me

5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Tidak Mau Berputar, Intip Yuk!

Mar 08, 2024.By Jarvis
Bagikan

samsung.com
Periksa mesin cucimu untuk pastikan masih berfungsi dengan baik!

Cicilan 0% KAM

Pernahkah kamu mengalami mesin cuci yang nggak mau beroperasi meskipun tombolnya sudah kamu pencet? Hal ini sering terjadi khususnya bagi mesin cuci yang sudah berumur lama. ini merupakan penyakit kebanyakan mesin cuci termasuk mesin cuci dari Samsung. Ketika menghadapi persoalan mesin cuci seperti ini, kamu bisa ikuti cara-cara di bawah ini!

Baca juga: 


Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Tidak Mau Berputar

Jika mesin cuci Samsungmu nggak mau berputar, ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk memperbaikinya:

Periksa Koneksi Listrik

Periksa Koneksi Listrik
freepik.com/author/mrshing08

Memeriksa koneksi listrik adalah langkah penting pertama dalam memperbaiki mesin cuci yang nggak mau berputar. Pastikan mesin cucimu terhubung dengan sumber listrik yang baik dengan memeriksa kabel daya dan steker secara menyeluruh. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan pada kabel seperti sobekan atau kerusakan fisik lainnya yang dapat memengaruhi aliran listrik. 

Selain itu, pastikan juga bahwa stopkontak yang digunakan berfungsi dengan baik. Kamu dapat mencoba menggunakan perangkat lain untuk menguji stopkontak tersebut. Jika stopkontak nggak memberikan listrik, mungkin ada masalah dengan sirkuit listrik atau pemutusan daya. Dalam hal ini, periksa pemutus sirkuit dan pastikan nggak ada pemutusan daya yang terjadi. 

Periksa Tombol Pintu

Periksa Tombol Pintu
samsung.com

Memeriksa tombol pintu adalah langkah penting lainnya dalam memperbaiki mesin cuci yang nggak mau berputar. Mesin cuci dilengkapi dengan sakel pintu yang otomatis mematikan putaran saat pintu terbuka untuk mencegah kecelakaan. Pastikan pintu mesin cuci tertutup dengan rapat dan terkunci dengan baik sebelum memulai siklus pencucian. 

Jika sakel pintu tampak aus atau rusak, ini dapat menjadi penyebab mesin cuci nggak mau berputar. Dalam hal ini, ganti sakel pintu dengan yang baru yang sesuai dengan merek dan model mesin cucimu. Selain itu, pastikan nggak ada hambatan fisik di sekitar pintu yang mencegahnya tertutup sepenuhnya. 

Periksa Pengisian Mesin

Periksa Pengisian Mesin
samsung.com

Memeriksa pengisian mesin cuci adalah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Pastikan mesin cuci nggak terlalu penuh dengan pakaian saat kamu memuat cucian ke dalamnya. Jika mesin cuci terlalu penuh, beban cucian dapat menyebabkan kesulitan bagi mesin untuk berputar dengan lancar, terutama saat mencoba menyeimbangkan beban selama siklus pencucian.

Untuk memastikan mesin cuci dapat berputar dengan baik, pastikan untuk nggak mengisi mesin cuci melebihi kapasitas maksimum yang disarankan oleh produsen. Setiap mesin cuci memiliki kapasitas maksimum yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk mengacu pada panduan pengguna atau label kapasitas pada mesin cucimu.

Jika kamu sudah memeriksa dan menemukan bahwa mesin cuci nggak terlalu penuh dengan pakaian, cobalah untuk mengurangi beban cucian dan mencoba lagi. Mengurangi beban cucian dapat membantu mesin cuci untuk berputar dengan lebih lancar dan mencegah masalah saat siklus pencucian.

Periksa Sabuk Penggerak

Periksa Sabuk Penggerak
samsung.com

Memeriksa sabuk penggerak adalah langkah penting dalam memperbaiki mesin cuci yang nggak mau berputar, terutama untuk mesin cuci yang menggunakan sabuk untuk menggerakkan drum atau agitator. Pastikan mesin cuci dalam keadaan mati dan cabut steker dari stopkontak untuk keamanan tambahan.

Untuk mengakses sabuk penggerak, kamu perlu melepas panel belakang atau bagian bawah mesin cuci. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan mesin cucimu atau mengacu pada panduan pemilik untuk mengetahui cara mengakses sabuk penggerak.

Setelah mengakses sabuk penggerak, periksa apakah sabuk tersebut utuh, nggak putus, atau nggak aus. Pastikan juga sabuk terpasang dengan baik di sekitar roda pendorong. Jika sabuk terlihat putus, aus, atau terlepas, itu bisa menjadi penyebab mesin cuci nggak mau berputar.

Jika sabuk penggerak rusak atau terlepas, gantilah dengan yang baru yang sesuai dengan merek dan model mesin cuci Samsungmu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan atau panduan pemilik untuk mengganti sabuk dengan benar.

Periksa Motor

Periksa Motor
samsung.com

Memeriksa motor mesin cuci adalah langkah krusial ketika mesin cuci mengalami masalah nggak mau berputar. Pertama, pastikan untuk mematikan listrik dan mencabut steker dari stopkontak sebelum memulai pemeriksaan. Selanjutnya, akses motor mesin cuci dengan membuka panel belakang atau bagian bawah sesuai dengan panduan pengguna. 

Ketika kamu telah mengakses motor, lakukan pemeriksaan visual terhadap kondisi motor, perhatikan adanya kabel yang terlepas, bagian yang patah, atau tanda-tanda keausan yang nggak biasa. Perhatikan juga adanya bau terbakar atau panas berlebih di sekitar motor, karena itu bisa menjadi indikasi bahwa motor mengalami masalah.

Apa yang Menyebabkan Mesin Cuci Samsung Tidak Mau Berputar?

Apa yang Menyebabkan Mesin Cuci Samsung Tidak Mau Berputar
samsung.com

Mesin cuci Samsung yang nggak mau berputar dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Salah satu penyebab umum adalah masalah dengan sumber listrik, seperti kabel daya yang rusak atau stopkontak yang nggak berfungsi dengan baik. Selain itu, sakel pintu yang rusak atau nggak terkunci dengan benar juga bisa menyebabkan mesin cuci nggak mau berputar.

Selain itu, masalah dengan komponen internal seperti sabuk penggerak yang putus atau terlepas, motor yang rusak, atau kopling yang aus juga bisa menjadi penyebab mesin cuci nggak mau berputar. Sabuk penggerak yang aus atau terlepas akan menghambat putaran drum, sementara motor yang rusak nggak akan menghasilkan tenaga yang cukup untuk menggerakkan drum. 

Selain faktor teknis, terlalu banyak beban cucian atau pengisian mesin cuci melebihi kapasitas maksimum juga bisa menyebabkan masalah dengan putaran drum. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan beban yang membuat mesin cuci sulit untuk berputar dengan lancar.

Kenapa Mesin Cuci Samsung Tiba Tiba Berhenti Berputar?

samsung.com

Mesin cuci Samsung yang tiba-tiba berhenti berputar bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin terjadi secara mendadak. Salah satu penyebab umumnya adalah masalah dengan sumber listrik, seperti pemadaman listrik atau kabel daya yang terputus. Ketika sumber listrik terputus, mesin cuci akan berhenti berputar secara tiba-tiba.

Selain itu, masalah dengan sakel pintu juga bisa menjadi penyebabnya. Sakel pintu adalah fitur keselamatan yang mematikan putaran saat pintu mesin cuci terbuka. Jika sakel pintu rusak atau nggak berfungsi dengan baik, mesin cuci dapat berhenti berputar secara mendadak saat pintu terbuka.

Selain itu, terlalu banyak beban cucian atau pengisian mesin cuci melebihi kapasitas maksimum juga dapat menyebabkan mesin cuci berhenti berputar secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan beban yang membuat mesin cuci sulit untuk berputar dengan lancar.

Kenapa Mesin Cuci Samsung Berdengung Tapi Tidak Berputar?

Kenapa Mesin Cuci Samsung Berdengung Tapi Tidak Berputar
samsung.com

Mesin cuci Samsung yang berdengung tapi nggak berputar bisa mengindikasikan beberapa masalah yang mungkin terjadi. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah sabuk penggerak yang putus atau terlepas dari roda pendorong. 

Ketika sabuk penggerak rusak, mesin cuci mungkin akan menghasilkan bunyi berdengung karena motor berusaha berputar, tetapi drum nggak bergerak karena sabuk nggak lagi memindahkan tenaga ke drum. Selain itu, masalah dengan motor mesin cuci juga bisa menjadi penyebabnya. 


Baca juga: 

Kalau mesin cuci Samsung mu di rumah sudah memberikan tanda kerusakan parah, nggak ada salahnya menggantinya dengan baru selama ada program Blibli Elektronik Cicilan 0% karena kamu bisa mengambil barang elektronik dengan cara kredit dengan bunga bisa sampai 0 rupiah. Hemat banget bukan?

Buruan beli mesin cuci Samsung di Samsung Home Appliances selama program Blibli Elektronik Cicilan 0% masih berlangsung. Soal peralatan elektronik, Blibli memang jagonya!