Sebagai orang tua baru, kehadiran anak pertama memang membahagiakan sekaligus bikin deg-degan. Maklum, pengalaman perdana ini kadang bikin moms dan dads merasa ragu-ragu ketika merawat bayi yang baru lahir. Salah satu aktivitas yang sering bikin orang tua baru nervous adalah ketika memandikan bayi.

Nah, hari ini Blibli Friends akan ngobrol dengan parenting blogger Emanuella Christianti, yang banyak menulis tips dan trik pengasuhan anak di Nyonyamalas.com. Berpengalaman dalam mengasuh anaknya, Gayatri, yang sekarang sudah menginjak umur 1,5 tahun, Ella akan membagikan beberapa cara tepat dan praktis untuk memandikan bayi yang baru lahir. Yuk disimak!

SIAPKAN PERLENGKAPAN MANDI SI KECIL DI SINI, YA!

Pertama-tama, apa saja perlengkapan mandi yang perlu disiapkan?

memandikan bayi
Via – Momtricks

Menurut Ella, beberapa perlengkapan untuk memandikan bayi saat tali pusatnya belum lepas adalah perlak atau kain anti air sebagai alas memandikan bayi, washlap yang lembut, dan handuk khusus bayi. Dalam pemilihan handuk, usahakan untuk memilih tekstur yang halus agar kemampuan menyerap airnya lebih tinggi. Selain itu, untuk menyeka bagian tubuh yang sensitif seperti selangkang dan area mata, sediakan kapas bulat.

Nah, setelah tali pusat bayi lepas, hal lain yang perlu disiapkan adalah bak mandi khusus bayi yang dasarnya nggak licin agar bisa meminimalisasi kecelakaan. “Selain bak, sediakan juga sabun badan dan rambut. Saya pribadi lebih menyukai sabun 2-in-1 karena praktis. Pilih yang kemasannya pump ya, karena kita akan lebih mudah mengeluarkan produk pembersih hanya dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang bayi,” kata ibu satu anak ini.

Sebagai informasi tambahan, Ella memilih produk sabun yang nggak mengandung SLS dan paraben, seperti Cetaphil, Mustela, Pure Baby, dan Zwitsal. Kalau penasaran soal pilihan sabun mandi si kecil, bisa mampir juga ke blog Nyonyamalas.com karena topik itu sudah dibahas dengan rapi.

SEMUA PERLENGKAPAN MANDI BAYI BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

Tips dan trik memandikan bayi agar aman

memandikan bayi
Via – Formuland

Ketika tali pusat belum lepas, Ella mengaku memandikan Gayatri di atas kasur, dengan dialasi perlak dan diusap lembut dengan wash lap. “Setelah tali pusat terlepas, saya membawanya ke kamar mandi menggunakan bak khusus bayi. Namun jika kesulitan untuk jongkok di kamar mandi, maka bisa juga memandikan bayi di atas meja yang kokoh. Yang penting, lokasinya jangan licin atau berangin. Ini untuk menghindari ibu dan ayah terpeleset dan membahayakan bayi,” ungkap Ella.

Selain soal lokasi, suhu ruangan juga perlu diperhatikan, lho. Waktu memandikan bayi jangan terlalu pagi atau sore. Usahakan suhu ruangan berkisar antara 24-27 derajat Celcius dan suhu air berkisar antara 37,2-37,7 derajat Celcius. Perempuan berkacamata ini menambahkan, kipas angin dan AC bisa dimatikan sejenak kalau takut si kecil kedinginan.

SEGALA JENIS KEBUTUHAN MEMANDIKAN BAYI DAPAT DILIHAT DI SINI

Pesan Ella untuk orang tua baru

memandikan bayi
Via – The Bump

Menyambut kehadiran anak pertama memang mengharukan untuk setiap pasangan orangtua. Ella dan suami mengaku banyak belajar dari pengalaman, dan banyak bertanya pada bidan, dokter anak, membaca buku, dan sering mengunjungi website Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk mendapatkan insight baru.

“Pesan saya untuk para orang tua baru ada tiga. Yang pertama, jangan malu untuk bertanya. Saya waktu itu melahirkan dengan bantuan SpOG dan bidan. Setelah pulih, saya banyak bertanya dan meminta dilatih cara memandikan dan memijat bayi yang baru lahir. Bahkan saya juga praktik langsung supaya bidan bisa mengoreksi jika ibu mengalami kesulitan,” kata Ella yang kini sering membawa anaknya jalan-jalan.

LIHAT DI SINI KATALOG LENGKAP PERLENGKAPAN MANDI BAYI YANG SPESIAL

Tips tambahan untuk moms dan dads

memandikan bayi
Via – Angelcarebaby

Tips yang kedua, ayah dan ibu harus selalu tenang dan percaya diri. Ketika bayi tampak nggak nyaman atau mau menangis saat dibuka pakaiannya, lebih baik kegiatan mandi ditunda sesaat. “Cobalah gendong dan tenangkan bayi terlebih dahulu. Dengan begitu, aktivitas mandi bisa dilanjutkan saat orang tua dan bayi sudah dalam kondisi sama-sama tenang,” katanya.

Perempuan yang hobi berkreasi DIY ini melanjutkan, “Tips terakhir: jangan malu untuk minta bantuan dan selalu percaya insting. Orang tua harus peka terhadap kondisi dirinya sendiri dan bayinya. Kalau saya sedang lelah, mengantuk, atau pusing, saya meminta bantuan suami untuk memandikan bayi. Waktu itu juga saya melihat bagian tali pusat bengkak sedikit, dan insting saya langsung membawanya ke bidan. Ternyata benar ada infeksi dan bisa segera diselesaikan.”

CEK DI SINI PERLENGKAPAN MANDI BAYI DENGAN HARGA SPESIAL


Wah, lengkap banget ya penjelasan cara memandikan bayi yang baru lahir dari Ella? Sebagai orang tua baru, semoga penjelasan tadi bisa membuatmu lebih yakin dan percaya diri untuk memandikan si kecil. Yang pasti, jika kamu mengikuti semua instruksinya, Nggak akan ada masalah kok. Biar semakin yakin, jangan lupa sering-sering membaca dan bertanya pada ahlinya, seperti dokter anak atau bidan!

Buat kamu yang masih penasaran sama berbagai trik pengasuhan anak atau berbagai DIY seru yang bisa dibikin di rumah, coba deh mampir ke blog Nyonyamalas.com atau Instagram @nyonyamalas. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan!

Yuk siapkan perlengkapan memandikan bayi di #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK MENEMUKAN PERLENGKAPAN MANDI YANG KAMU BUTUHKAN

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY