Cara Membuat Mesin Mobil Halus Kembali Seperti Baru

sumber: pixabay.com

Setiap mobil tentu memiliki suara mesin yang berbeda-beda, ada yang halus ada juga yang terkesan kasar. Mobil yang baru dibeli dan masih berusia beberapa bulan biasanya memiliki suara mesin yang cenderung lebih halus. Sebaliknya, suara mobil yang terkesan kasar atau bahkan berisik sering dialami oleh mobil yang berusia sudah cukup lama. Selain tak nyaman dikendarai, mesin mobil yang berisik juga akan mengganggu orang di sekitar kamu. Hal ini membuat banyak pengguna mobil ingin mencari cara menjaga mesin mobil agar tetap halus.

Suara mobil yang berubah menjadi kasar dan berisik sebaiknya nggak kamu sepelekan begitu saja. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, bisa membuat komponen mobil lainnya mengalami kerusakan yang lebih fatal. Kamu tentu nggak ingin mengalami hal tersebut, kan? Membuat mesin mobil kembali halus bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuat mesin mobil kembali halus.

______________________________________

  1. Gunakan Oli Berkualitas

    sumber: pixabay.com

Meski sepele, memilih oli secara sembarangan bukanlah keputusan yang tepat. Pasalnya, penggunaan oli yang sembarangan ini juga bisa menjadi salah satu pemicu mengapa suara mesin mobil yang tadinya lembut berubah menjadi kasar. Untuk itu, pastikan kamu lebih teliti lagi saat akan memilih oli yang tepat untuk mobil kamu. Perhatikan terlebih dahulu merk dan spesifikasi oli yang kamu beli. Sesuaikan juga spesifikasi oli tersebut dengan kebutuhan oli pada mesin mobil kamu.

  1. Pastikan Asupan Oli Terpenuhi

Meski sudah menggunakan oli dengan spesifikasi yang tepat, bukan berarti permasalahan suara mesin mobil kasar tak lagi kamu hadapi ke depannya. Pasalnya, suara mesin yang kasar juga bisa disebabkan oleh oli yang tak melumasi komponen mesin secara merata. Untuk itu, pastikan kamu memeriksa secara mendetail setiap komponen yang ada di mesin apakah sudah mendapatkan asupan oli yang cukup dan merata.

Di sisi lain, jangan lupa untuk juga selalu mengganti oli mesin mobil kamu secara rutin, ya. Malas mengganti oli juga bisa membuat suara mesin kendaraan kamu berubah menjadi kasar. Buat pengingat khusus, kapan kamu harus mengganti oli mobil, ya.

BELI KEBUTUHAN OLI MOBIL KAMU DI SINI

  1. Pastikan Kompresor AC Mobil Bersih

    sumber: pixabay.com

Saat suara mesin mobil mendadak berubah menjadi kasar, kamu bisa langsung mengecek kondisi kompresor AC mobil. Pasalnya, tumpukan kotoran pada kompresor AC juga bisa menjadi penyebab berubahnya suara mesin mobil. Jika kamu menemukan banyak kotoran saat melakukan pengecekan, segera bersihkan bagian kompresor AC mobil tersebut. Selain kotoran, oli kompresor AC yang habis juga bisa menjadi pemicu kasarnya suara mesin mobil kamu.

  1. Perhatikan Celah Katup Mesin

Selain oli dan kompresor AC, hal lainnya yang juga wajib kamu perhatikan yakni celah katup mesin. Suara mesin yang kasar juga bisa disebabkan oleh celah katup mesin yang terlalu rapat. Jika memang ini yang terjadi pada mobil kamu, segera lakukan penyetelan celah katup yang seharusnya. Pastikan celah katup mesin nggak terlalu rapat dan nggak terlalu lebar, ya. Pasalnya, celah katup yang lebat juga bisa menjadi penyebab suara mesin yang kasar.

______________________________________

Keempat cara yang telah disebutkan di atas bisa kamu praktekkan setiap kali suara mesin mobil berubah menjadi kasar. Jika keempat cara diatas nggak berhasil, tentu kamu perlu membawa mobil kamu ke bengkel. Biar nggak perlu antri, lakukan booking layanan service mobil melalui Blibli, ya Friends!

CEK TOKO OTOMOTIF ONLINE DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY