Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Tidak Keras

Cara Memasak Beras Merah
Image Source: doktersehat.com

Cara Memasak Beras Merah — Selain beras berwarna putih yang biasa kamu nikmati, tahukah kamu jika ada beras yang berwarna merah. Jenis beras yang satu ini juga kaya akan serat, minera, dan vitamin. Bedanya, beras ini memiliki kadar gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan beras putih. Nggak heran jika banyak orang yang memilih beras merah untuk mendukung program dietnya.

Teksturnya yang lebih keras membuat pengolahan beras merah bisa dibilang tricky. Salah sedikit saja, nasi merah kamu bisa alot dan nggak enak untuk dimakan. Jika hal ini sampai terjadi, tentu Blibli Friends akan malas-malasan dalam menjalankan program diet. Untuk menghindarinya, simak cara memasak beras merah agar pulen dan empuk berikut!

BACA JUGA: Perbedaan Beras Putih, Beras Merah, dan Beras Coklat

______________________________________

1. Bilas Beras Merah

Layaknya beras putih, kamu juga harus membilas beras merah sebelum akhirnya dimasak, ya. Cukup bilas dua hingga tiga kali dalam air mengalir untuk membuatnya benar-benar bersih. Jangan terlalu lama membersihkan agar kandungan serat dan mineralnya nggak mudah hilang. Sia-sia dong jika beras merah yang kamu nikmati kehilangan kandungan baiknya.

2. Rendam Beras Merah

Jika sudah selesai dibilas, jangan buru-buru memasaknya. Salah satu kunci agar beras merah bisa empuk yakni kamu perlu merendamnya terlebih dahulu. Melalui proses perendaman ini, beras merah bisa lebih mudah mengembang dan menjadi lebih lunak. Tak perlu lama-lama, cukup rendam beras merah ini selama kurang lebih 30 menit, ya.

3. Perhatikan Perbandingan Air dan Beras

Mau beras merah kamu benar-benar pulen? Perhatikan dengan baik bagaimana perbandingkan antara air dan juga beras. Mengingat teksturnya yang lebih keras, beras merah membutuhkan air yang lebih banyak. Lakukan perbandingan 3:1 dengan air yang lebih banyak. Perbandingan 3:1 ini berlaku bagi kamu yang memasaknya menggunakan rice cooker. Jika kamu memasaknya secara manual, gunakan perbandingan 4:1, ya.

4. Campurkan dengan Beras Putih

Cara ini bisa dicoba bagi kamu yang baru pertama akan menikmati beras merah. Agar hasil akhirnya empuk dan pulen, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan beras putih.

Namun ingat, cukup tambahkan sedikit saja beras putih agar khasiat beras merah bisa tetap maksimal. Menambahkan beras putih dengan jumlah yang sama atau bahkan lebih banyak bukanlah keputusan yang tepat. Khususnya bagi kamu yang sedang menjalankan program diet dan ingin menerapkan hidup sehat.

5. Jangan Buru-Buru Dimakan

Saat nasi merah sudah matang, jangan terburu-buru untuk segera menikmatinya. Sabar dulu dan biarkan beras merah tertutup dalam waktu 10 menit saja. Proses ini akan membuat tekstur nasi merah lebih empuk dan mengembang dari sebelumnya. Biar ngga bosan, lakukan hal menyenangkan selama menunggu tersebut, ya. Kamu bisa scroll media sosial atau streaming video.

______________________________________

BACA JUGA: Tren Dikalangan Diet, Berikut Fakta Beras Shirataki

Nah, itu tadi cara memasak nasi merah yang lebih empuk dan pulen. Cara yang terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan, bukan? Agar pola sehat yang kamu jalani lebih maksimal, jangan lupa untuk nikmati beras merah dengan aneka lauk sehat lainnya.

Biar lebih mudah, beli beras merah secara online di laman Blibli. Kamu bisa menemukan beragam merk dan ukuran beras merah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat banyaknya promo yang ditawarkan, Blibli Friends juga bisa mendapatkan beras merah dengan harga murah, lho. Jangan lewatkan promo tersebut dan kunjungi laman Blibli sekarang, Friends!

TEMUKAN BERAS MERAH BERKUALITAS DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY