me

4 Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Tidak Bisa Buang Air, Cobain Yuk!

Mar 08, 2024.By Jarvis
Bagikan

lg.com
Ini dia cara mengeluarkan air dari mesin cuci setelah dipakai!

Cicilan 0% KAM

Tanda-tanda mesin cuci rusak bisa bervariasi tergantung pada jenis masalah yang dialami, tetapi beberapa gejalanya mungkin termasuk nggak dapat menghidupkan mesin, nggak berputarnya tabung saat mencuci, bunyi yang nggak biasa seperti berdengung atau berdentum saat beroperasi, atau nggak mengeluarkan air dengan benar saat proses pembilasan. 

Permasalahan mesin cuci yang nggak bisa mengeluarkan air setelah digunakan ini cukup banyak ditemukan di rumah tangga. Termasuk untuk mesin cuci merk LG, jika kamu mendapati permasalahan ini, sebaiknya periksa mesin cuci dan, jika perlu, hubungi teknisi untuk memperbaikinya. Kalau mau perbaiki sendiri di rumah, coba langkah-langkah di bawah ini!

Baca juga: 


Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Tidak Bisa Buang Air

Berikut ini cara-cara atau langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki mesin cuci merk LG mu yang nggak mau membuang air:

Periksa Koneksi Listrik dan Air Mesin Cuci

Periksa Koneksi Listrik dan Air Mesin Cuci
freepik.com/author/mrshing08

Nggak dapat membuang air dari mesin cuci LG bisa menjadi masalah yang membingungkan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sendiri sebelum memanggil teknisi. Pertama-tama, pastikan untuk memeriksa koneksi listrik dan air mesin cuci. 

Terkadang, masalah sederhana seperti kabel yang lepas atau kerusakan pada kabel bisa menjadi penyebab utama. Pastikan juga bahwa kran air terbuka sepenuhnya dan nggak ada hambatan di saluran masuk air.

Periksa Pompa Pembuangan

Periksa Pompa Pembuangan
lg.com

Jika semua koneksi tampak baik-baik saja, langkah selanjutnya adalah memeriksa pompa pembuangan mesin cuci. Kamu dapat membuka panel belakang mesin cuci dan memeriksa pompa untuk melihat apakah ada benda asing atau kotoran yang menyumbatnya. Benda-benda seperti kancing, koin, atau serpihan kain seringkali dapat terjebak di dalam pompa dan mengganggu kinerjanya. 

Jika kamu menemukan sesuatu yang menghalangi pompa, pastikan untuk mematikan listrik mesin cuci sebelum mencoba mengeluarkannya dan membersihkannya.

Periksa Saluran Pembuangan

Periksa Saluran Pembuangan
lg.com

Selain itu, periksa juga saluran pembuangan untuk memastikan nggak ada lipatan atau penyumbatan yang menghalangi aliran air keluar dari mesin cuci. Kadang-kadang, serpihan kotoran atau kain yang terjebak di dalam saluran pembuangan juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Jika kamu menemukan penyumbatan, cobalah untuk membersihkannya dengan hati-hati menggunakan alat yang sesuai.

Bisa Panggil Teknisi Profesional

Bisa Panggil Teknisi Profesional
freepik.com/author/kamranaydinov

Jika setelah memeriksa semua hal tersebut masalah masih terjadi, kemungkinan ada masalah dengan katup pembuangan atau bahkan sensor level air yang rusak. Dalam hal ini, disarankan untuk memanggil teknisi profesional untuk mengevaluasi dan memperbaiki masalah tersebut. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan LG untuk mendapatkan saran lebih lanjut atau menetapkan janji temu.

Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air?

Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air
freepik.com/author/dragonimages

Ada beberapa alasan mengapa mesin cuci mungkin mengalami masalah nggak bisa membuang air. Salah satu penyebab adalah pompa pembuangan yang rusak atau terhalang oleh benda asing seperti kancing, koin, atau serpihan kain. Pompa pembuangan bertugas untuk memompa air keluar dari mesin cuci selama proses pembilasan, dan jika pompa rusak atau tersumbat, maka air nggak akan bisa keluar dari mesin cuci.

Selain itu, masalah juga bisa terjadi pada saluran pembuangan yang tersumbat atau terlipat, yang menghambat aliran air keluar dari mesin cuci. Kadang-kadang, kotoran atau benda-benda kecil dapat terjebak di dalam saluran pembuangan dan menyebabkan penyumbatan. Lipatan atau belokan tajam dalam saluran pembuangan juga dapat menghalangi aliran air dan menyebabkan masalah tersebut.

Selain pompa dan saluran pembuangan, masalah juga bisa terjadi pada katup pembuangan mesin cuci. Katup ini mengatur aliran air keluar dari mesin cuci selama proses pembuangan, dan jika katup rusak atau terblokir, maka air nggak akan bisa keluar dengan lancar. Selain itu, sensor level air yang rusak juga dapat menyebabkan masalah nggak bisa membuang air. 

Sensor ini bertugas untuk mendeteksi tingkat air di dalam mesin cuci dan mengontrol pembuangan air sesuai dengan kebutuhan. Jika sensor rusak atau nggak berfungsi dengan baik, mesin cuci mungkin nggak bisa mengeluarkan air dengan benar. Ada juga kemungkinan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh gangguan listrik atau elektronik, seperti kabel yang lepas atau kerusakan pada bagian-bagian elektronik.

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari dalam Mesin Cuci?

Untuk mengeluarkan air dari dalam mesin cuci, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

Matikan mesin cuci

Matikan mesin cuci
freepik.com/author/kamranaydinov

Sebelum memulai proses pengeluaran air, pastikan mesin cuci berada dalam keadaan mati dan nggak sedang menjalankan siklus mencuci. Ini penting untuk menghindari risiko kecelakaan dan memastikan keselamatanmu saat menggunakan mesin cuci.

Buka pintu mesin cuci

Buka pintu mesin cuci
freepik.com/author/freepik

Dengan hati-hati, buka pintu mesin cuci untuk mengakses tabung cucian di dalamnya. Periksa apakah masih ada cucian yang tersisa di dalam tabung. Jika ada cucian yang masih basah, segera keluarkan untuk mempermudah proses pengeluaran air dan mencegah kerusakan pada cucian yang tersisa.

Periksa tabung cucian

Periksa tabung cucian
freepik.com/author/freepik

Langkah penting berikutnya adalah memeriksa tabung cucian untuk memastikan nggak ada cucian yang tersisa di dalamnya. Mengeluarkan cucian yang masih basah akan membantu mempercepat proses pengeluaran air dari mesin cuci.

Temukan saluran pembuangan

Temukan saluran pembuangan
freepik.com/author/freepik

Selanjutnya, temukan lokasi saluran pembuangan di bagian belakang atau bawah mesin cuci. Saluran ini biasanya terhubung dengan pompa pembuangan yang bertugas untuk mengeluarkan air dari mesin cuci.

Buka tutup saluran pembuangan

Buka tutup saluran pembuangan
freepik.com/author/freepik

Beberapa mesin cuci dilengkapi dengan tutup atau klep pada saluran pembuangan. Buka tutup tersebut dengan hati-hati untuk mengakses saluran pembuangan dengan mudah.

Letakkan wadah penampung

Letakkan wadah penampung
freepik.com/author/freepik

Siapkan wadah penampung yang cukup besar dan letakkan di bawah saluran pembuangan. Wadah ini akan menampung air yang akan dikeluarkan dari mesin cuci selama proses pengeluaran.

Buka saluran pembuangan

Buka saluran pembuangan
freepik.com/author/rawpixel-com

Dengan hati-hati, buka saluran pembuangan dan biarkan air mengalir ke dalam wadah penampung. Pastikan wadah penampung diposisikan dengan baik agar dapat menampung semua air yang keluar dari mesin cuci.

Tunggu proses pengeluaran air selesai

freepik.com/author/atlascompany

Biarkan air mengalir hingga nggak ada lagi air yang keluar dari mesin cuci. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada seberapa banyak air yang masih tertinggal di dalam mesin.

Tutup saluran pembuangan

Tutup saluran pembuangan
freepik.com/author/lifestylememory

Setelah semua air telah keluar, tutup kembali saluran pembuangan dengan hati-hati untuk mencegah kebocoran atau masalah lainnya.

Tutup pintu mesin cuci

freepik.com/author/kamranaydinov

Terakhir, tutup kembali pintu mesin cuci dengan rapat untuk menghindari masuknya debu atau kotoran ke dalam mesin cuci. Pastikan pintu tertutup dengan baik sebelum kamu menghidupkan mesin cuci kembali.


Baca juga: 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti dan hati-hati, kamu dapat dengan mudah mengeluarkan air dari dalam mesin cuci dengan aman dan efisien. Kalau misalnya sudah banyak ditemukan kerusakan pada mesin cuci LG mu, kamu bisa beli baru di Blibli Elektronik Cicilan 0%. Program ini menawarkan kredit 0% menggunakan kartu kredit tertentu ketika membeli peralatan elektronik.

Segera ke Blibli untuk beli mesin cuci LG selama program Blibli Elektronik Cicilan 0%. Semua peralatan elektronik termasuk merk LG ada di sana!