me

Cara Mudah untuk Memasang TV LED di Dinding dengan Tepat dan Aman

May 24, 2023.By Jarvis
Bagikan

Cek disini cara mudah untuk memasang TV LED di dinding, yuk!

Cicilan 0% KAM

Memiliki rumah yang nyaman memang menjadi impian bagi semua anggota keluarga, ditambah dengan adanya kebutuhan rumah tangga yang dipenuhi, salah satunya TV LED. Saat ini, TV LED sudah menjadi kebutuhan sekunder yang sering ada di rumah. Bahkan, adanya TV LED ini pun dapat membantu kamu untuk mengetahui berbagai informasi, berita, hingga hiburan dari berbagai negara.

 Apalagi, di zaman yang serba canggih ini, TV LED sudah mulai banyak ditempel atau digantung ke dinding. Tentu aja, hal itu membuat kamu nggak perlu khawatir dengan TV LED yang sering nggak sengaja terjatuh. Selain itu, penempatan TV LED dengan cara digantung di dinding ini pun membuat pemandangan di dalam rumah kamu jadi lebih luas, loh.

Baca juga: 5 Perbedaan TV LED dan LCD


Cara Memasang TV LED di Dinding

Dibandingkan dengan memasang TV LED dengan cara dipajang pada rak meja, menempatkan TV LED dengan cara digantung di dinding bakal terlihat lebih baik lagi. Apalagi, cara pemasangan TV LED di dinding ini sangat tepat dilakukan untuk rumah yang berukuran minimalis dan kamu nggak perlu khawatir dengan memakan banyak tempat.

Nggak cuma itu, kamu pun bisa menonton siaran TV dari sudut pandang manapun. Nah, bagi Blibli Friends yang tertarik untuk memasang TV LED di dinding ini, bisa simak cara pemasangannya di bawah ini, ya.

1. Mempersiapkan Alat Pemasangan

Mempersiapkan Alat Pemasangan
thespruce.com

Pastikan, sebelum memulai memasang TV LED di dinding, Blibli Friends harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu, agar nggak repot mencarinya lagi saat dibutuhkan. Adapun beberapa alat yang kamu butuhkan, yaitu kunci inggris, alat ukur atau meteran, pensil, palu, bor listrik, dan obeng. Alat-alat tersebut pun juga berlaku untuk pemasangan bracket TV.

Selain itu, Blibli Friends perlu memastikan kalau dinding yang ingin kamu pasang bracket dan tempelkan TV nggak tertanam kabel listrik ataupun besi beton, ya. Sementara itu, bagi kamu yang memiliki dinding rumah berasal dari gypsum, pastikan kalau terdapat kayu di belakangnya dengan begitu TV LED yang berukuran berat dapat ditahan oleh dinding rumah kamu.

2. Menyiapkan Baut yang Tersedia dengan Benar

Menyiapkan Baut yang Tersedia dengan Benar
thespruce.com

Perlu diketahui, saat ingin memasang bracket TV, Blibli Friends perlu menggunakan bau dengan ukuran yang sama dan bukan sembarangan. Hal itu bertujuan agar baut dan bracket terpasang dengan sempurna dan kokoh, sehingga TV LED yang digantung pun nggak mudah jatuh serta bracket nggak mudah rusak.

Maka dari itu, sebagai catatan Blibli Friends bisa menyiapkan baut dengan ukuran kecil dan ring untuk TV berukuran 14 inch hingga 22 inch, baut ukuran tanggung dan ring untuk TV berukuran 22 inch hingga 24 inch, baut berukuran besar dan ring untuk TV berukuran 24 inch hingga 32 inch, dan baut untuk bracket yang ingin dipasang ke dinding dan fischer atau topi bautnya.

3. Menandai 4 Lubang

Menandai 4 Lubang
thespruce.com

Cara selanjutnya adalah dengan menandai lubang untuk pemasangan bracket. Tapi, sebelumnya kamu perlu mengukur ketinggian dinding yang ingin dipasang TV LED. Cara ini bertujuan agar kamu dan anggota keluarga lainnya tetap nyaman saat menonton TV. Pastinya, ukuran bracket yang ingin dipasang pun jangan terlalu tinggi atau rendah, ya.

Sesudah itu, kamu bisa langsung menandai lubang yang ingin dipasang dengan bracket. Ada 4 lubang dinding yang harus kamu tandai dengan pensil, lalu barulah kamu bisa melakukan pengeboran atau dipasang bracket. Memang cara yang satu ini sedikit sulit, maka dari tiu kamu harus teliti menandai lubangnya atau sebagai alternatif kamu bisa memanfaatkan piringan bracket dan batuan waterpass.

Dari cara itu, kamu pun bisa memasang bracket dengan lurus dan nggak miring, deh.

4. Lakukan Pengeboran 4 Lubang dan Memasukkan Topi Baut

Lakukan Pengeboran 4 Lubang dan Memasukkan Topi Baut
thespruce.com

Sesudah berhasil menandai 4 lubang untuk pemasangan bracket, Blibli Friends bisa langsung melakukan pengeboran di 4 titik tersebut. Pastikan juga, kamu menggunakan mata bor yang berukuran sesuai dengan baut yang digunakan, ya. Pada proses ini, kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga lainnya yang sudah, agar posisi titik yang dibor pun bisa tepat dengan posisinya.

Berikutnya masukkan topi baut ke dalam dinding yang sudah dilubangi, sehingga bracket yang dipasang pun dapat bertahan dengan kuat. Pasang juga bagian piringan, lalu kencangkan baut tersebut dengan menggunakan alat bantu seperti kunci inggris. Jangan lupa untuk memasangnya dengan kencang, agar bracket TV nggak mudah lepas nantinya.

5. Pasang 2 Tiang Bracket

Pasang 2 Tiang Bracket
thespruce.com

Sesudah memastikan bracket terpasang ke dinding dengan benar, Blibli Friends bisa langsung memasang 2 tiang bracket secara sejajar dan lurus di lubang pada belakang TV LED kamu. Perlu diingat, kamu pun harus memasang 2 tiang bracket ini dengan benar dan menggunakan baut yang berukuran sama, agar TV LED dapat menempel dengan tepat.

Pastikan, Blibli Friends pun sudah menguncinya atau mengencangkan bautnya dengan benar dan menggunakan bantuan kunci inggris atau obeng. Cara ini pun membuat agar TV LED dapat tertompang dengan sempurna di bagian pelat bracket dan nggak mudah lepas meski sudah dipasang bertahun-tahun.

6. Pasang TV LED ke Dinding

Pasang TV LED ke Dinding
thespruce.com

Terakhir adalah cara untuk memasang TV LED ke dinding yang sudah dipasang bracket. Pada cara ini, Blibli Friends harus memasangnya dengan meminta bantuan anggota keluarga lainnya untuk memegang TV LED agar tidak jatuh. Pastikan, kamu memposisikan TV LED ke piringan bracket yang sudah tertempel di dinding dengan benar.

Jangan lupa untuk melihat apakah TV LED yang terpasang ke bracket sudah sejajar, kalau sudah kamu bisa mengencangkan baut bracket pada bagian bawah TV LED. Tentunya harus dipasang dengan benar dengan bantuan kunci inggris atau obeng.

Langkah berikutnya, kamu pun juga perlu memasang dan mengatur kabel-kabel yang diperlukan pada TV LED kamu. Hal ini bertujuan agar kabel TV LED kamu nggak berantakan atau jika perlu ikat sisa kabel dengan kabel ties yang kecil. Pastinya, kamu harus memasang kabel TV LED dengan benar dan tepat, agar TV dapat menyala.


Baca juga: Kelebihan TV LED TCL 32 Inch

Nah, itu dia cara memasang TV LED dengan tepat dan aman untuk di rumah kamu. Gimana, cukup mudah dan rumah kamu jadi tampak lebih luas, bukan?

Kamu bisa mendapatkan produk TV LED yang sesuai dengan merek yang diinginkan. Temukan produknya di Blibli dan dapatkan produk TV LED yang sesuai dengan spesifikasi kamu butuhkan. Selain itu, di Blibli pun ada asuransi pengiriman yang aman untuk barang elektronik yang kamu inginkan. Tunggu apalagi? Lengkapi kebutuhan rumah tangga kamu di Blibli, ya.