me

8 Cara Memperbaiki Tali Jam Tangan yang Putus

Jun 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/evening-tao
Inilah 8 cara memperbaiki tali jam tangan yang putus!

Promo Kemilau JTN & LMP

Saat ini jam tangan nggak hanya sekedar berfungsi sebagai alat penunjuk waktu saja. Banyak juga yang memfungsikan jam tangan sebagai aksesories. Jadi, nggak heran jika jam tangan nggak bisa lepas dari keseharian seseorang. Sayangnya, jam tangan yang hampir setiap hari digunakan membuat strap atau talinya menjadi mudah rusak.

Tentunya, kerusakan yang terjadi pada tali jam tangan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Selain faktor usia atau masa pakai, ternyata perawatan dan penggunaan jam tangan yang nggak tepat juga menjadi salah satu penyebabnya. Apabila hal ini terjadi pada tali jam tangan milikmu, nggak perlu khawatir dulu karena kamu bisa memperbaikinya dengan 8 cara berikut ini!

Baca juga:


Melepaskan Tali Jam Tangan 

Melepaskan Tali Jam Tangan
freepik.com/author/andranik-h90

Cara pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mengganti tali jam tangan yang putus yaitu dengan melepaskannya terlebih dahulu. Letakkan jam tangan dengan posisi menghadap ke bawah agar kamu lebih mudah untuk melepaskannya. Ada satu tips yang harus kamu lakukan saat hendak melepas tali jam tangan agar tidak merusak bagian body yang lainnya.

Gunakan lap yang memiliki permukaan halus untuk mengalasi meja. Penggunaan lap ini untuk meminimalisir resiko terjadinya goresan pada kaca jam tangan. Apabila kamu meletakkan jam tangan dalam kondisi terbalik langsung di atas meja maka resiko kaca tergores semakin besar. Tentunya, hal seperti akan membuat tampilan jam tangan milikmu menjadi kurang menarik. 

Mencari Spring Bar

blibli.com

Cara kedua yang harus kamu lakukan adalah mencari spring bar. Spring bar merupakan salah satu komponen bagian luar yang berfungsi untuk menyambungkan tali dengan body jam tangan. Untuk itulah, apabila kamu ingin mengganti tali jam tangan yang putus maka harus bisa menemukan spring bar ini terlebih dahulu. 

Saat kamu memposisikan jam tangan dalam kondisi terbalik maka akan langsung terlihat spring bar ini. Spring bar ini terletak diantara lubang pada bagian ujung tali dan langsung terhubung dengan body jam tangan. Spring bar ini berbentuk batang logam kecil dan apabila ditekan pada setiap ujungnya akan kembali ke posisi semula. 

Apabila spring bar ini tidak ditekan maka bentuknya akan tetap memanjang seperti semula. Jika spring bar ini dalam kondisi yang normal maka setiap ujungnya akan bisa dimasukkan pada lubang di bagian body jam tangan. Setiap tipe jam tangan apapun pasti akan dilengkapi dengan spring bear, namun untuk ukurannya tergantung dari ukuran jam tangan itu sendiri.

Melepaskan Spring Bar

Melepaskan Spring Bar
strapcode.com

Jika spring bar telah kamu temukan maka kamu bisa langsung melepasnya. Tentunya untuk bisa melepas spring bar ini nggak bisa dilakuan begitu saja hanya dengan menggunakan tangan kosong. Diperlukan sebuah alat khusus bernama spring bar tool untuk bisa melepaskan spring bar dari tali jam tangan. Namun, jika kamu tidak memilikinya bisa menggunakan obeng sebagai pengganti spring bar tool.

Gunakanlah obeng yang memiliki ujung kepala pipih. Jika kedua alat ini tidak tersedia maka dengan terpaksa kamu harus melepasnya menggunakan tangan. Melepas spring bar menggunakan spring bar tool terbilang cukup mudah. Kamu hanya cukup memasukkan ujungnya yang bercabang diantara tali jam dengan sambungannya. Selanjutnya, tekan kedua sisi spring bear hingga terlepas dari tali jam tangan.

Meskipun caranya terbilang cukup mudah, namun diperlukan kejelian dan kehati-hatian saat melepaskan spring bar ini. Apalagi saat kamu melepaskannya menggunakan alat lain seperti obeng. Usahakan obeng tersebut tidak menyentuh tali jam tangan agar tidak merusak tampilannya. Kamu bisa juga melepaskan spring bar ini dengan menggunakan klip kertas, namun cara ini cukup rumit untuk dilakukan.

Mengeluarkan Spring Bar dari Tali Jam Tangan

Mengeluarkan Spring Bar dari Tali Jam Tangan
congress-intercultural.eu

Lakukan hal yang sama untuk melepaskan spring bar pada sisi tali jam tangan yang satunya. Keluarkan spring bar dari tali jam tangan secara perlahan. Letakkan spring bar yang telah terlepas pada sebuah wadah. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah terselip sehingga akan memakan waktu yang cukup lama jika spring ini hilang.

Memasukkan Spring Bar Pada Tali Jam Tangan

Memasukkan Spring Bar Pada Tali Jam Tangan
congress-intercultural.eu

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan tali jam tangan yang baru. Apabila kamu sudah menyiapkannya maka bisa langsung memasangkan spring bar ini pada tali jam tangan yang baru. Cara memasang spring bar ini sebenarnya nggak jauh berbeda saat kamu mengeluarkan spring bar dari tali jam tangan yang lama.

Biasanya pada beberapa tipe tali jam tangan yang baru sudah dilengkapi dengan sebuah spring bar. Tapi ingat, kamu harus memastikan bahwa ukuran spring bar tersebut sesuai dengan body jam tangan milikmu. Apabila ukuran spring bar yang baru nggak sesuai, kamu bisa menggunakan spring bari dari tali jam tangan yang lama. 

Memasukkan Ujung Bawah Spring Ber ke Lubang Bahu Jam

flavors.qa

Untuk memasangkan spring bar pada tali jam tangan yang baru maka cukup memasukkan ujung bawah salah satu sisi lubangnya. Masukkan spring bar ini pada posisi yang sama seperti pada tali jam tangan yang lama. Pastikan spring bar telah terpasang dengan baik pada tali jam tangan yang baru. Apabila posisi spring bed kurang tepat maka akan membuatnya mudah goyah saat disambungkan pada body jam tangan.

Cara memasukkan ujung bawah spring bar ini cukup mudah. Masukkan ujung bawah spring bar pada lubang tali jam tangan kemudian tekan bagian bawahnya secara perlahan sehingga bagian atasnya bisa menyelip untuk masuk ke lubang tali yang satunya. Kamu bisa menggunakan spring bar tool untuk memudahkanmu memasukkan spring bar ini. 

Memasukkan Ujung Bawah spring Bar Pada Sisi Lainnya

Memasukkan Ujung Bawah spring Bar Pada Sisi Lainnya
congress-intercultural.eu

Cara terakhir yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki tali jam tangan yang putus yaitu dengan memasukkan ujung bawah spring bar pada sisi jam tangan yang lainnya. Mulai dengan memasukkan bagian spring bar pada lubang bahu jam. Selanjutnya, tekan ke bawah dan selipkan bagian atas spring bar pada lubang yang ada di sisi tali lainnya. 

Apabila sudah terdengar bunyi ‘klik’ maka dapat dipastikan bahwa tali jam tangan yang baru sudah terpasang dengan baik. Selain itu, untuk membuktikan bahwa tali jam tangan ini sudah terpasang dengan baik maka kamu dapat memeriksa kekokohannya. Tali jam tangan nggak akan mudah terlepas saat sudah terpasang dengan baik. 


Baca juga

Itulah delapan cara yang harus kamu lakukan secara bertahap untuk memperbaiki tali jam tangan yang putus. Buat kamu yang ingin menambah koleksi jam tangan yang memiliki model terbaru, langsung saja cek di situs resmi Blibli ya! Hanya di Blibli, kamu bisa mendapatkan jam tangan dengan model yang terbaru dan pastinya dengan harga yang ramah di kantong. Yuk, kunjungi Blibli sekarang juga!