me

6 Cara Memperbaiki TV LED Samsung Mati Hidup Sendiri, Mulai Periksa Koneksi hingga Perangkat Lunak!

Jun 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/drobotdean
Lakukan ini jika TV LED Samsungmu tiba-tiba mati atau hidup sendiri!

Cicilan 0% KAM

Beberapa TV LED biasanya mengalami eror atau trouble, salah satunya TV mati dan hidup sendiri tanpa diperintah. Seperti yang banyak ditemukan di internet ketika orang-orang bertanya mengapa TV LED Samsung saya mati dan hidup dengan sendirinya? Apa penyebab permasalahan tersebut?

Masalah TV Samsung yang hidup dan mati sendiri pasti bikin kamu panik dan bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki TV Samsung saya yang terus mati? Nih, ada beberapa cara untuk mengecek dan memperbaiki kesalahan pada TV LED Samsungmu yang suka mati hidup sendirinya!

Baca juga:


Cabut Koneksi Daya TV 

Cabut Koneksi Daya TV
freepik.com/author/natapro

Cabut TV selama 30 detik merupakan tindakan sederhana yang sering direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah teknis pada TV LED mu. Cabut kabel daya TV dari stopkontak atau pelindung lonjakan arus. Pastikan untuk mencabutnya sepenuhnya dan nggak hanya mematikannya menggunakan remote atau tombol daya.

Biarkan TV dalam keadaan dicabut selama setidaknya 30 detik. Ini memberikan waktu yang cukup bagi semua daya yang tersimpan di komponen internal untuk habis sepenuhnya. Setelah 30 detik berlalu, colokkan kembali kabel daya TV ke stopkontak atau pelindung lonjakan arus. Nyalakan TV seperti biasa dan periksa apakah masalah TV mati dan hidup sendiri sudah nggak terulang lagi.

Nonaktifkan Opsi Nyalakan dengan Seluler

Nonaktifkan Opsi Nyalakan dengan Seluler
freepik.com/author/freepik

Fitur Nyalakan dengan Seluler memungkinkan pengguna untuk menghidupkan televisi mereka menggunakan perangkat seluler melalui jaringan nirkabel. Ini berguna saat pengguna ingin menyalakan TV dari jarak jauh, misalnya, saat mereka masih berada di luar ruangan atau di ruangan lain dalam rumah. Fitur ini diimplementasikan melalui aplikasi seperti SmartThings dari Samsung.

Bisa saja penyebab TV mu mati dan hidup dengan sendirinya karena adanya gangguan atau sinyal yang nggak normal pada jaringan nirkabelmu. Menonaktifkan fitur ini dapat mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, coba kamu nonaktifkan dulu fitur ini untuk menyelesaikan permasalahannya. 

Pertama, nyalakan TV mu dan buka menu pengaturan. Ini biasanya dapat diakses dengan menekan tombol “Settings” pada remote control atau melalui menu utama. Navigasikan ke bagian pengaturan yang berkaitan dengan jaringan, konektivitas, atau fitur pintar. Dalam menu tersebut, cari opsi yang terkait dengan “Nyalakan dengan Seluler” atau fitur serupa. Matikan atau nonaktifkan opsi ini.

Periksa Koneksi HDMI Tersambung

Periksa Koneksi HDMI Tersambung
freepik.com/author/coffeekai

Kabel HDMI yang nggak terhubung dengan baik atau rusak dapat menyebabkan layar TV menjadi gelap atau nggak menampilkan gambar sama sekali. Memeriksa koneksi HDMI dapat mengatasi masalah tampilan seperti layar hitam, gambar berkedip, atau kualitas video yang buruk.

Kabel HDMI mengirimkan sinyal audio dan video berkualitas tinggi. Koneksi yang buruk dapat menyebabkan masalah audio, seperti suara yang terputus-putus, nggak sinkron, atau nggak ada suara sama sekali.

Cabut kabel HDMI dari kedua ujung, yaitu dari perangkat eksternal dan dari TV. Periksa apakah ada kotoran atau kerusakan pada konektor. Sambungkan kembali dengan memastikan kabel terpasang dengan erat dan benar. Cabut kabel daya perangkat eksternal seperti Set Top Box, konsol game, atau PC, dan sambungkan kembali setelah beberapa detik. 

Pastikan TV LED Samsungmu diatur pada sumber input yang benar. Gunakan remote control untuk mengakses menu pengaturan sumber dan pilih input HDMI yang sesuai. Jika nggak ada perangkat eksternal yang tersambung ke TV, pastikan untuk mengatur sumber input kembali ke TV. Ini akan memastikan bahwa TV mencoba menerima sinyal dari tuner internalnya sendiri

Matikan Pengaturan Beberapa Fitur

Matikan Pengaturan Beberapa Fitur
freepik.com/author/andranik-h90

Pertama, matikan pengaturan fitur penghemat daya otomatis. Jika nggak ada aktivitas yang terdeteksi dalam jangka waktu tertentu, fitur ini secara otomatis memulai mode layar mati, sehingga mengurangi konsumsi daya tanpa harus mematikan TV sepenuhnya. Buka menu pengaturan, pilih semua pengaturan, navigasikan ke umum & privasi, lalu pilih hemat daya otomatis dan klik nonaktifkan.

Kedua, matikan fitur mati otomatis. Ini adalah mekanisme lain yang dirancang untuk menghemat energi dengan mematikan TV secara otomatis ketika nggak ada aktivitas dari pengontrol TV atau remote control selama jangka waktu yang ditentukan. Bisa saja TV mu mati tiba-tiba karena fitur ini aktif. Untuk itu, buka menu pengaturan, pilih semua pengaturan, navigasikan ke umum & privasi, lalu pilih nonaktif fiturnya.

Ketiga, matikan fitur pengatur waktu tidur. Pengatur ini juga bisa jadi yang menjadi penyebab TV mu mati dan nyala sendiri. Buka menu pengaturan, pilih semua pengaturan, navigasikan ke umum & privasi, lalu pilih manajer sistem, buka waktu, dan pilih nonaktifkan pengatur waktu tidur.

Perbarui Perangkat Lunak

freepik.com/author/luislimajr

Memastikan perangkat lunak TV selalu diperbarui adalah langkah penting untuk menjaga kinerja optimal dan mendapatkan fitur terbaru serta perbaikan bug. Pembaruan perangkat lunak dapat meningkatkan stabilitas sistem, kompatibilitas dengan aplikasi terbaru, dan memperbaiki kerentanan keamanan. Untuk memeriksa dan memperbarui perangkat lunak TV, buka menu Pengaturan, pilih Semua Pengaturan.

Lalu navigasikan ke Dukungan dan pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Pilih Perbarui Sekarang untuk memeriksa apakah ada pembaruan terbaru dan menginstalnya jika tersedia. Langkah ini untuk mengatasi kalau erornya memang berasal dari perangkat lunak yang sudah ngelag dan nggak support fitur tertentu yang bisa bikin bug.

Periksa dan Perbaiki Remote TV

Periksa dan Perbaiki Remote TV
freepik.com/author/isaac1112

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah periksa remote TV nya karena televisimu mengalami masalah dalam menerima perintah dari remote control. Langkah pertama adalah mengeluarkan baterai dari remote controlmu. Ini bisa membantu mereset remote dan memastikan nggak ada masalah dengan daya.

Pastikan baterai masih memiliki daya yang cukup. Cobalah mengganti baterai lama dengan yang baru untuk memastikan bahwa remote memiliki daya yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Periksa dan bersihkan kontak baterai pada remote. Kadang-kadang, kotoran atau korosi dapat mengganggu koneksi antara baterai dan remote control.

Jika belum juga bisa, cobalah menyalakan atau mematikan TV yang eror ini menggunakan tombol daya manual. Lokasi tombol daya dapat bervariasi tergantung pada model TV Samsungmu. Biasanya, tombol ini terletak di bagian bawah atau samping TV. 

Jika setelah memeriksa dan mencoba langkah-langkah di atas masalah tetap nggak teratasi, mungkin remote controlmu rusak dan perlu diganti. Begitu halnya dengan TV nya, jika terus menerus mati dan hidup sendiri, segera hubungan teknisi atau help center Samsung untuk menyelesaikannya langsung.


Baca juga

Demikian penjelasan tentang penyebab dan tips memperbaiki TV LED Samsung mati hidup sendiri. Jika memang nggak bisa diperbaiki lagi, mungkin kamu sudah harus beli TV Samsung baru. Mumpung lagi ada program Blibli Elektronik Cicilan 0%, kamu bisa beli dulu tanpa harus bayar penuh di awal. Kamu bisa bayar secara angsur dengan bunga 0%!

Nikmati banyak pilihan peralatan elektronik termasuk merek Samsung selama program berlangsung. Yuk, beli TV Samsung idamanmu sekarang juga!