Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama

cara memperkenalkan kucing baru ke kucing lama

Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama ー Walaupun sudah memelihara kucing sedari lama, namun nggak semua orang memiliki pengalaman untuk menyatukan kucing lama dan baru. Terutama bagi kamu yang masih baru saja memelihara kucing, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kucing lama dapat menerima keberadaan kucing baru atau sebaliknya.

Blibli Friends perlu tahu bahwa kucing adalah salah satu hewan yang sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan. Bahkan beberapa kucing sering bertengkar dengan kucing lain karena mereka belum saling mengenal. Nih, coba beberapa tips berikut kalau ingin membawa kucing baru ke rumah kamu.

BACA JUGA: KESALAHAN DALAM MEMELIHARA KUCING

_________________

Pisahkan Kucing Baru dan Kucing Lama Terlebih Dahulu

Kucing adalah makhluk sosial tetapi butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Karantinalah kucing baru dan kucing lama di tempat yang berbeda. Cara ini memberikan kucing baru untuk beradaptasi dengan tempat barunya. Dengan nggak diganggu oleh kucing lama pastinya ia akan lebih memahami tempat barunya. Langkah ini digunakan juga agar kucing baru menemukan tempat yang nyaman untuk melindungi diri.

Pada saat ini, kenalkan pada mereka bau masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan menukarkan handuk yang mereka pakai. Hal ini berguna untuk membuat mereka terbiasa dan familiar terhadap bau mereka satu sama lain. Kamu bisa mengarantina kucing baru dan kucing lama dalam waktu 3-5 hari sebelum kamu mempertemukan mereka.

Dekatkan Saat Waktu Makan

Waktu makan adalah momen yang tepat untuk mendekatkan kucing baru ke kucing lama. Mula-mula berilah porsi makanan yang sama pada tempat yang berbeda dari keduanya. Kemudian lama-lama dekatkan tempat makanan keduanya agar saling mengenal. Pada dasarnya kucing memiliki tingkat sosial untuk mengenal kucing lain yang tinggi.

Berikan Porsi Perhatian yang Sama

Bagi kamu para pecinta kucing, sifat yang perlu kalian miliki adalah berlaku adil. Berilah tempat tinggal dan porsi makanan yang sama antara keduanya. Lama kelamaan si kucing akan menyadari bahwa mereka adalah hewan yang dipelihara oleh satu tuan.

Promo Gajian Big Payday

Nggak Memaksakan

Untuk pertama kali memperkenalkan kucing baru ke kucing lama adalah dengan nggak memaksakan keduanya untuk saling mengenal. Awalnya mereka mungkin bertengkar karena pada dasarnya, kucing merupakan hewan teritorial. Mereka akan menjaga teritorinya dari jarahan hewan lainnya. Ada kalanya, kucing baru merasa kurang nyaman dan kucing lama merasa terganggu akan kehadiran kucing baru. Sehingga dengan cara nggak memaksakan keduanya untuk kenalan merupakan cara paling baik agar nggak terjadi pertengkaran.

Membiasakan Saling Sapa

Dengan cara membiarkan mereka berdua untuk saling sapa maka akan timbul rasa perkenalan antara yang baru dan lama. Biasanya, kucing akan sangat tertarik dengan suara kucing lainnya. Jadi kalau kucing lamamu mulai mencari-cari asal suara si kucing baru, biarkan saja. Awalnya mungkin dia hanya akan diam mengamati tapi lama kelamaan akan ikut mengeong sebagai tanda sapaan.

Memberi Sinyal

Berikan semacam sinyal atau kode bahwa keduanya sekarang menjadi teman. Kamu bisa melakukan lewat cara memberi makan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan begitu maka mereka akan saling berkenalan satu sama lain. Atau bisa juga kamu sediakan tempat tidur untuk berdua dengan dua mainan di atasnya. Hal ini akan membuat kucing belajar kalau mereka adalah teman dan bukan saingan.

Bersabar dan Alihkan Perhatian

Sampai di tahap ini kamu harus bersabar jika keduanya tak kunjung mengenal satu sama lain. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian dengan memberi mainan yang baru. Dengan cara begitu mereka akan mengekspresikan mainan pada keduanya. Bahkan ada kemungkinan mereka untuk main bareng dengan permainan tersebut.

Saat Mulai Saling Mengenal, Perlu Diawasi

Sebagai pecinta kucing, tentu nggak ingin apabila kucing baru mendapat ancaman atau bahaya dari kucing lama. Meskipun mereka sedang saling berkenalan, tak mungkin jika ada ribut antara kucing baru ke kucing lama. Di tahap ini kamu perlu mengawasi keduanya, biarkan keduanya saling mengenal tapi kamu bisa minimalisir keributan keduanya. Ketika mereka berdua hampir marah, maka sesegera mungkin dipisahkan.

_________________

BACA JUGA: DAFTAR VAKSIN KUCING YANG PERLU DIBERIKAN

Itu dia cara memperkenalkan kucing baru ke kucing lama. Agar kucing lama dan baru merasa mendapat perlakuan yang sama, kamu harus memberikan apresiasi keduanya. Dengan cara yang demikian maka mereka akan merasa dihargai satu sama lain dan saling bersaudara. Biar mereka akur, yuk beli mainan kucing di Blibli yang variasinya banyak dan bikin mereka bisa lebih nyaman berkenalan.

CEK DAFTAR HARGA MAINAN KUCING TERLENGKAP DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY