me

7 Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Mati Total, Wajib Simak!

Feb 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/grustock
Nggak perlu panggil tukang servis! Ikuti panduan ini untuk memperbaiki kipas angin yang mati total.

Cicilan 0% KAM

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, kipas angin juga bisa mengalami kerusakan jika nggak dirawat atau digunakan dengan benar. Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada kipas angin adalah mati total. Lalu, kenapa kipas angin tiba tiba mati sendiri? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kabel yang putus, saklar yang rusak, hingga kipas yang mengalami overheat.

Jika kipas anginmu pernah mengalami kondisi kerusakan tersebut, sebenarnya kamu nggak perlu panik karena ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba lakukan sendiri untuk memperbaiki kipas angin yang mati total tanpa harus memanggil tukang service. Ingin tahu caranya seperti apa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA :


Periksa Kabel dan Aliran Listrik

Periksa Kabel dan Aliran Listrik
freepik.com/fongbeerredhot

Memeriksa semua bagian kabel dan aliran listrik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan saat kipas anginmu mati total. Pastikan kabel listrik kipas terhubung ke sumber listrik yang berfungsi dengan baik. Cobalah untuk memasukkan kabel ke soket yang berbeda atau mencoba kabel tersebut dengan peralatan lain untuk memastikan nggak ada masalah pada kabel itu sendiri. 

Selain itu, periksa juga bagian saklar pada kipas angin. Jika saklar terlihat rusak segera ganti dengan yang baru untuk memastikan kipas bisa dihidupkan dengan normal. Selain itu, periksa juga kondisi sumber listrik yang digunakan. Terlalu rendah atau terlalu tinggi tegangan listrik bisa menyebabkan kipas nggak berfungsi dengan baik atau bahkan mati total. 

Jika memungkinkan, gunakan alat pengukur tegangan listrik untuk memastikan tegangan yang diterima oleh kipas sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan memeriksa semua bagian kabel dan aliran listrik dengan seksama, kamu bisa mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dan mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Periksa Kondisi Kapasitor

eriksa Kondisi Kapasitor
facebook.com/GarMie.GabGaV26302203

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kipas angin yang mati total adalah dengan memeriksa kondisi kapasitor. Kapasitor pada kipas angin berfungsi untuk membantu motor memulai putaran dan menjaga putaran kipas tetap stabil. Jika kapasitor rusak atau nggak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kipas angin mati total.

Untuk memeriksa kondisi kapasitor, langkah pertama adalah matikan kipas dan melepaskan kabel listrik dari soket. Kemudian, buka bagian casing atau penutup yang melindungi kapasitor. Periksa apakah kapasitor terlihat bengkak, berwarna hitam, atau terdapat tanda-tanda kerusakan lainnya. Jika kapasitor terlihat rusak, segera ganti dengan yang baru sesuai spesifikasinya.

Pastikan untuk menghubungkan kembali kabel dengan benar setelah mengganti kapasitor. Jika setelah mengganti kapasitor kipas masih nggak berfungsi, ada kemungkinan masalah yang lebih kompleks yang perlu ditangani oleh teknisi ahli.

Periksa Bagian Sekring 

Periksa Bagian Sekring
youtube.com

Langkah ketiga periksalah bagian sekring. Sekring pada kipas angin berfungsi untuk melindungi komponen-komponen elektronik di dalamnya dari lonjakan arus yang berlebihan. Jika sekring rusak atau putus, menyebabkan kipas angin nggak akan berfungsi sama sekali. Untuk memeriksa sekring, pastikan kipas angin dalam keadaan mati dan lepas kabelnya dari soket.

Kemudian, buka casing atau penutup yang melindungi sekring dengan hati-hati. Periksa sekring untuk melihat apakah terlihat putus atau terbakar. Jika sekring rusak, gantilah dengan sekring yang memiliki rating yang sama atau sesuai dengan spesifikasi kipas anginmu. Setelah mengganti sekring, pasang kembali casing atau penutup yang telah dilepas dan sambungkan kipas angin ke soket.

Cobalah nyalakan kipas angin untuk melihat apakah telah berfungsi dengan normal. Jika setelah mengganti sekring, kipas angin masih nggak berfungsi, kemungkinan terdapat masalah lain yang perlu diperiksa oleh teknisi ahli.

Periksa Motor Kipas

Periksa Motor Kipas
facebook.com/GarMie.GabGaV26302203

Setelah memeriksa sekring dan kapasitor, namun kipas angin masih mati total, langkah selanjutnya adalah memeriksa motor kipas. Motor kipas adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menghasilkan putaran pada kipas angin. Jika motor mengalami kerusakan atau mati, tentunya kipas angin nggak akan berputar sama sekali.

Untuk memeriksa motor kipas, pertama-tama pastikan kipas angin dalam keadaan nggak sedang digunakan. Lepaskan kipas angin dari dudukannya atau bongkar casingnya agar motor terlihat. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan pada motor, seperti kabel yang putus, bau terbakar, atau bagian-bagian motor yang terlihat rusak. 

Namun, jika motor terlihat dalam kondisi baik, namun kipas masih mati total, gunakan multimeter untuk mengukur arus listrik yang diterima oleh motor. Jika multimeter menunjukkan bahwa motor menerima arus listrik, tetapi nggak menghasilkan putaran, kemungkinan besar motor mengalami kerusakan dan disarankan untuk membawa kipas angin ke tukang servis untuk diperiksa lebih lanjut.

Periksa Bagian Bearing

Periksa Bagian Bearing
facebook.com/GarMie.GabGaV26302203

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, kipas angin yang mati total juga bisa disebabkan oleh kondisi bearing yang terlalu panas atau aus atau timbul suara getaran dari kipas. Bearing pada kipas angin berfungsi untuk menyediakan roda gigi untuk membantu kinerja motor. Untuk memeriksa kondisi bearing, Sentuh bagian bearing dengan ujung jari.

Hal ini bertujuan untuk merasakan apakah bearing terasa panas atau nggak. Jika bearing terasa panas, kemungkinan besar telah aus dan perlu diganti. Perhatikan juga apakah terdapat suara berisik atau gesekan yang nggak normal saat kipas berputar. Amati apakah kipas anginmu berputar dengan lancar atau terasa berat saat berputar.

Jika telah dilakukan penggantian bearing, lakukan uji coba dengan menyalakan kembali kipas anginmu untuk melihat apakah telah berputar dengan lancar. Jika kipas masih nggak berfungsi, ada kemungkinan masalah lain.

Berikan Pelumas Mesin

Berikan Pelumas Mesin
storables.com

Sementar itu, jika bearing menggunakan pelumas, periksa apakah terdapat tanda-tanda kebocoran pelumas. Kebocoran pelumas bisa mengakibatkan ausnya bearing dan mengganggu putaran kipas. Pemulas mesin adalah zat yang digunakan untuk melumasi dan melindungi komponen-komponen mesin agar tetap berfungsi dengan baik. 

Untuk mengaplikasikan pelumas, buka casing kipas angin dan bersihkan bearing dari debu atau kotoran dengan hati-hati. Gunakan pelumas dengan spuit atau aplikator khusus untuk mengaplikasikan pelumas pada bearing dan jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan pelumas. Setelah itu, pasang kembali casingnya dan nyalakan kipas angin untuk memastikan bahwa bearing berfungsi kembali.

Menjaga Kebersihan Kipas

Menjaga Kebersihan Kipas
electrorecycle.ca

Penyebab lain yang bisa membuat kipas angin mati total yaitu akibat adanya kotoran atau debu yang menumpuk di dalam motor atau komponen lainnya. Debu dan kotoran yang menumpuk bisa menghambat putaran kipas atau bahkan menyebabkan korsleting listrik. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kipas angin secara berkala sangat diperlukan untuk mencegah masalah ini terjadi.

Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana, seperti membersihkan bagian luar kipas dengan lap atau kuas untuk menghilangkan debu yang menempel. Selain itu, bukalah casing kipas angin dan bersihkan bagian dalamnya dengan hati-hati menggunakan kuas untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk di dalamnya.


BACA JUGA :

Itulah, sekilas cara-cara memperbaiki kipas angin yang mati total. Namun, jika cara-cara di atas belum membuahkan hasil, alternatif lainnya adalah kamu harus membeli kipas angin yang baru. Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa berbelanja di Blibli saja. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan peralatan elektronik termasuk kipas angin yang berkualitas. Jangan lupa cek Blibli ya!