The Big Start (TBS) adalah kompetisi pengusaha kreatif terbesar di Indonesia dengan total hadiah Rp1,1 milyar. Sejak pendaftaran Season 3 dibuka tahun ini, ribuan kontestan sudah siap menampilkan kemampuan bisnis terbaiknya. Tapi, bagaimana sih sebenarnya cara jitu untuk menenangkan kompetisi bisnis?

Ada baiknya kita ngobrol dengan pemenang TBS Season 1 dan 2, yaitu Arlin Chondro, founder dari Peek.me Naturals dan Kris Samuel, founder dari Uttara Indonesia. Simak di sini yuk hasil wawancaranya!

DAFTARKAN DIRIMU MENGIKUTI THE BIG START SEASON 3 DI SINI!

Pertama-tama, apa sih tantangan terbesar dalam mengikuti TBS?

Menurut Arlin Chondro, tantangan terbesar di TBS Season 1 adalah menyesuaikan diri dengan hal-hal yang nggak familiar. “Dulu saya belum mengerti tentang influencer, strategi beriklan, cara menciptakan branding. Nah, kalau kita mau belajar dan menyelesaikan tantangan tersebut, ini akan membawa kita semakin dekat untuk memenangkan kompetisi bisnis,” katanya.

Sementara menurut Kris, tantangan terbesar yang ia hadapi adalah harus sering berbicara di depan publik. “Saya sebenarnya suka berada di belakang layar. Tapi setelah mengikuti TBS, saya belajar untuk meningkatkan kemampuan saya, jadi bisa lebih baik lagi,” ungkap pria berkacamata ini.

Berbeda dari kompetisi lain, TBS sangat intensif dalam memberikan pelatihan pada para kontestannya. Nggak hanya berlomba, kontestan juga akan terus dibimbing dan diberikan tantangan baru untuk mengembangkan diri. Untuk bisa memenangkan kompetisi bisnis skala besar, tentunya setiap kontestan harus belajar dengan cepat dan bertekad untuk meningkatkan kemampuannya setiap hari!

Biar kamu ada bayangan, coba deh simak 3 tips penting ini yang bisa membawamu ke babak final!

SIAP JADI PEMENANG TBS BERIKUTNYA? DAFTAR DI SINI!

1. Jadilah diri sendiri

memenangkan kompetisi bisnis
Via – Youtube The Big Start Indonesia

Kunci pertama dalam memenangkan kompetisi bisnis adalah mengenali dan mengandalkan kekuatan diri sendiri. Kris melihat bahwa brand bisnis yang dibangun harus selaras dengan personal brand. “Justru sebuah brand bisa menjadi keren tergantung pada keunikan pemiliknya. Kalau sudah punya jati diri dan personal brand, bisnis otomatis akan lebih terarah dan kita punya tujuan yang lebih jelas,” kata Kris.

Arlin juga berbagi cerita berdasarkan pengalamannya di TBS Season 1, “Menurut saya, modal terpenting bagi seorang entrepreneur adalah trust atau kepercayaan, entah itu dari pelanggan, juri, atau sesama kompetitor kita. Bagaimana cara mendapatkan trust? Kita harus tulus dan menjadi diri sendiri.”

CEK PENDAFTARAN THE BIG START SEASON 3 DI SINI

2. Jangan malu untuk belajar

memenangkan kompetisi bisnis
Via – The Big Start Indonesia Youtube

Tips kedua untuk memenangkan kompetisi bisnis: harus rendah hati dan mau belajar. Baik Kris dan Arlin sama-sama mengakui hal ini. Menurut Arlin, sebagai pebisnis harus sering membuka wawasan baru, entah dengan mengikuti workshop, membaca buku, atau mengikuti kompetisi seperti TBS.

“Kita harus banyak menyerap pengetahuan baru. Syarat untuk bisa seperti itu adalah dengan menjadi rendah hati. Kita harus membuka diri dan berbagi wawasan dengan orang lain. Soalnya, kalau hanya mengandalkan diri sendiri, pasti hanya sedikit yang bisa kita capai,” kata wanita yang mendirikan Peek.me Naturals sejak tahun 2016 ini.

memenangkan kompetisi bisnis
Via – Youtube The Big Start Indonesia

Senada dengan Arlin, Kris mengungkapkan bahwa motivasi utamanya dalam mengikuti The Big Start Season 2 adalah untuk belajar hal baru dan mengembangkan networking. Pendiri outdoor gear Uttara ini mengatakan, “Lewat TBS, saya belajar berbagai macam kemampuan penting untuk mendukung bisnis, seperti strategi pemasaran, pentingnya perencanaan bisnis, dan administrasi keuangan. Jadi, sebisa mungkin gunakanlah kesempatan ini untuk belajar dan cari ilmu sebanyak-banyaknya.”

Kalau sudah memiliki ilmu yang tepat, pastinya kamu akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya ke dunia nyata. Yang pasti, sebagai pengusaha kreatif, kamu juga harus terus mengasah wawasan dan jangan mau terjebak di zona nyaman, ya!

MAU TAHU LEBIH LANJUT TENTANG TBS SEASON 3? CEK DI SINI!

3. Percaya pada brand yang telah dibangun

memenangkan kompetisi bisnis
Via – @peekme.naturals

 

Tips terakhir dari Arlin Chondro adalah kamu harus percaya pada brand dan produk yang dibangun dengan susah payah. Ia percaya bahwa jika seorang entrepreneur memiliki passion, maka itu akan menjadi bahan bakar agar selalu semangat dalam mengembangkan bisnis dan memenangkan kompetisi.

“Sebagai pemilik, kita harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa produk kita akan bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu, kita akan otomatis berusaha lebih keras dan pantang menyerah jika menghadapi tantangan,” kata Arlin dengan tegas.

SIAPKAN DIRIMU UNTUK MENJADI JUARA TBS SEASON 3


Gimana guys? Mudah-mudahan setelah membaca tips dari juara TBS Season 1 dan 2, kamu jadi makin semangat untuk memenangkan kompetisi bisnis dari Blibli.com ini, ya!

The Big Start Indonesia Season 3 pastinya akan tampil dengan tantangan yang lebih seru, juri yang hebat dan berpengalaman, serta banyak banget pengetahuan baru yang bisa kamu pelajari. Jadi, siapkan dirimu untuk mengikuti semua babaknya hingga akhir, ya!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAFTARKAN DIRIMU SEBELUM TERLAMBAT

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY