Mainan merupakan salah satu sarana hiburan si kecil, apalagi aktivitas bermain amat penting bagi perkembangannya. Dengan bermain, si kecil dapat mengeksplorasi banyak hal yang berada dalam dirinya sendiri dan di dunia luar. Oleh sebab itu, moms perlu tahu cara memilih mainan yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan si kecil.

Yuk, kenalan dengan psikolog pendidikan, Kara Handali, M.Psi., yang bercita-cita membuat anak-anak Indonesia senang belajar dan mengembangkan kemampuan-kemampuan dalam diri mereka. Menurut Kara, begini cara memilih mainan si kecil yang sesuai usia dan tahap perkembangannya.

PILIH MAINAN SESUAI USIA SUPAYA SI KECIL DAPAT MEMAKSIMALKAN KEPINTARANNYA

1. Usia 0-2 tahun: bayi dan balita

memilih mainan
Via – Salty Canary

Si kecil yang berusia 0-2 tahun atau bayi dan balita perlu meningkatkan pengalaman sensorimotor, seperti penglihatan, pendengaran, dan gerakan. Moms dapat memilih mainan balok-balokan seperti Plan Toys Mosaic PT5623 Mainan Blok dan Puzzle atau boneka berbulu lembut seperti Nickelodeon Patrick Plush Boneka.

Kara juga menjelaskan memberikan mainan yang jenisnya sama terus-menerus nggak tepat. Untuk si kecil yang berusia 0-2 tahun, moms juga dapat memilih mainan buku cerita dengan musik seperti Cottage Door Press Bedtime Songs, squeeze ball, cermin-cerminan, atau bola plastik.

BERHENTI ASAL MEMILIH MAINAN, TEMUKAN MAINAN SESUAI USIA SI KECIL DI SINI

2. Usia 3-5 tahun: early childhood

memilih mainan
Via – Alternet

Moms bisa memilih mainan untuk si kecil yang berada pada tahap early childhood, yaitu usia 3-5 tahun. Pada tahap ini, kemampuan si kecil makin berkembang. Selain dengan penginderaan, si kecil juga dapat belajar melalui kata-kata, gambar, dan simbol.

Jadi, mainan seperti puzzle 12-20 pieces, Lego, Play-Doh, dan buku cerita dengan sedikit tulisan dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, moms juga dapat memberikan si kecil buku mewarnai beserta crayon, bahkan mainan masak-masakan.

BERMAIN ADALAH BELAJAR! PILIH MAINAN YANG TEPAT UNTUK SI KECIL

3. Usia 6-11 tahun: middle-late childhood

memilih mainan
Via – Schwinn Red

Pada tahap perkembangan ini, si kecil udah paham hubungan sebab-akibat berdasarkan logika, tapi masih membutuhkan contoh yang konkret. Jadi, moms perlu memilih mainan yang dapat membantu kemampuan berpikirnya berkembang.

Moms bisa upgrade kesulitan Lego dan puzzle dengan 50–100 lebih pieces. Moms juga bisa mulai mengajarkan si kecil bermain sepeda, bola basket atau bola sepak, Scrabble, mobil rakit, origami, boneka Barbie, action figures, bahkan buku cerita yang banyak tulisan seperti novel.

WUJUDKAN POTENSI SI KECIL MULAI DARI MAINAN YANG SESUAI UNTUKNYA


Menurut Kara, moms dan dads mesti memilih mainan yang menstimulasi perkembangan berpikir, motorik, sosial, dan emosional si kecil. Oleh karena itu, memilih mainan yang cocok dengan usia si kecil menjadi sangat penting.

Tapi, jangan jadikan mainan sebagai pereda tantrum atau memilih mainan sekadar karena sedang tren, ya. Sesuaikan mainan dengan preferensi dan minat si kecil. Jangan jadikan gawai sebagai solusi untuk si kecil karena untuk mengoperasikan gawai sesungguhnya nggak melatih kemampuan si kecil karena hanya perlu mengulangi gerakan monton. Yuk, langsung #BlibliSekarang mainan yang cocok untuk si kecil!

Kalau moms dan dads masih punya pertanyaan seputar memilih mainan atau perkembangan si kecil, kamu bisa mengikuti Kara di Instagram @karahandali atau ikuti akun @thejejakkaki dan @tigagenerasi untuk tips seputar psikologi dan edukasi si kecil. Moms juga bisa mengunjungi akun @littleseedpreschool kalau penasaran dengan tempat Kara berkarya sebagai Associate Psychologist!

YUK, SEDIAKAN KEBUTUHAN YANG SESUAI DENGAN SI KECIL!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY