Cara Memasang Aki Mobil Tanpa Ke Bengkel

sumber: akimobil.com

Setiap pengguna mobil tentu akan setuju jika menganggap aki sebagai salah satu komponen mobil yang sangat penting. Pasalnya, kondisi aki yang rusak akan berdampak besar pada pengalaman berkendara kamu. Nggak cuma bikin mesin mengalami mogok, aki yang rusak juga bisa membuat AC di mobil nggak bekerja dengan baik, lho. Bisa dibayangkan betapa pentingnya komponen mobil yang satu ini. Untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk tersebut, kamu perlu secara rutin mengganti aki yang ada di mobil. Performa mesin mobil akan kembali seperti semula setiap kali aki mobil sudah diganti dengan yang baru. Berikut pembahasan cara memasang aki mobil.

Baca Juga: Cara Mundur di Tanjakan

Penggantian aki mobil ini biasanya dilakukan oleh para montir di bengkel. Bisakah pengguna mobil menggantinya sendiri? Jawabannya tentu bisa. Kamu yang nggak memiliki banyak waktu luang bisa mulai belajar untuk melepas dan mengganti aki mobil secara mandiri. Untuk memudahkan Blibli Friends dalam mengganti aki nantinya, cek cara memasang aki mobil sendiri berikut.

______________________________________

  1. Perhatikan Kabel di Sekitar Tempat Aki

    sumber: winanbanani.com

Sebelum kamu mulai memasukkan aki ke tempatnya, kamu perlu terlebih dahulu memperhatikan kabel-kabel yang ada di sekitarnya. Pastikan kabel tersebut kamu letakkan di sisi yang aman dan nggak akan mengganggu proses pemasangan aki. Jika sudah, segera letakkan aki dalam posisi yang benar dan masukkan ke dalam tempatnya secara perlahan. Terburu-buru memasukkan aki hanya akan membuat air aki mudah tumpah. Untuk itu, pelan-pelan, ya.

  1. Pasang Bracket Pengikat Aki Mobil

    sumber: hondabrio.org

Umumnya, pada sisi aki dilengkapi dengan sepasang bracket sebagai pengikat. Pasang bracket tersebut dan ikatkan pada bodi mobil kamu. Kencangkan secukupnya menggunakan kunci dan mur yang sesuai dengan pengikatnya.

  1. Pasang Kabel Plus (Positif)

    sumber: iksotomotif.com

Di sekitar tempat aki, kamu akan melihat sebuah kabel yang berwarna merah. Kabel tersebut merupakan kabel positif yang nantinya harus kamu pasangkan ke terminal positif aki mobil. Sebisa mungkin masukkan bagian terminal kabel positif pada bagian terminal positif aki mobil secara menyeluruh. Jika sudah, kamu bisa langsung mengencangkan kabel tersebut menggunakan kunci 10. Cek kembali apakah kabel sudah benar-benar terpasang dengan kuat dan nggak kendor.

  1. Pasang Kabel Minus (Negatif)

    sumber: infobanknews.com

Jika ada kabel positif, tentu kamu juga akan menjumpai kabel negatif. Berbeda dengan kabel positif yang hadir dengan warna merah, kabel negatif memiliki warna hitam. Sama halnya dengan pemasangan kabel positif, kabel negatif perlu kamu pasang secara perlahan hingga masuk pada terminal kabel negatif aki. Kembali gunakan kunci 10 untuk membuat kabel terpasang dengan kuat.

______________________________________

Meski pada akhirnya kabel positif dan negatif akan terpasang pada terminal aki, kamu tetap harus memasang kabel positif berwarna merah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadi konslet pada mesin. Untuk itu, ingat baik-baik perbedaan kabel keduanya agar kamu nggak salah dalam memasang, ya. Merah untuk kabel positif dan hitam untuk kabel negatif.

Belanja Kebutuhan Otomotif Kamu di sini

Setelah keempat cara di atas kamu praktekkan, kamu perlu kembali memperhatikan kondisi aki mobil dan memastikan bahwa semuanya telah terpasang dengan kencang. Jika terdapat kabel yang kendur, kembali kencangkan kabel dengan kunci yang sesuai. Bagaimana? Tertarik untuk memasang aki mobil di rumah? Biar proses pemasangannya lebih mudah, terlebih dahulu beli kunci 10 secara online di laman Blibli. Selain kunci 10, peralatan otomotif lainnya juga tersedia lengkap di Blibli, lho Friends!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY