Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu, Kamu Wajib Tahu

sumber: pixabay.com

Emas merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan sehingga tak heran apabila banyak orang yang berminat untuk memilikinnya. Harga emas yang tinggi dan stabil menjadikan orang memilih untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Emas atau logam mulia ini juga tidak akan pernah rusak sehingga menjadi nilai lebih apabila dibandingkan barang investasi lainnya. Yuk jangan takut untuk membeli emas lagi karena cara membedakan emas asli dan palsu sangat mudah.

Namun, banyaknya minat masyarakat terhadap investasi emas menjadikan banyak oknum-oknum nakal menggunakan kesempatan ini untuk menciptakan emas palsu. Maka dari itu, penting bagi kamu yang akan memilih emas sebagai barang investasi untuk mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. Untuk mengetahui cara membedakan secara terperinci, kamu bisa melihat pada ulasan berikut.

Cara Membedakan Emas Asli Dan Palsu

Banyaknya minat masyarakat terhadap emas menjadi ladang penipuan yang cukup mudah bagi oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Anda bisa mendapatkan emas asli dengan kualitas terbaik apabila mengetahui perbedaan antara emas asli dan palsu. Beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat kamu terapkan ketika akan membeli emas.

  • Mengukur Kepadatan Pada Sebuah Emas

Ketika kamu ingin mengetahui emas asli atau palsu maka langkah paling mudah adalah mengukur kepadatan emas tersebut. Kamu bisa menghitung dengan rumus yang telah disiapkan untuk mengukur kepadatan emas. Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghitung secara digital menggunakan mesin dengan satuan gram. Selanjutnya, kamu bisa mengisi gelas yang mempunyai ukuran milimeter menggunakan air. Tujuan dari tahap ini yaitu untuk menghitung volume air sebelum dan sesudah dimasukkan emas.

Pernah Beli Emas Digital? Cari Tahu selengkapnya di sini!

  • Mengidentifikasi Warna Emas

Cara ini merupakan cara termudah yang dapat kamu terapkan. Kamu bisa memperhatikan warna pada emas dengan cara menggosokkan bagian pada jari dengan badan emas. Apabila warna pada emas tersebut tidak berubah maka, dipastikan bahwa emas tersebut asli. Namun, sebaliknya apabila terdapat perubahan warna setelah kamu menggosok maka emas tersebut palsu.

  • Menggigit Bagian Dari Emas

Cara kedua yaitu dengan menggigit bagian dari emas. Apabila emas yang kamu miliki mempunyai tekstur lunak Dan lembek maka dipastikan bahwa emas tersebut asli. Berbeda apabila kamu menemukan bahwa emas tersebut kaku dan keras maka emas itu palsu.

  • Menggunakan Magnet

    cara membedakan emas asli dan palsu
    sumber: pixabay.com

Mengetahui keaslian emas juga bisa menggunakan alat salah satunya adalah magnet. Apabila kamu mendekatkan magnet dengan emas maka tidak akan menempel. Prinsip inilah yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui keaslian dari emas. Jika emas tersebut menempel dengan magnet apabila didekatkan maka kemungkinan emas tersebut palsu dan terdapat campuran besi atau logam lainnya.

Ribet beli emas secara langsung? Cobain beli emas secara online di sini

  • Menguji Dengan Keramik Atau Kertas

Kamu juga bisa menggunakan barang sederhana seperti kertas atau keramik untuk mengetahui keaslian dari emas. Apabila emas digoreskan dengan keramik atau kertas berubah warna menjadi hitam maka emas tersebut palsu. Emas asli tidak akan meninggalkan goresan atau pun warna hitam setelah digosok dengan keramik.

  • Menggunakan Nitric Acid

Uji asam juga bisa digunakan untuk menguji keaslian dari emas. Kamu hanya perlu meneteskan asam nitrat pada beberapa bagian dari emas. Apabila tidak terjadi perubahan warna maka dipastikan bahwa emas tersebut asli. Jika asam nitrat yang kamu teteskan menghasilkan reaksi maka emas yang kamu miliki palsu.

  • Membutuhkan Surat Resmi Antam

Surat resmi ini sangat diperlukan apabila kamu ingin mengetahui keaslian dari emas. Kamu bisa mendapatkan surat resmi ini dengan meminta kepada penjual. Surat ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh PT. Antam.

Setelah mengetahui  ketujuh cara di atas, sekarang kamu bisa dengan yakin kan menginvestasikan uang kamu untuk membeli emas. Kamu juga bisa lho membeli emas antam di Blibli. Nggak perlu takut karena dijamin keasliannya deh, emas yang dijual selalu memiliki surat resmi dari PT. Antam.

Bukan hanya emas batangan, kamu juga bisa beli emas digital di sini

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY