me

6 Cara Memperbaiki Kursor Laptop ASUS yang Tidak Bergerak, Mudah dan Nggak Ribet!

Jul 17, 2024.By Jarvis
Bagikan

asus.com
Atasi kursor laptop ASUS yang nggak bergerak dengan benar!

Cicilan 0% Gadget

Pernah nggak sih kamu lagi kerja atau main game di laptop ASUS mu, tiba-tiba kursornya nggak mau gerak? Jika kursor laptop ASUS mu nggak bergerak, jangan panik dulu. Cek dan coba atasi eror tersebut. Ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk memperbaikinya. Berikut adalah lima cara yang bisa kamu lakukan!

Baca juga:


Periksa Touchpad 

Periksa Touchpad
asus.com

Salah satu langkah pertama yang dapat kamu lakukan ketika kursor laptop ASUS nggak bergerak adalah memeriksa touchpad. Beberapa model laptop ASUS dilengkapi dengan tombol fungsi khusus yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad. Fungsi ini sangat berguna untuk menghindari sentuhan yang nggak diinginkan saat mengetik, namun juga bisa menjadi penyebab touchpad nggak berfungsi.

Untuk mengaktifkan kembali touchpad, cobalah tekan tombol “Fn” di bagian bawah keyboard, bersamaan dengan tombol fungsi yang memiliki ikon touchpad. Pada beberapa model ASUS, tombol ini bisa berupa F7, F9, atau bahkan F6. 

Ikon tersebut biasanya menggambarkan sebuah touchpad dengan garis diagonal melaluinya atau gambar touchpad itu sendiri. Dengan menekan kombinasi tombol ini, kamu dapat dengan cepat mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad.

Ketika kamu menekan kombinasi tombol tersebut, perhatikan apakah ada indikator visual di layar yang menunjukkan status touchpad. Biasanya, layar akan menampilkan ikon touchpad dengan tanda silang atau pemberitahuan bahwa touchpad telah diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika indikator ini muncul, kamu bisa memastikan bahwa permasalahan terletak pada pengaturan fungsi touchpad.

Periksa Kunci Fungsi 

Periksa Kunci Fungsi
freepik.com/author/freepik

Jika touchpad masih nggak berfungsi setelah menggunakan tombol fungsi, kamu mungkin perlu memeriksa pengaturan BIOS. Restart laptop dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol yang sesuai (biasanya F2, Del, atau Esc saat booting). Di dalam BIOS, cari pengaturan perangkat input atau touchpad, dan pastikan touchpad diatur ke “Enabled” atau “Diaktifkan”. 

Pengaturan di BIOS kadang-kadang dapat berubah setelah pembaruan sistem atau reset BIOS, sehingga penting untuk memeriksa apakah touchpad diaktifkan dari level perangkat keras. Selain itu, pastikan nggak ada perangkat eksternal seperti mouse USB yang terhubung dan mungkin mengganggu fungsi touchpad. Cobalah mencabut semua perangkat USB dan lihat apakah touchpad kembali berfungsi.

Restart Laptop

freepik.com/author/88studio

Seringkali, masalah sederhana dapat diatasi dengan me-restart laptop. Restarting dapat memperbaiki glitch atau gangguan sementara dalam sistem operasi yang mungkin mempengaruhi touchpad. Proses ini memberikan kesempatan bagi sistem untuk menginisialisasi ulang perangkat keras dan perangkat lunak, yang sering kali mengatasi berbagai masalah kecil yang mungkin muncul selama penggunaan normal.

Setiap kali komputer dihidupkan ulang, sistem operasi melakukan serangkaian tes dan inisialisasi perangkat keras yang dapat menyegarkan koneksi antara sistem dan perangkat input, seperti touchpad. Glitch atau konflik perangkat lunak yang terjadi selama penggunaan biasa dapat diselesaikan dengan langkah sederhana ini. 

Selain itu, restart laptop juga dapat membantu membersihkan memori sementara yang mungkin penuh atau terganggu oleh proses yang berjalan. Memori yang penuh atau konflik antara proses yang berjalan bisa menjadi penyebab touchpad berhenti merespons. Dengan memulai ulang, kamu memastikan bahwa semua proses dimulai dari awal, memungkinkan touchpad untuk berfungsi kembali dengan normal.

Periksa Pengaturan Touchpad

Periksa Pengaturan Touchpad
freepik.com/author/freepik

Memeriksa pengaturan touchpad di sistem operasi adalah langkah penting berikutnya jika touchpad laptop ASUS mu masih nggak berfungsi. Setiap versi Windows memiliki cara yang sedikit berbeda untuk mengakses pengaturan ini, jadi penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat sesuai dengan versi Windows yang kamu gunakan.

Untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11, kamu dapat mengikuti langkah-langkah pertama yaitu buka Pengaturan. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik ikon roda gigi di menu Start atau dengan menekan kombinasi tombol Windows. Pilih Perangkat dan kamu akan melihat berbagai opsi terkait perangkat yang terhubung ke laptop ASUS mu.

Pilih Touchpad dari daftar di sisi kiri jendela. Di sini, kamu akan melihat pengaturan touchpad. Pastikan bahwa touchpad diaktifkan. Ada sebuah switch atau kotak centang yang menunjukkan status touchpad. Jika dalam posisi mati, geser switch atau centang kotak untuk mengaktifkannya.

Bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8, langkah-langkahnya sedikit berbeda. Pertama, buka Control Panel, pilih Mouse untuk membuka jendela pengaturan mouse, yang mencakup touchpad. Dalam jendela pengaturan mouse, cari tab atau opsi yang berhubungan dengan touchpad. Pastika touchpad diaktifkan. 

Perbarui atau Instal Ulang Driver Touchpad

Perbarui atau Instal Ulang Driver Touchpad
v

Jika touchpad laptop ASUS mu nggak berfungsi, salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan adalah memperbarui atau menginstal ulang driver touchpad. Driver yang nggak kompatibel atau usang sering kali menjadi penyebab utama masalah ini. 

Cara memperbarui driver bisa dimulai dengan membuka Device Manager dengan mengetik “Device Manager” di kolom pencarian pada menu Start dan memilih aplikasi yang muncul. Dalam jendela Device Manager, cari kategori ini untuk menemukan perangkat touchpadmu. Ini akan membuka jendela pembaruan driver. Windows akan mencari driver terbaru secara online dan menginstalnya jika ditemukan.

Untuk menginstal ulang driver, sama seperti langkah pertama dalam memperbarui driver, buka Device Manager dari menu Start. Di bawah kategori “Mice and other pointing devices”, temukan perangkat touchpad laptop ASUS mu. Konfirmasi bahwa kamu ingin mencopot pemasangan driver. Ini akan menghapus driver touchpad dari sistemmu.

Setelah restart, Windows akan secara otomatis mendeteksi touchpad sebagai perangkat baru dan menginstal driver default yang sesuai. Memperbarui driver touchpad memastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru dari driver yang dirancang untuk perangkat mu. Driver terbaru biasanya mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang mungkin nggak ada pada versi sebelumnya. 

Gunakan Perangkat Eksternal dan Cek Virus/Malware

Gunakan Perangkat Eksternal dan Cek Virus-Malware
freepik.com/author/freepik

Jika touchpad masih nggak berfungsi, cobalah menggunakan mouse eksternal. Jika mouse eksternal bekerja dengan baik, ini bisa menunjukkan masalah khusus pada touchpad. Lalu, cek juga virus pada laptop ASUS mu karena terkadang malware dapat menyebabkan masalah perangkat keras. Jalankan pemindaian sistem antivirus terpercaya untuk memastikan nggak ada infeksi yang mengganggu touchpad.

Jika setelah mencoba semua langkah di atas masalah tetap berlanjut, mungkin ada masalah perangkat keras dengan touchpad itu sendiri, dan mungkin perlu diperiksa oleh teknisi profesional atau dibawa ke pusat layanan resmi ASUS.


Baca juga

Demikian tips dan cara yang bisa kamu aplikasikan jika ada masalah pada kursor di laptop ASUS mu. Jika kursornya nggak bisa diselamatkan lagi dan harus beli laptop ASUS baru, langsung ke Blibli aja! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki laptop ASUS terbaik dengan berbagai keunggulan teknologi dan performa di Blibli! Pokoknya soal komputer & gaming serahkan ke Blibli aja!