me

Cara Membuat Sabun Cuci Tangan Cair di Rumah Dijamin Nggak Ribet!

Dec 21, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

bcpp.org
Jaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan pakai sabun khusus cuci tangan!

Cara Membuat Sabun Cuci Tangan — Setelah melakukan aktivitas apapun baik di luar atau di dalam rumah, kamu wajib banget selalu cuci tangan agar kuman dan bakteri yang lengket di tangan hilang dan bersih. Memang banyak sabun cuci tangan yang dijual di luar sana, namun kalau kamu mau bereksperimen sendiri di rumah dengan mengetahui cara membuat sabun cuci tangan juga bisa. Ini dia cara membuat sabun cuci tangan sendiri di rumah:

Baca juga :


Pilih Bahan dan Alat yang Diperlukan

Cara Membuat Sabun Cuci Tangan
health.osu.edu

Pertama-tama, pastikan kamu memilih sabun dasar cair yang berkualitas baik. Pilihlah sabun dasar cair yang bebas dari bahan kimia keras dan ramah lingkungan. Kamu dapat menemukan berbagai jenis sabun dasar cair di pasaran, termasuk yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Jika kamu ingin menambahkan aroma alami pada sabun cuci tanganmu, pertimbangkan untuk menggunakan minyak esensial. Pilih minyak esensial yang sesuai dengan preferensimu dan memiliki sifat aromaterapi yang diinginkan. Contoh minyak esensial yang umum digunakan untuk sabun cuci tangan meliputi lavender, tea tree, peppermint, atau citrus.

Kamu juga harus punya pasokan air bersih untuk digunakan dalam pembuatan sabun cuci tangan. Air bersih dibutuhkan untuk mencampurkan sabun dasar cair dan bahan-bahan lainnya. Pastikan air yang kamu gunakan bersih dan bebas kontaminasi. Lalu, siapkan juga wadah tahan panas diperlukan untuk mencampur dan memanaskan bahan-bahan. Pilih wadah yang cukup besar dan tahan panas.

Gunakan pengaduk atau spatula kayu yang bersih dan tahan panas untuk mencampurkan bahan-bahan dengan merata. Pastikan alat ini bersih untuk menghindari kontaminasi. Penggunaan termometer adalah penting untuk memonitor suhu campuran. Pastikan suhu tetap dalam kisaran yang aman.

Tentukan Jumlah Bahan yang Dibutuhkan

bcpp.org

Tentukan jumlah bahan yang akan kamu gunakan, tergantung pada berapa banyak sabun yang ingin kamu buat. Kalau kamu mau bikin sabun cuci tangan cari dalam takaran cair, kamu bisa sediakan sekitar 250 ml sabun dasar cair. Sebagai tambahan, kamu bisa siapkan 10-20 tetes minyak esensial ke dalam campuranmu.

Kalau mau buat sabun cuci tangan cair yang berwarna, tentu kamu juga butuh pewarna. Jumlah tetesnya kamu bisa sesuaikan dengan seberapa pekat warna yang ingin kamu hasilkan. Terakhir, untuk airnya kamu bisa gunakan takaran 250 ml atau lebih karena kamu bisa sesuaikan dengan tingkat kekentalan sabun yang ingin kamu buat.

Pemanasan Sabun Dasar Cair

itnmalangnews.id

Pilih wadah tahan panas yang sesuai untuk proses pemanasan. Pastikan wadah tersebut cukup besar untuk menampung sabun dasar cair dan memiliki ketebalan yang cukup untuk mendistribusikan panas secara merata. Gunakan api sedang untuk memanaskan sabun. Api terlalu tinggi dapat menyebabkan sabun cepat mendidih atau membakar. Pilih intensitas api yang memadai untuk pemanasan perlahan.

Selama proses pemanasan, gunakan teknik pengadukan yang baik. Aduk secara teratur dan pastikan untuk menyentuh semua bagian wadah. Pantau suhu sabun dasar cair dengan menggunakan termometer. Pastikan suhu tetap dalam kisaran yang aman. Ini membantu menghindari overheat yang dapat merusak kualitas sabun.

Pastikan pengaduk yang kamu gunakan tahan panas dan aman untuk kontak dengan sabun. Pilih spatula atau pengaduk kayu yang nggak melepaskan zat berbahaya saat dipanaskan. Selama pemanasan, perhatikan warna dan konsistensi sabun. Pastikan nggak ada perubahan yang nggak diinginkan, dan pastikan sabun tetap cair tanpa gumpalan.

Tambahkan Minyak Esensial (Opsional)

lifestyle.kompas.com

Jika kamu ingin memberikan aroma pada sabun, tambahkan minyak esensial ke dalam campuran. Ketika menambahkan minyak esensial, pilih dengan bijak sesuai dengan preferensi aromamu. Minyak esensial yang umumnya digunakan untuk sabun cuci tangan meliputi lavender, tea tree, peppermint, eucalyptus, lemon, atau kombinasi beberapa jenis minyak untuk menciptakan aroma yang unik.

Tentukan jumlah tetes minyak esensial yang ingin kamu tambahkan. Jumlah ini dapat disesuaikan sesuai kekuatan aroma yang diinginkan. Untuk sabun cuci tangan cair dalam jumlah kecil, biasanya 10-20 tetes sudah mencukupi, namun sesuaikan sesuai preferensi pribadimu.

Campurkan Minyak dan Sabun

banaransoap.com

Pastikan minyak esensial yang kamu pilih aman untuk digunakan pada kulit. Beberapa minyak esensial mungkin perlu diencerkan atau dihindari bagi orang-orang dengan kulit sensitif. Selalu lakukan uji kecil pada kulit untuk memastikan nggak ada reaksi alergi.Tambahkan minyak esensial ke dalam campuran sabun dengan hati-hati dan tercampur secara merata untuk mendistribusikan aroma dengan konsisten.

Tambahkan Pewarna (Opsional)

banaransoap.com

Jika kamu ingin memberikan warna pada sabun, tambahkan pewarna makanan secukupnya. Saat menambahkan pewarna, pastikan untuk memilih pewarna makanan yang aman untuk digunakan pada kulit. Pewarna alami seperti ekstrak bit atau spirulina juga bisa menjadi pilihan ramah lingkungan.

Tambahkan pewarna makanan secukupnya sesuai dengan warna yang diinginkan. Mulailah dengan beberapa tetes dan tambahkan lebih banyak jika perlu. Pastikan untuk mencapai intensitas warna yang diinginkan tanpa overdo sehingga nggak mengubah tekstur sabun.

Sebelum menambahkan pewarna secara penuh, lakukan uji kecil pada sebagian kecil sabun. Ini membantu memastikan bahwa pewarna nggak menyebabkan perubahan yang nggak diinginkan dalam tekstur atau konsistensi sabun.

Pastikan pewarna yang kamu pilih nggak mudah lepas dari sabun dan dapat menempel dengan baik. Ini penting untuk mempertahankan estetika dan mencegah pewarna terlepas saat sabun digunakan.

Kontrol Suhu

caritahu.kontan.co.id

Pantau suhu campuran menggunakan termometer. Pastikan suhu nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk memastikan konsistensi dan keamanan sabun. Pastikan suhu campuran berada dalam kisaran suhu optimal sesuai dengan resep yang kamu ikuti. Suhu yang tepat membantu memastikan bahwa sabun membeku dengan benar dan mencapai konsistensi yang diinginkan.

Hindari pemanasan berlebih yang dapat menyebabkan sabun menjadi terlalu cair atau merubah sifat kimianya. Overheating juga dapat menghilangkan aroma minyak esensial yang telah ditambahkan sebelumnya.

Juga, hindari suhu yang terlalu rendah karena dapat memperlambat proses pengerasan sabun. Jika suhu terlalu rendah, sabun mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Jika diperlukan, kam dapat menyesuaikan suhu dengan metode pemanasan atau penyejukan yang tepat. Pastikan perubahan suhu dilakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk resep.

Tunggu hingga Mengental

cara membuat sabun cuci tangan
banaransoap.com

Biarkan campuran mengental dengan sendirinya setelah pencampuran selesai. Proses ini merupakan tahap kritis yang memastikan sabun mencapai konsistensi yang tepat untuk penggunaan. Amati campuran untuk melihat apakah sudah mencapai konsistensi yang diinginkan. Ini dapat dikenali dari kekentalan yang memadai sehingga sabun dapat dengan mudah dipompa atau disalurkan melalui dispenser.

Siapkan Botol Penyimpanan

cara membuat sabun cuci tangan
banaransoap.com

Sementara menunggu proses pengentalan, siapkan botol atau dispenser yang akan digunakan untuk menyimpan sabun cuci tangan cair. Pastikan bahwa botol tersebut bersih, kering, dan sesuai dengan kapasitas yang kamu butuhkan. Pastikan botol penyimpanan dalam keadaan bersih untuk mencegah kontaminasi sabun. Jika perlu, sterilkan botol dengan air panas atau disinfektan ringan.

Tuangkan dan Simpan

cara membuat sabun cuci tangan
idntimes.com

Setelah campuran mencapai konsistensi yang diinginkan, tuangkan sabun cuci tangan cair ke dalam botol penyimpanan. Pastikan untuk melakukan ini dengan hati-hati untuk menghindari tumpahan atau pemborosan. Pastikan botol atau dispenser ditutup rapat untuk mencegah kontaminasi dan menjaga kebersihan sabun. Penutup yang rapat juga membantu mencegah penguapan dan menjaga kekentalan.

Simpan botol penyimpanan sabun cuci tangan cair di tempat yang kering, sejuk, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Ini membantu mempertahankan kualitas dan keamanan produk.


Baca juga :

Yukk bikin sabun cuci tangan sendiri di rumah. Siapkan alat dan bahannya yang dijual di Blibli dan ikuti langkah-langkahnya dengan lengkap!