me

7 Cara Membersihkan Kipas Angin Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Feb 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

thespurce.com
Jaga kipas angin tetap berfungsi dengan baik dengan mengikuti cara membersihkannya berikut ini!

Cicilan 0% KAM

Cara Membersihkan Kipas Angin- Kipas angin bisa menjadi sarang berkumpulnya debu jika digunakan secara intens, terutama pada musim panas dan lembab. Debu dan kotoran bisa menumpuk di bilah kipas, menyebabkan udara yang ditiupkan menjadi kurang bersih, sehingga bisa membahayakan kesehatan, terutama bagi orang-orang dengan sensitivitas pernapasan. Selain itu, juga bisa mengganggu kinerja kipas angin.

Meski kelihatannya cukup merepotkan, tetapi penting untuk secara rutin membersihkan kipas angin agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Adapun beberapa cara yang bisa kamu coba praktikan, mulai dari menggunakan blower hingga memakai cara yang manual. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah ini ya!

Baca Juga:


Menggunakan Campuran Cuka, Baking Soda, dan Sabun

Menggunakan Campuran Cuka, Baking Soda, dan Sabun
freepik.com

Membersihkan kipas angin dengan menggunakan campuran cuka, baking soda, dan sabun adalah cara efektif untuk menjaga kipas tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Campuran ini bisa membantu melunakkan dan mengangkat kotoran atau debu yang menempel pada bilah kipas. Metode ini berlaku untuk beberapa jenis kipas, termasuk standing fan, atau kipas berdiri.

Cara membersihkan kipas angin berdiri, pertama-tama siapkan campuran dengan mencampurkan cuka, baking soda, dan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat. Kemudian, gunakan kain lembut atau spons, lalu rendam ke dalam campuran tersebut dan perlahan-lahan bersihkan bilah kipas. Namun, pastikan kipas telah dicabut dari sumber listrik sebelum membersihkannya.

Terakhir, pastikan untuk mengelap kipas dengan kain kering sebelum kipas angin digunakan kembali. Membersihkan kipas angin dengan metode ini juga bisa membantu menghilangkan bau nggak sedap yang berasal dari kipas, sehingga udara di sekitar ruangan akan tetap segar dan bersih.

Menggunakan Blower

Menggunakan Blower
nytimes.com

Membersihkan kipas angin dengan menggunakan blower adalah cara yang efektif berikutnya untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kipas. Metode ini bisa dicoba untuk berbagai jenis kipas, termasuk cara membersihkan kipas angin dinding. Pertama, pastikan kipas dalam keadaan mati dan cabut dari stop kontak untuk menghindari kecelakaan listrik. 

Kemudian, bawa kipas angin ke luar ruangan, lalu arahkan aliran udara dari blower ke kipas angin dengan jarak yang aman. Gunakan blower dengan settingan yang nggak terlalu keras agar debu nggak menyebar. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada kipas. Setelah selesai, biarkan kipas anginmu selama beberapa jam sebelum digunakan kembali. 

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan blower untuk membersihkan kipas angin sebaiknya dilakukan hanya jika debu atau kotoran yang menempel nggak terlalu pekat. Jika kipas terlalu kotor, lebih baik membersihkannya secara manual menggunakan kain, sikat halus, atau cairan pembersih.

Menggunakan Air Duster

Menggunakan Air Duster
theverge.com

Membersihkan kipas angin dengan air duster merupakan solusi cepat dan efektif untuk menghilangkan debu yang mengganggu. Dengan menggunakan tabung yang mengandung gas bertekanan tinggi, air duster mampu membersihkan bagian-bagian kipas yang sulit dijangkau tanpa perlu membongkar kipas secara keseluruhan. 

Caranya, cukup arahkan nozzle air duster ke bilah kipas dan bagian lain yang kotor, kemudian tekan tombol untuk mengeluarkan aliran udara kuat yang akan mengusir debu-debu tersebut. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati agar debu nggak tersebar ke seluruh ruangan. Setelah selesai, biarkan kipas beberapa saat sebelum digunakan kembali. 

Dengan rutin membersihkan kipas angin menggunakan air duster, kamu bisa menjaga kipas tetap bersih dan berfungsi dengan baik, serta menghindari penumpukan debu yang bisa mengganggu kesehatan pernapasan. 

Menggunakan dengan Sikat Halus

Menggunakan dengan Sikat Halus
freepik.com

Membersihkan kipas angin dengan menggunakan sikat halus adalah metode manual yang mudah dilakukan dan efektif untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada baling-baling kipas. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah matikan kipas angin dan cabut kabel listriknya. Selanjutnya, siapkan sikat halus yang bersih dan lembut.

Pegang kipas angin dengan satu tangan dan gunakan sikat halus dengan tangan yang lain untuk membersihkan bilah kipas secara perlahan. Pastikan untuk membersihkan kedua sisi bilah kipas. Selain itu, bersihkan bagian motor kipas dengan hati-hati agar nggak merusak komponen internal. Ulangi pembersihan di bagian tertentu yang kotorannya lebih banyak.

Menggunakan Vacuum Cleaner

Menggunakan Vacuum Cleaner
nytimes.com

Tahukah kamu, ternyata vacuum cleaner nggak hanya bisa digunakan untuk membersihkan debu di dalam ruangan saja, tetapi peralatan elektronik yang satu ini juga efektif untuk membersihkan beberapa jenis kipas angin, termasuk kipas plafon. Untuk cara membersihkan kipas angin plafon, langkah pertamanya kamu harus memastikan kabel kipas telah dicabut dari sumber listrik. 

Selanjutnya, turunkan kipas dari langit-langit atap dengan hati-hati menggunakan tangga yang aman dan stabil. Setelah kipas turun, periksa kondisi kipas untuk memastikan nggak ada bagian yang rusak atau longgar. Jika ada bagian yang rusak, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum membersihkan Kemudian, bersihkan kipas dengan menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi dengan nozzle dan sikat lembut.

Mulailah dari bagian atas dan gerakkan perlahan-lahan ke bawah untuk membersihkan setiap bilah kipas angin, termasuk bagian motor dan bagian dalamnya jika memungkinkan. Periksa kembali kipas untuk memastikan nggak ada debu yang tertinggal. Selanjutnya, pasang kembali kipas ke langit-langit atap dengan hati-hati dan pastikan kipas terpasang dengan kokoh dan aman. 

Menggunakan Hair Dryer

Menggunakan Hair Dryer
freepik.com/boyarkinamarina

Jika kamu memiliki alat hair dryer di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kipas angin yang berdebu. Caranya cukup mudah, tentunya kamu harus matikan kipas dan cabut dari sumber listrik terlebih dahulu. Kemudian, siapkan kain bersih dan arahkan aliran udara dari hair dryer ke bagian kipas yang kotor. 

Gunakan kain untuk menahan debu yang terbawa oleh aliran udara dari hair dryer. Gerakkan kain secara perlahan-lahan ke sepanjang bilah kipas. Setelah debu berkurang, kamu bisa bersihkan sisanya menggunakan kain. Metode ini cukup praktis dan efektif untuk menjaga kebersihan kipas angin dari debu, terutama jika kamu malas membongkar kipas untuk membersihkannya. 

Menggunakan Kemoceng

Menggunakan Kemoceng
freepik.com/user23674593

Alternatif terakhir untuk membersihkan kipas angin, kamu bisa coba cara tradisional dengan menggunakan kemoceng. Caranya cukup mudah, tetapi pastikan kipas angin dalam keadaan mati. Pertama, siapkan kemoceng yang bersih dan kering. Kemudian, gunakan kemoceng tersebut untuk membersihkan bilah kipas dan bagian-bagian lain yang kotor dengan gerakan yang lembut.

Pastikan untuk membersihkan seluruh bagian kipas dengan teliti agar debu yang menempel bisa terangkat dengan baik. Bila perlu kamu bisa membongkar kipas angin agar proses pembersihan bisa lebih efektif dan nggak ada debu yang terlewat. Meskipun cara ini tergolong tradisional, namun bisa menjadi pilihan tepat jika kamu nggak memiliki alat modern seperti vacuum cleaner atau hair dryer. 


Baca Juga:

Itulah, ketujuh cara membersihkan kipas angin agar tetap berfungsi dengan baik, sehingga kamu bisa meningkatkan kualitas udara di ruangan dan menghindari masalah kesehatan akibat debu atau kotoran yang menumpuk. Jika kamu membutuhkan peralatan elektronik baru untuk rumah atau kebutuhan sehari-hari, jangan ragu belanja di Blibli. Dapatkan berbagai penawaran menarik dan diskon spesialnya.