me

Cara Membersihkan Lemari Es, Simak di Sini!

Jan 04, 2022.By Jarvis
Bagikan

Image source: www.tasteofhome.com

Cara membersihkan lemari es sebenarnya bukanlah hal yang susah dan nggak butuh waktu yang lama. Sayangnya, aktivitas pembersihan kulkas ini sering terabaikan karena dianggap nggak penting. Padahal rajin membersihkan kulkas dapat membuatnya lebih rapi, bersih, dan baunya lebih segar.

Tahukah kamu, membersihkan mesin kulkas akan membantu memperpanjang masa pakainya. Jadi, kamu perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap komponen kulkas setidaknya selama 3-4 bulan sekali.

BACA JUGA: Inilah Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp 1 Pintu, Simak Yuk!

___________________________________________________________

Begini Cara Mudah Membersihkan Lemari Es

Selain membuatnya terlihat lebih bersih, membersihkan kulkas juga bisa mengurangi bakteri yang ada di dalamnya. Lalu, gimana cara membersihkan lemari es yang benar? Adapun cara mudah dalam Langsung saja berikut ini beberapa caranya.

  1. Kosongkan Kulkas

Aqua AQR D181 Kulkas 1 Pintu JABODETABEK

Langkah pertama dalam membersihkan lemari es adalah mengosongkannya atau mengeluarkan semua isi yang ada di dalamnya. Lagi pula, pasti kamu nggak mungkin bisa membersihkan kulkas kalau di dalamnya masih ada bahan makanan. Biar lebih mudah, sebelum mengeluarkan semua isinya, matikanlah kulkas terlebih dahulu.

Untuk bahan-bahan yang ada di freezer bisa dipindahkan ke dalam kantong yang terisolasi supaya tetap dingin. Lalu singkirkanlah semua makanan yang sudah lama. Buang produk-produk yang sudah terlewat tanggal kadaluwarsanya atau buah dan sayuran yang sudah layu karena terlalu lama disimpan di kulkas.

Jangan lupa pula untuk membuang sisa makanan yang terlupakan dan bumbu yang sudah lama di buka. Kalau masih ada sejumlah sayuran dan buah yang ingin dihabiskan, bisa kamu masukkan ke blender untuk dibuat menjadi smoothie atau jus yang segar. Kalau punya banyak waktu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi makanan sehat dan lezat yang lainnya.

  1. Lepas Rak dan Gosok Bagian Dalam

LEMARI ES SHARP 4 PINTU SJ-IF91PG-BK New Queen Series Promo Murah Free Ongkir Jabodetabek

Cara membersihkan lemari es yang selanjutnya adalah melepas rak bagian dalam seluruhnya, termasuk semua rak pintu yang bisa dilepas. Setelah rak dilepas, kamu bisa menggosok bagian dalam kulkas dan bagian-bagian yang nggak bisa dikeluarkan.

Untuk membersihkan kulkas dengan cepat, kamu bisa menggunakan sabun dan air panas. Kalau mau hasilnya lebih maksimal dan menghilangkan bau nggak sedap di dalam kulkas, kamu bisa menambahkan sedikit cuka atau air lemon. Kemudian seka semua permukaannya ke bawang dengan menggunakan soda kue.

Setelah semua bagian dibersihkan, jangan lupa untuk memastikan kalau semua bagian sudah benar-benar kering. Kamu juga bisa mengelapnya dengan kain microfiber yang bersih dan kering.

  1. Bersihkan Rak Bagian Dalam

SHARP SJ N 162 D VR / SAKURA VIVID RED KULKAS LEMARI ES 1 PINTU 133 LITER / SJN162DVR FREE ONGKIR (JABODETABEK)

Rak yang digunakan buat menampung makanan pasti memerlukan pembersihan paling ekstra dalam rangkaian membersihkan kulkas. Untuk membersihkannya, cukup alirkan air dari wastafel sebagaimana yang biasa dilakukan dalam mencuci piring. Setelah itu, gosok rak menggunakan cairan pembersih dengan spons.

Selain itu, bisa juga menyemprotkan cairan anti-bakteri kemudian dibilas dengan bantuan spons. Jika di dalam rak masih ada sisa makanan lama yang sudah nggak ingin dimakan lagi, alirkan air ke atas rak.

Kemudian kamu bisa menggosoknya dengan spons atau menyemprotnya dengan cairan anti-bakteri. Sebelum dimasukkan ke lemari es lagi, keringkan rak terlebih dahulu menggunakan kain mikrofiber.

  1. Bersihkan Saluran Drainase

SHARP SJ N 162 D VB / SAKURA VIVID BLUE KULKAS LEMARI ES 1 PINTU 133 LITER / SJN162DVB FREE ONGKIR (JABODETABEK)

Saluran drainase sering kali menjadi bagian yang terlupakan ketika sedang membersihkan kulkas. Tapi, sama seperti bagian lainnya, saluran kondensasi atau drainase juga harus dibersihkan.

Saluran drainase merupakan lubang pembuangan yang terletak di bagian belakang kulkas, tepatnya di dinding belakang bagian bawah. Kalau nggak dibersihkan secara rutin, saluran ini bisa tersumbat karenanya adanya kotoran yang menumpuk di saluran pembuangan.

Pembersihan saluran ini bisa dilakukan menggunakan sedotan minuman, stik koktail, bahkan cotton Bud. Cukup masukkan alat yang dipilih untuk membersihkan ke saluran kemudian gerakkan untuk mengeluarkan kotorannya lalu tarik keluar.

  1. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Sanyo Aqua AQR-D190S Lemari Es 1 Pintu

Selain membersihkan bagian dalamnya, kamu juga perlu membersihkan bagian luar kulkas. Pasalnya, kuman dan bakteri pasti berkumpul di gagang atau bagian pintu lainnya yang kerap disentuh. Bahkan, di bagian segel pintu akan sering ditempeli oleh debu atau remah makanan.

Untuk membersihkan bagian luar kulkas, kamu bisa menggunakan alat penyedot debu kemudian seka dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan air panas dan sabun atau cairan anti-bakteri. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian atap kulkas.

  1. Bersihkan Gulungan Kondensor Kulkas

POLYTRON PRB 189 / PRB189 LEMARI ES 1 PINTU KAPASITAS 180L

Gulungan atau koli kondensor kulkas bisa dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Langkah ini sebenarnya nggak harus dilakukan bersamaan dengan langkah-langkah lainnya yang dilakukan 3- 4 bulan sekali.

Pasalnya, bagian ini idealnya bisa dibersihkan dua kali setahun atau saat kulkas mulai terasa hangat. Untuk melakukan langkah ini kulkas harus dalam keadaan mati dan semua komponennya dingin.

Hal-hal yang Sering Membuat Kulkas Cepat Rusak

Membersihkan kulkas secara rutin merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kulkas lebih tahan lama. Namun, selain karena nggak rutin dibersihkan ada beberapa hal lain yang membuat kulkas cepat rusak, di antaranya:

  • Terlalu Sering Membuka Kulkas

Sering membuka dan menutup kulkas ternyata bisa membuat kulkas lebih cepat rusak. Pasalnya, saat kulkas dibuka maka udara dingin di dalamnya akan bercampur dengan suhu ruangan dari luar kulkas.

Kemudian saat pintu kulkas ditutup lagi, maka mesin akan bekerja lagi untuk memaksimalkan suhu dingin di dalamnya. Kalau kamu sering buka-tutup kulkas pasti mesin akan bekerja keras sehingga membuatnya lebih cepat rusak.

  • Karet Pintu Kulkas Bermasalah

Semua kulkas pasti punya lapisan karet yang elastis di bagian pintu. Fungsi dari karet ini yaitu membuat ruangan pendingin kedap dari udara luar. Kalau lapisan karet tersebut longgar atau kering, maka udara ruangan akan masuk dan membuat suhu di kulkas menjadi lebih panas.

  • Sering Memasukkan Minuman atau Makanan Panas

Beberapa orang pasti kerap memasukkan minuman atau minuman panas ke dalam kulkas supaya cepat dingin. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kulkas cepat rusak karena harus menyesuaikan suhu kemudian mendinginkannya. Sebaiknya, biarkan dulu makanan atau minuman yang panas di suhu ruang kemudian masukkan ke kulkas saat sudah dingin.

  • Freon Habis

Sama seperti AC, kulkas juga memiliki freon untuk memaksimalkan pendinginan pada kulkas. Freon merupakan senyawa yang berbentuk gas atau cairan yang nggak berwarna, berbau, dan nggak mudah terbakar.

Umumnya, freon memiliki masa pakai dan harus diganti kalau isi tabungnya habis. Kalau freon sudah habis dan kamu lupa menggantinya, maka menyebabkan kulkas nggak bisa dingin.  Masa pakai freon sebenarnya tergantung dari cara pemilik merawat kulkas, umumnya adalah sekitar 5 tahun atau lebih.

__________________________________________________

BACA JUGA: Daftar Perlengkapan dan Peralatan Rumah Tangga Impian

Itu dia langkah-langkah atau cara membersihkan lemari es yang mudah dan benar. Dengan mengikuti langkah di atas, lemari es mu akan lebih tahan lama dan bahan makanan yang disimpan di dalamnya tetap bersih dan segar.

Buat yang belum punya lemari es, kini kamu bisa membelinya secara online di Blibli. Di sana ada banyak sekali pilihan lemari es dari berbagai brand elektronik ternama yang dijual dengan harga murah. Selain itu, ada pula pilihan promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pembeli. Yuk, cek sendiri pilihan lengkapnya di Blibli!

TEMUKAN BERBAGAI JENIS LEMARI ES HANYA DI BLIBLI!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya