Ketahui Cara Mencuci Batik Supaya Lebih Awet

Source by pinterest

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus diapresiasi. Saat ini, kamu juga nggak perlu khawatir bakal kelihatan ‘tua’ atau ‘kuno’ saat mengenakan batik. Soalnya, ada banyak banget pilihan busana batik dengan model kekinian yang cocok buat kamu pakai di berbagai suasana. Hanya saja,, ada satu kelemahan dari kain batik, yaitu: gampang luntur. Tapi, itu hanya akan terjadi kalau kamu mencucinya dengan langkah-langkah yang salah. Kalau sudah luntur, batikmu pun jadi kehilangan ketajaman warnanya. Makanya, Blibli Friends wajib tahu cara mencuci batik berikut ini.

BACA JUGA: Batik Tobal, Eksis di Mancanegara Sejak 1971

____________________________

  1. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Mencuci batik dengan mesin cuci memang gampang dan praktis banget, sih. Nggak perlu nunggu lama, batikmu sudah masuk ke dalam mesin pengering dan siap buat dijemur. Tapi, ternyata mencuci batik di mesin cuci justru bisa bikin warnanya jadi pudar. Soalnya, serendah apapun kamu memilih level pemutaran, gerakan memutar dari mesin cuci tetap saja terlalu kencang buat sejenis kain batik.

Baju batik lebih baik jika dicuci dengan menggunakan tangan. Walaupun sedikit repot, mencuci baju batikmu dengan tangan memang lebih menjamin pakaian tersebut nggak gampang luntur atau bahkan sobek. Luangkan sedikit waktu luangmu ya, Blibli Friends!

  1. Pisahkan Baju Batikmu dari Pakaian Berbahan Lainnya

Setelah mengucek, pastinya kamu akan merendam baju batikmu, kan? Nah, pastikan kamu merendam baju batik itu dengan jenis batik berwarna sejenis, ya. Jangan campurkan kain batik dengan pakaian dari bahan dan warna lain. Apalagi, kalau kamu merendamnya dengan kain yang sama-sama rentan luntur, seperti jeans misalnya. Wah, bisa-bisa warna baju batik kesayanganmu jadi nggak jelas.

  1. Rendam Baju Batikmu dengan Air Hangat

Saat merendam baju batik, usahakan buat menggunakan air hangat. Air hangat bisa bantu membuka serat-serat kain. Sehingga, Blibli Friends nggak perlu bersusah payah mengucek baju batikmu. Bahkan, ada kalanya noda pakaian tersebut hilang dengan sendirinya cukup dengan merendam baju tersebut dengan air hangat, lho. Ini bisa terjadi kalau noda tersebut memang belum terlalu merekat. Selain itu, baju batik yang direndam dengan air hangat juga jadi lebih awet. Alias, nggak gampang menyusut.

  1. Hindari Penggunaan Deterjen

Deterjen memang ampuh banget buat mengusir noda pakaian. Tapi, bahan kimia yang ada di dalam deterjen bisa bikin kain batikmu jadi gampang luntur. Motif batikmu yang cantik pun bisa memudar. Apalagi, kalau kamu pakai deterjen dengan unsur pemutih. Kalau kamu ingin baju batikmu lebih awet, gunakan sabun khusus buat kain batik, ya. Sabun khusus ini punya formula pengusir noda yang lebih lembut dibandingkan deterjen.

Sehingga, warna kain batikmu dijamin lebih awet. Kamu bisa dapatkan sabun khusus buat batik ini secara online, lho. Belum punya sabun khusus ini? Kamu juga bisa gunakan shampoo atau sabun mandi buat mencuci baju batikmu. Tapi, buat hasil yang maksimal, sebaiknya segera beli sabun khusus buat kain batikmu, ya.

  1. Kucek Baju Batik Secara Perlahan

Saat baju batikmu terkena noda membandel, mau nggak mau Blibli Friends memang harus menguceknya. Tapi, hindari mengucek baju batik terlalu keras, ya. Soalnya, itu malah bisa bikin serat kain batik jadi rusak. Kalau ada noda membandel, kamu cukup kucek ringan saja di area yang terkena noda itu saja. Nggak perlu mengucek semua bagian kain batik. Supaya noda lebih gampang hilang, kamu bisa tambahkan sedikit sabun di bagian yang terkena noda itu. Bisa juga, dengan merendamnya sejenak dengan air hangat.

____________________________

BACA JUGA: Lagi Cari Hadiah Buat Pasangan? Ini 5 Tips Memilih Kemeja Batik Sesuai Kepribadian

Ternyata, cara mencuci batik sebenarnya sederhana banget, ya? Kalau kamu butuh beli sabun khusus buat mencuci baju batikmu, bisa beli di Blibli, lho. Atau, ingin menambah koleksi baju batik yang kamu punya? Ada deh semuanya di toko online ini. Harganya juga terjangkau, lho. Apalagi, kamu juga bisa manfaatkan promo dan diskon dari Blibli. Yuk, beli-beli koleksi baju batik terbaru!

DAPATKAN BAJU BATIK TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY