me

Cara Mencuci Handuk yang Benar Agar Handuk Tetap Bersih

Sep 27, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Blibli Friends harus tahu kalau handuk nggak boleh dirawat secara sembarangan karena bakalan membuat produknya mudah rusak dan nggak enak ketika digunakan. Handuk harus tetap bersih agar tidak jadi sarang bakteri. Simak cara mencuci handuk yang benar agar handuk kamu tetap bersih dari kuman!

Baca juga: Rekomendasi Merk Sprei yang Bagus dan Terbaik, Tidurmu Makin Nyenyak!


Berapa Kali Harus Mencuci Handuk

Kira-kira berapa kali harus mencuci handuk? Hal ini penting banget untuk dibahas karena mempengaruhi pertumbuhan bakteri dan jamur di dalamnya. Siapa nih yang jarang cuci handuk sebelum nunggu baunya nggak enak atau warnanya berubah? Dalam handuk terutama handuk mandi terdapat bakteri E-Coli yang berbahaya.

Bakteri ini mudah banget tumbuh dan berkembang di lingkungan lembab seperti kamar mandi apalagi jika nggak dijemur setelah digunakan mandi. Ternyata biar nggak ada bakterinya kamu perlu setidaknya mencuci handuk mandi 3 hari setelah penggunaan. Hal ini bakalan menghambat pertumbuhan bakteri.

Inilah pentingnya punya handuk lebih dari satu sehingga ketika dicuci kamu masih ada handuk lain yang bisa digunakan. Bagaimana dengan mencucinya setiap hari sehabis mandi? Untuk ukuran pencucian yang satu ini justru dilarang karena bakalan membuat permukaan handuk menjadi kasar dan mudah robek.

Cara Mencuci Handuk yang Benar

Biar handuknya nggak mudah rusak penting banget untuk tahu cara mencuci handuk dengan benar sebagai berikut:

Pisahkan Handuk dari Pakaian Lain

Cara mencuci handuk pertama yang perlu kamu perhatikan adalah perlu memisahkannya dengan pakaian lain meskipun saat mencucinya bersamaan. Hal ini penting banget untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri dari handuk ke pakaian lain. Selain itu, menghindari adanya pakaian yang luntur sehingga merusak permukaan handuknya.

Jadi, ketika mencuci lebih baik kamu merendam handuk terlebih dahulu dalam sebuah bak yang berisikan air dan detergen sebelum dikucek. Cara ini bakalan mempermudah lunturnya kotoran dibandingkan dengan langsung dikucek.

TRUU Keset Handuk Square Brown TR.K003

Mencuci Handuk dengan Air Panas

Cara mencuci handuk kedua yang bisa digunakan adalah mencucinya menggunakan air panas. Kamu perlu tahu kalau bakteri bisa mati dengan mudah karena guyuran air panas. Terlebih jika handuknya memang sudah kotor banget dan berbau memang lebih mudah mencucinya menggunakan bantuan air panas.

Kemudian barulah bisa kamu kucek menggunakan detergen untuk menghilangkan kotoran dan baunya.

TRUU Handuk Modiva Comfort Cream TR.P003

Jemur Handuk di bawah Sinar Matahari

Bagaimana cara menjemurnya? Banyak orang yang takut ketika harus menjemur handuk di bawah sinar matahari karena bisa merusak seratnya. Padahal tindakan ini direkomendasikan untuk membuat handuk kering sepenuhnya. Tentunya sesuai dengan ketebalannya dan serapan air yang cukup tinggi sehingga perlu pengeringan yang lebih maksimal.

TRUU Handuk Clasic Stripe Light Green TR.C003

Semprotkan Handuk dengan Pewangi dan Desinfektan ke Mesin Cuci

Biar aromanya tetap sedap kamu bisa menambahkan pewangi ke handuk terutama jika memang aromanya apek dan nggak enak. Pewangi yang digunakan beragam sesuai dengan selera. Biar lebih steril kamu bisa menambahkan desinfektan ke dalam rendaman cucian atau mesin cuci.

Hanya saja ketika menggunakan mesin cuci kamu perlu memperhatikan kecepatan pencuciannya biar handuknya nggak mudah rusak. Hindari juga pencucian handuk dengan mesin cuci setiap hari karena bisa membuatnya mudah robek.

TRUU Handuk Modiva Comfort Pink TR.P001


Baca juga: Merk Handuk Bayi yang Bagus dan Lembut, Cek Rekomendasinya, Moms

Beli handuk lebih lengkap dan terjamin mutunya hanya di Blibli saja. Kamu bisa mengecek ketersediaan produk terbaik dari Truu tentunya dengan promo dan harga yang menggiurkan. Dapatkan promo menarik dan gratis ongkir sesuai syarat ketentuan berlaku.

Tag: