me

7 Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Secara Mandiri Tanpa Harus Ke Tukang Service!

Jun 18, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Inilah 7 cara memperbaiki laptop mati total secara mandiri tanpa harus ke tukang service!

Cicilan 0% Gadget

Laptop adalah salah satu peralatan elektronik yang rentan mengalami kerusakan apabila salah dalam pemakaian dan perawatannya. Tentunya bukan hal menyenangkan jika laptop yang biasa kamu gunakan mengalami mati total. Selain menghambat aktivitas, memperbaiki laptop yang mati total ke tukang service pastinya membutuhkan biaya yang nggak sedikit.

Apa yang menyebabkan laptop mati total? Banyak hal yang bisa menjadi penyebab laptop mati total, salah satunya adalah kondisi komponen hardware yang panas. Selain itu, kondisi kesehatan baterai yang menurun dan penyimpanan yang terlalu penuh juga bisa menjadi penyebab laptop mati total. Lalu, bagaimana caranya menghidupkan laptop yang mati total? Yuk, simak caranya di bawah ini!

Baca juga:


Melalui Power Reset

Melalui Power Reset
freepik.com/author/user18055369

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki laptop yang mati total yaitu dengan melalui power reset. Langkah pertama yaitu dengan memutuskan semua sumber listrik yang terdapat pada laptop. Kamu bisa melepas alat pengisi daya dan baterai laptop untuk memutus sumber aliran listrik. Selanjutnya, tekan tombol “power” selama 30 detik.

Menekan tombol power selama 30 detik agar listrik yang masih tersisa di dalam laptop benar-benar tidak habis. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan memasang baterai dan alat pengisi daya dan coba hidupkan laptop seperti biasanya. Apabila cara ini berhasil, maka laptop tersebut sudah bisa kamu gunakan seperti sedia kala.

Melalui Hard Reset

Melalui Hard Reset
freepik.com/author/jcomp

Terkadang kamu akan menemui laptop mati total tapi lampu power masih hidup meskipun telah menekan tombol power. Untuk memperbaiki laptop mati total yang seperti ini maka kamu bisa mengatasinya dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Coba untuk melakukan hard reset dengan cara mencabut adaptor AC pada laptop. Setelah itu, kamu dapat menekan dan menahan tombol power selama 20 detik. Selanjutnya kamu dapat mengembalikan boot dan komponen semuanya seperti kondisi yang semula.
  • Lepaskanlah baterai laptop sehingga kamu hanya menyalakannya hanya dengan menggunakan adaptor. Lalu, nyalakan kembali laptop yang mati total tersebut. Apabila laptop masih dalam kondisi mati dan nggak mau menyala maka kamu bisa mencoba mengganti adaptornya. Usahakan untuk menggunakan adaptor yang memiliki tegangan sama.
  • Selanjutnya, kamu dapat melepaskan RAM kemudian periksa yang menjadi penyebab laptop mati total. Setelah itu, kamu dapat memasang RAM kembali seperti semula dan coba untuk hidupkan kembali laptop seperti biasanya.
  • Masukkan port HDMI atau port VGA laptop pada monitor eksternal. Apabila layar eksternal tersebut telah menyala, itu berarti bahwa penyebab laptop mati total karena layarnya yang bermasalah.

Menggunakan Kipas untuk Mendinginkan Laptop

freepik.com/author/sorindarii

Mungkin kamu sering bingung apa yang harus dilakukan ketika laptop mati total? Cara yang satu ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang mati total yaitu dengan mendinginkannnya. Kondisi laptop yang terlalu panas juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop mati total. Biasanya, sebuah laptop telah dilengkapi dengan fitur fail safe sehingga akan mati dengan sendirinya saat kondisinya terlalu panas.

Cara yang paling efektif adalah menggunakan kipas untuk mendinginkan laptop. Kipas tersebut akan bekerja secara maksimal ketika laptop mulai mati total. Untuk itulah, kamu harus rutin membersihkan ventilasi agar tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi udara masuk. Namun, apabila kipas pada laptop kamu nggak bisa bekerja dengan maksimal maka harus segera membawanya ke service center.

Mengecek Kondisi Kesehatan Baterai

Mengecek Kondisi Kesehatan Baterai
youtube.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki laptop mati total adalah dengan mengecek kondisi kesehatan baterai. Laptop yang mati total karena kondisi kesehatan baterainya yang menurun ditandai dengan kemampuannya yang nggak bisa bertahan lama atau menurun secara tiba-tiba. Jika hal ini adalah penyebab utamanya maka kamu harus segera menggantinya dengan laptop yang baru.

Kerusakan pada baterai laptop sendiri juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kondisi kabel yang rusak. Untuk itulah, kamu harus memeriksa kemungkinan kabel yang rusak atau sambungan yang sudah mulai melonggar. Jika hal ini terjadi maka kamu harus segera mengatasinya dengan mengganti kabel yang baru atau memperbaikinya.

Memperbaharui Windows dan Drivers

Memperbaharui Windows dan Drivers
freepik.com/author/user36745834

Cara yang paling efektif untuk mengatasi laptop yang mati total yaitu memperbarui windows dan driver. Biasanya, OS yang tertinggal di dalam laptop akan membuatnya mati secara mendadak atau mati total. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperharui Windows dengan Device Manager atau pengelola perangkat, yaitu:

  • Klik kanan tepat di menu start kemudian pilih device manager
  • Kamu bisa memperluas setiap bagian perangkat keras seperti adaptor layar, baterai dan monitor
  • Klik kanan pada komponen dan pilih perbaharui driver
  • Pilih opsi periksa driver secara otomatis pada bagian pop up windows yang mengikuti

Matikan Startup

freepik.com/author/freepik

Kamu bisa juga bisa memperbaiki laptop yang mati total dengan mematikan startup. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, perlu kamu ingat bahwa jika kamu memilih cara ini untuk memperbaiki laptop yang mati total maka jangan sampai ada satu langkahpun yang terlewati. Nah, beberapa langkah untuk mematikan startup yaitu:

  • Bukalah Control Panel melalui kotak pencarian
  • Pilihlah opsi Power Option kemudian bukalah. Apabila kamu tidak menemukannya, klik tombol panah yang terletak pada sebelah Control Panel kemudian pilih All control Panel Items.
  • Selanjutnya, pilih “Choose What The Power Buttons Do” atau bisa juga memilih “Pilih apa yang dilakukan tombol daya”
  • Pilih “change setting that are currently unavailable” atau “ ubah pengaturan yang tidak tersedia saat ini”
  • Kemudian hapus centang pada startup, lanjutkan dengan pilih simpan perubahan

Memeriksa Kondisi Adaptor

Memeriksa Kondisi Adaptor
youtube.com

Laptop yang mati total juga bisa disebabkan oleh kondisi adaptor yang bermasalah sehingga nggak bisa mengisi dengan daya dengan baik. Untuk mengetahui apakah adaptor laptop kamu sedang bermasalah atau tidak maka bisa mengeceknya dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Pasang baterai dan adaptor laptop dengan tepat kemudian nyalakan laptop
  • Apabila laptop masih nggak mau menyala, kamu bisa mencoba menggantinya dengan baterai atau adaptor lain yang kondisinya baik
  • Apabila laptop masih nggak mau menyala, kamu bisa mencoba untuk memindahkan charger pada stop kontak maupun lubang colokkan yang lainnya.

Baca juga

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki laptop yang mati total secara mandiri. Namun, apabila dari semua cara di atas tidak berhasil membuat laptop kamu hidup kembali maka sudah saatnya untuk beralih ke laptop yang baru. Kamu bisa mengunjungi Blibli untuk melihat berbagai koleksi laptop, komputer & gaming dengan berbagai tipe yang terbaru.