me

7 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp yang Tidak Mau Berputar, Cek di Sini!

Mar 08, 2024.By Jarvis
Bagikan

id.sharp
Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci Sharp yang tidak mau berputar?

Cicilan 0% KAM

Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang manfaatnya besar banget untuk lebih mempermudah hidup. Nggak bisa dipungkiri kalau mesin cuci sudah menjadi kebutuhan karena bisa membantu lebih hemat waktu dan energi. Nah, merek mesin cuci yang sering dijadikan pilihan banyak orang adalah Sharp yang menawarkan berbagai keunggulan.

Selain bisa dipakai walaupun tanpa pompa air otomatis atau tandon, mesin cuci Sharp juga termasuk hemat listrik dan jika ada kerusakan spare part-nya dengan mudah bisa ditemukan di toko elektronik. Nggak hanya itu mesin cuci Sharp makin menarik karena ditawarkan dengan harga yang relatif aman di kantong.

Baca juga: 


Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp yang Tidak Mau Berputar

Walaupun memiliki banyak keunggulan, mesin cuci Sharp juga bisa mengalami error, macet atau nggak mau berputar. Bila berencana memperbaiki sendiri beberapa cara memperbaiki mesin cuci Sharp yang tidak mau berputar bisa diperhatikan.

Ganti Kabel yang Putus

Ganti Kabel yang Putus
freepik.com/author/fongbeerredhot

Kabel mesin cuci yang putus atau lilitan dinamo short pada bagian starter putus bisa membuat mesin cuci Sharp mengeluarkan suara yang berdengung dan nggak mau berputar. Kabel yang putus ini bisa karena gigitan tikus. Jadi cek semua kabel termasuk kabel yang terhubung ke dinamo. Untuk mengatasi hal ini, ganti kabel yang putus dengan yang baru supaya bisa mengalirkan listrik.

Cek Dinamo

Cek Dinamo
youtube.com

Jika setelah semua kabel dicek ternyata nggak ada yang putus coba cek dinamonya. Kondisi as dinamo yang kotor bisa bikin macet dan bisa membuat mesin cuci nggak bisa berputar. Atau jika kondisi dinamo sudah dimakan usia, bila perlu ganti dengan yang baru. 

Bersihkan bagian as dan bos lalu lakukan pelumasan. As yang macet juga bisa membuat mesin cuci bermasalah. Setelah itu coba nyalakan kembali mesin cuci, biasanya setelah kabel diganti, bagian as dan bos dibersihkan mesin cuci bisa berfungsi dengan normal.

Ganti Tali Karet yang Kendur

Ganti Tali Karet yang Kendur
blibli.com

Tabung mesin cuci ngambek nggak mau bergerak juga bisa karena tali karet yang menyambungkan dinamo sudah mulai kendur. Kalau ini yang jadi penyebabnya, segera ganti dengan tali karet yang baru dan hindari memasang terlalu kencang. Coba ganti juga lid switch dengan yang baru untuk memastikan pintu mesin cuci sudah tertutup rapat.

Ganti Kapasitor Mesin Cuci

Ganti Kapasitor Mesin Cuci
blibli.com

Jika yang jadi sumber masalah mesin cuci nggak mau berputar adalah kapasitor mesin cuci maka bagian ini perlu segera diganti. Kapasitor mesin cuci ini berfungsi melepaskan listrik dan memberikan tenaga supaya tabung bisa berputar. 

Untuk menggantinya, buka kabinet yang letaknya di bagian belakang mesin cuci Sharp yang biasanya ditahan dengan alat dari plastik atau logam dan tersambung ke dinamo. Ganti kapasitor mesin cuci lalu tutup kembali kabinet dari mesin cuci.

Adapun cara mengecek kapasitor mesin cuci masih berfungsi atau nggak adalah dengan menghubungkan kabel ohm meter ke kapasitor. Cek, jika jarum masih bergerak berarti kapasitor masih oke namun bila jarum nggak bergerak menandakan kapasitor sudah rusak.

Perbaiki Timer Mesin Cuci

Perbaiki Timer Mesin Cuci
blibli.com

Jika mesin cuci nggak mau berputar karena timer maka coba perbaiki. Caranya cabut dulu kabel mesin cuci, buka kabinet dan panel kendali lalu lepaskan bagian timer. Langkah selanjutnya bisa mengatur multi meter ke RX-1 dan sambungkan ke bagian ujung yang terhubung pada dinamo. Namun jika tetap nggak berfungsi bisa ganti dengan timer yang baru.

Kurangi Muatan dan Letakkan di Permukaan yang Rata

Kurangi Muatan dan Letakkan di Permukaan yang Rata
freepik.com/author/freepik

Walaupun kelihatannya sepele namun kebiasaan mencuci pakaian dalam jumlah yang terlalu banyak atau menempatkan mesin cuci di permukaan yang nggak rata bisa bikin peralatan elektronik ini macet dan akhirnya tabung nggak berputar sama sekali. Solusinya, sudah pasti kurangi muatan saat mencuci dan tempatkan mesin cuci di permukaan yang rata.

Bawa ke Service Centre

Bawa ke Service Centre
id.sharp

Langkah ini bisa jadi cara terakhir bila beberapa cara seperti di atas tetap nggak bisa membuat mesin cuci berputar sebagaimana mestinya.

Apa Penyebab Mesin Cuci Tidak Dapat Berputar?

Apa Penyebab Mesin Cuci Tidak Dapat Berputar
freepik.com/author/freepik

Yang menjadi penyebab mesin cuci nggak bisa berputar bisa beragam. Antara lain bisa karena:

  • Kelebihan  muatan
  • Meletakkan mesin cuci di permukaan yang nggak rata
  • Dinamo rusak
  • Kabel putus digigit tikus
  • Bagian as macet
  • Karet yang menyambungkan ke dinamo kendur
  • Door switch bermasalah
  • Lid switch bermasalah
  • Kapasitor mesin cuci rusak
  • Bagian timer rusak

Kenapa Mesin Cuci Tiba-Tiba Berhenti Berputar?

Kenapa Mesin Cuci Tiba-Tiba Berhenti Berputar
freepik.com/author/kamranaydinov

Pernah mengalami mesin cuci setelah dinyalakan tiba-tiba berhenti berputar? Nggak perlu panik, penyebab hal ini bisa karena pembuangan air yang tersumbat. Nah, yang menyebabkan tersumbat bisa karena adanya tisu, serat kain atau bisa juga karena benda-benda kecil lainnya yang nggak sengaja tercuci.

Solusinya, bisa cek bagian pintu pembuangan yang terletak di bagian bawah mesin cuci lalu buka penutupnya dan coba keluarkan benda-benda yang bikin saluran pembuangan mampet. Setelah selesai dibersihkan, kencangkan penutupnya dan pasang kembali penutup seperti semula.

Kenapa Mesin Cuci Berdengung tapi Tidak Berputar?

Kenapa Mesin Cuci Berdengung tapi Tidak Berputar
freepik.com/author/faizaminudin

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah mesin cuci hanya berdengung tapi nggak bisa berputar. Yang jadi faktor penyebabnya bisa beragam, antara lain bisa karena kapasitor yang mulai bermasalah, timer mesin cuci ada gangguan, dinamo sudah waktunya diganti, karet vanbelt kendor sampai mesin cuci yang sarat muatan.

Untuk mengatasi hal ini bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya jika karena mesin cuci kelebihan muatan maka mulai biasakan mencuci dalam jumlah yang cukup. Jika karena dinamo atau karet vanbelt yang sudah nggak layak pakai, bisa segera ganti yang baru.

Begitu juga bila penyebabnya karena timer dan kapasitor yang bermasalah, bila memang nggak bisa lagi dibetulkan untuk amannya bisa ganti yang baru.


Baca juga: 

Demikian cara memperbaiki mesin cuci Sharp yang tidak mau berputar dan penjelasan apa yang menjadi penyebab hal tersebut bisa terjadi. Gimana, apa berkeinginan beli mesin cuci yang baru saja? Caranya mudah, cepat dan praktis, kok apalagi jika kamu belinya di Blibli. Toko online terlengkap yang menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga terbaik.

Dana mepet? Tenang saja, belanja di Blibli kamu berkesempatan menikmati program cicilan 0%, lho. Buruan, gih manfaatkan karena syarat dan ketentuannya nggak bikin ribet, kok karena hanya perlu berbelanja minimal Rp 500.000/bag menggunakan kartu kredit berlogo tertentu dan tenornya ringan bisa sampai 24 bulan. Buruan, gih belanja mesin cuci terbaik dengan Blibli Elektronik Cicilan 0%.