me

Anti Ribet, Ini Dia Cara Memperbaiki Baterai HP yang Rusak

Oct 02, 2022.By Jarvis
Bagikan
Foto: Sumber Image

Pemakaian handphone udah jadi kebutuhan banyak orang di masa kini. Di dalam handphone juga ada baterai yang punya peran penting dalam pemakaian gadget satu ini. sayangnya, baterai ini juga bisa mengalami kerusakan karena alasan tertentu. Maka dari itu, kamu bisa menerapkan cara memperbaiki baterai HP yang rusak supaya masalah pun teratasi.

Baca juga:


Cara Memperbaiki Baterai HP yang Rusak

Baterai handphone punyamu lagi rusak? Nggak usah panik. Ada beberapa cara memperbaiki baterai HP yang rusak. Beberapa langkah yang kamu bisa lakukan juga gampang banget, seperti di bawah ini.

Aktifkan mode power saving

Kalau baterai gawaimu rusak gara-gara gampang ngedrop, cara memperbaikinya bisa kamu lakukan dengan mengaktifkan mode power saving atau hemat daya. Kamu nggak perlu meng-install aplikasi tertentu, soalnya gawai zaman sekarang udah dilengkapi dengan fitur yang satu ini. dengan mengaktifkan mode ini, jadi baterai gawaimu pun nggak bakal gampang habis.

Hal seperti ini bisa terjadi soalnya mode power saving secara otomatis bakal menurunkan kecepatan prosesor dan kecerahan layar. Jadi, tugas gawaimu jadi lebih ringan dan membuat baterai nggak gampang habis. Kamu juga bisa menerapkannya sebagai cara memperbaiki baterai HP yang rusak gara-gara terjadi kebocoran.

Lakukan kalibrasi

Ternyata, untuk memperbaiki baterai handphone yang rusak, kamu bisa melakukan kalibrasi. Ada 2 cara kalibrasi yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan cara manual maupun melakukan root. Kalau mau melakukan root, maka kamu bisa datang ke konter handphone maupun meminta bantuan yang udah berpengalaman untuk melakukannya.

Sementara itu, kalau mau pakai cara manual, kamu bisa coba dengan gampang banget. Tapi sebelum itu, pastikan gawaimu bisa di-charge. Nah, setelah itu, lakukan beberapa langkah di bawah ini!

  • Isi daya baterai gawaimu sampai 100 persen dalam keadaan menyala. Setelah daya baterai terisi penuh, matikan gawai.
  • Dalam keadaan mati, charge lagi gawaimu sekitar 1 sampai 2 jam. Jangan nyalaman gawai dalam jangka waktu itu.
  • Nyalakan kembali gawaimu dalam keadaan charger masih terpasang. Pada waktu ini, baterai handphone ada dalam keadaan penuh.
  • Kalau gawai udah menyala, maka cabut kabel chareger dan pakai handphone sampai baterainya betul-betul habis.
  • Setelah gawai mati total akibat kehabisan baterai, diamkan 15 menit dan jangan melakukan charging dulu.
  • Setelah didiamkan selaa 15 menit, isi lagi baterai gawaimu dalam kondisi mati.
  • Tunggu baterai terisi sampai 100 persen dan nyalakan tanpa harus mencabut kabel charger.
  • Setelah itu, kamu udah bisa memakai gawai seperti biasa. Jangan lupa melakukan charging sebelum baterainya betul-betul habis.

Kurangi tingkat kecerahan layar

Berikutnya, supaya kamu bisa memperbaiki baterai handphone yang rusak, coba aja kurangi tingkat kecerahan layar. Pasalnya, tingkat kecerahan layar ternyata berpengaruh banget terhadap konsumsi baterai. Kalau kamu terbiasa memakai gawai yang tingkat kecerahannya tinggi, coba untuk menurunkannya supaya baterai nggak mengeluarkan banyak energi yang menjadikannya gampang drop.

Cara ini bisa banget kamu lakukan di semua gawai. Nggak terkecuali, gawai yang memakai baterai Somostel BL 42AX untuk Infonix Note 4 X572. Harganya Rp 75 ribuan aja. Kapasitasnya 4800 mAh dengan double IC. Voltasenya 3,85 Volt dan limit voltasenya 3,4 Volt.

Hindari memakai gawai saat mengisi daya baterai

Ternyata, memakai gawai pada saat lagi mengisi daya baterai jadi kebiasaan buruk banyak pemakainya, lho! hal ini bisa menjadikan baterai handphone cepat rusak dan nggak jarang yang bingung buat memperbaikinya. Nah, apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Kalau kamu mengalami hal ini, maka atasi dengan cara menghentikan kebiasaan kurang baik ini. cara ini gampang dan bisa membantu kamu mengatasi masalah baterai handphone yang rusak. Kalau melakukannya sesekali, kamu nggak bakal ngerasain dampaknya. Tapi, kalau kamu ngelakuin hal ini secara rutin, maka dampaknya bakal kerasa dan memberi pengaruh yang besar pada baterai gawaimu.

Aktifkan pengaturan baterai

Kamu bisa mengaktifkan pengaturan baterai di gawaimu. Hal ini juga berguna buat tahu besaran daya yang terpakai. Pastikan juga untuk nggak mengaktifkan semua notifikasi masuk ke gawaimu. Kamu bisa menyortir jenis pemberitahuan apa aja yang diperlukan, jadi hal ini nggak bikin daya baterai gawaimu terkuras habis.

Atur aplikasi di gawaimu

Ternyata baterai bisa cepat panas atau drop gara-gara banyak aplikasi di dalam gawai yang berjalan. Hal ini juga lama-lama bisa bikin baterai handphone gampang rusak. Nggak cuma aplikasi yang kamu pakai, aplikasi yang lagi berjalan juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa baterai gawaimu cepat habis, padahal lagi nggak dipakai.

Supaya bisa mengatasi masalah ini, kamu bisa mematikan dulu beberapa aplikasi Google bawaan yang nggak dipakai. Kamu juga bisa rajin update aplikasi ke versi paling baru supaya lebih optimal. Di samping itu, hindari memakai banyak aplikasi di satu waktu yang bisa memberatkan tugas gawaimu.

Selain bisa mengatasi baterai handphone yang rusak, cara di atas juga bisa membantu kamu menghemat dayanya secara lebih maksimal. Jadi, coba mulai cek berbagai aplikasi bawaan Google yang bisa kamu matikan kalau emang nggak dipakai.

Menonaktifkan beberapa fitur

Ternyata, fitur seperti GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi yang selalu aktif bisa membuat daya baterai gawaimu terkuras dan cepat habis, lho! jadi, patikan untuk memakainya di waktu tertentu aja. Pastikan juga untuk memeriksa apa ada aplikasi yang memakai layanan lokasi atau enggak. Kalau ada, segera nonaktifkan dan nyalakan lagi pada waktu dibutuhkan.

Jaga level daya baterai gawai

Secara teoritis, ternyata ada baiknya kamu melakukan pengisian daya baterai handphone pada waktu angka penunjuk nggak kurang dari 30 persen. Kalau memungkinkan, isi daya baterai gawaimu sebelum di bawah 20 persen. Bahkan disarankan pengisiannya mulai dari 30 sampai 70 persen supaya bisa memperpanjang masa pakai baterainya.

Jaga suhu gawai supaya tetap dingin

Cara ini bisa kamu terrapin pada waktu gawai bisa menjadi terlalu panas. Terutama, pada waktu baterai gawaimu terisi penuh. Bateraimu lebih cepat habis pada waktu panas, bahkan pada waktu lagi nggak dipakai. Suhu gawai yang panas juga berpotensi merusak keadaan baterai. Jadi, pastikan untuk memakai seperlunya dan hindari pemakaian terlalu lama yang membuatnya gampang panas.


Baca juga: Kenalan dengan Spesifikasi Samsung S22 Dulu, Yuk!

Blibli Friends, itu dia cara memperbaiki baterai HP yang rusak. Kamu bisa coba cara yang paling efektif dan nyaman, jadi bakal makin gampang buat memperbaiki baterai HP yang rusak. Nah, jangan lupa juga buat beli baterai handphone terbaik tanpa ribet di Blibli. ada banyak pilihan produk ini yang udah dijual di sini. Kamu juga bisa dapetin promo dan bebas ongkir, jadi nggak perlu tekor buat membelinya.