkan strawberrynya ke dalam baskom tersebut. Gosok-gosok lembut menggunakan jari dan telapak tanganmu sampai semua kotorannya bisa keluar dan menjadi bersih. 

Jika sudah kamu bisa membuang semua air dalam rendaman baskom tersebut kemudian gunakan air yang mengalir untuk membersihkan sisa dari kotoran yang masih menempel di strawberry. Tiriskan sampai airnya susut kemudian strawberry sudah siap untuk dikonsumsi. 

Gunakan Soda Kue 

freepik.com

Cara ketiga yang nggak kalah bagus digunakan untuk mencuci strawberry adalah dengan cara menggunakan bantuan soda kue. Soda kue bagus banget untuk meluruhkan kotoran yang menempel di strawberry sehingga memberikan tampilan yang lebih bersih dan tentunya aman untuk dikonsumsi jadi kamu nggak perlu khawatir mengkonsumsinya. 

Caranya mudah banget langkah pertamanya kamu hanya perlu menyiapkan baskom untuk melarutkan soda kue dan air kemudian biarkan keduanya bercampur dulu. Jika sudah kamu bisa langsung memasukkan strawberry ke dalam baskom rendaman tersebut. Jangan lupa menunggu sampai 5 menitan dan kamu bisa mengangkatnya. 

Lanjut bilas menggunakan air bersih sampai semua sisa soda kue dan kotoran yang masih menempel pada strawberrynya bersih sempurna. Berikutnya kamu bisa meniriskannya sampai semua airnya berkurang dan strawberry sudah siap untuk dikonsumsi. Tentu saja dengan cara ini buahnya bisa lebih bersih dan aman dari organisme yang membahayakan untuk pencernaan. 

Gunakan Air Garam 

freepik.com

Cara keempat yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan garam. Garam memang menjadi salah satu bahan dapur yang banyak banget manfaatnya nggak hanya untuk memasak namun juga untuk membersihkan kotoran. Salah satunya adalah menjadi campuran bahan yang aman untuk meluruhkan kotoran dan bahan berbahaya pada buah. 

Caranya mudah banget kamu hanya perlu menyiapkan baskom khusus kemudian masukkan air dan garam secukupnya. Pastikan air dan garam tersebut larut sempurna jika sudah kamu bisa memasukkan strawberry ke dalam larutannya. Tunggu dan rendam strawberry sekitar 5 menitan sampai semua kotorannya keluar sendiri dari rendaman. 

Kamu juga bisa menggosoknya ringan untuk membantu strawberry bersih sampai mendalam. Jika sudah kamu bisa langsung membilasnya menggunakan air bersih sampai semua sisa garamnya hilang. Terakhir tiriskan strawberry yang sudah yang sudah bersih dan biarkan kandungan airnya berkurang biar nggak busuk saat disimpan. 

Gunakan Air Cuka 

freepik.com

Cara kelima yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan cuka. Sama halnya dengan garam, cuka juga merupakan bahan dapur yang banyak digunakan untuk kebutuhan pembersihan yang maksimal. Cuka juga menjadi bahan yang aman banget untuk meluruhkan kotoran maupun organisme berbahaya yang menempel pada strawberry. 

Cara menggunakannya juga mudah banget kamu hanya perlu mengambil wadah baskom khusus kemudian isikan air bersih dan cuka kemudian campurkan merata. Jika kedua bahan tersebut sudah larut sempurna maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa langsung memasukkan semua strawbery yang kamu inginkan ke dalam larutannya. 

Rendam sekitar 5 menitan dan jangan lupa untuk menggosok permukaan strawberry biar kotorannya benar-benar bersih. Jika sudah kamu bisa membuang air rendaman kemudian membilas strawberry dengan air bersih yang mengalir. Lanjut langkah terakhirnya kamu perlu meniriskannya biar nggak ada sisa air yang masih ada pada strawberrynya. 

Cuci dengan Air Mengalir 

freepik.com

Cara keenam yang bisa kamu pertimbangkan untuk mencuci strawberry ini adalah mencucinya menggunakan air mengalir saja. Cara ini tentu mudah banget untuk dilakukan, kamu hanya perlu menyiapkan baskom untuk merendam strawberry ke dalam air tersebut jika sudah terendam kamu bisa menggosoknya secara perlahan sampai semua bagian kotorannya keluar. 

Lanjut bilas kembali menggunakan air yang mengalir. Cara ini sangat efektif untuk meluruhkan kotoran yang menempel pada bagian strawberrynya. Jangan lupa untuk tiriskan dan keringkan strawberry jangan biarkan strawberry ini dalam kondisi yang basah karena bisa membuatnya mudah busuk nantinya apalagi jika ingin menyimpannya. 

Gunakan Air Lemon 

freepik.com

Cara mencuci strawberry yang selanjutnya adalah gunakan campuran air lemon. Caranya mudah banget kamu hanya perlu membuat campuran air bersih dan lemon yang dimasukkan ke dalam wadah khusus. Kemudian campurkan dua bahan tersebut sampai tercampur merata. Jika sudah kamu bisa memasukkan strawberry ke dalamnya. 

Rendam sekitar 5 menitan kemudian gosok permukaan strawberry sampai semua kotorannya bisa keluar dan membuatnya terlihat lebih bersih. Buang air rendaman jika sudah kamu bisa membilasnya menggunakan air yang mengalir. Cara ini akan meluruhkan kotoran dan juga sisa lemon yang menempel pada strawberry tersebut. 

Tiriskan kemudian keringkan strawberry untuk menghindari kondisinya yang membusuk apalagi jika akan disimpan kembali. 


Baca Juga:

Tertarik untuk membeli sabun dengan wangi enak dan mampu membersihkan maksimal? Kamu bisa langsung beli Sparkle hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon dan potongan harga menarik hanya untukmu. Langsung saja beli dan cek hanya di Blibli saja!

Tag: