5 Cara Memaksimalkan Daya Tahan Baterai Laptop

Sejak awal diciptakan, laptop memang ditujukan untuk tujuan portabel. Artinya, dengan dukungan baterai yang tertanam di dalamnya, kamu bisa bekerja di mana pun tanpa bantuan colokan listrik. Apalagi saat ini laptop telah didukung dengan daya baterai yang luar biasa besarnya. Laptop keluaran terbaru, mulai dari laptop profesional sampai laptop gaming, telah menggunakan baterai yang bisa tahan sampai 8 jam hanya dalam satu kali pengisian saja, bahkan beberapa di antaranya bisa bertahan hingga 14 jam.

Namun, fitur hebat ini tentu saja tidak akan sehebat seperti yang ditawarkan jika kamu tidak tahu cara memaksimalkan penggunaan daya baterai tersebut. Untungnya, cara memaksimalnya sangatlah mudah dilakukan. Berikut ini adalah lima cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memaksimalkan kinerja baterai laptop agar bisa dipakai seharian penuh tanpa harus repot mencari colokan listrik.

1. Redupkan cahaya layar

Salah satu komponen yang paling besar dalam menggunakan daya baterai adalah layar, lebih tepatnya lagi adalah cahaya pada layar. Fitur inilah yang memungkinkan kamu untuk tetap dapat melihat layar secara cerah meskipun dalam kondisi backlight. Laptop keluaran terkini memang telah menggunakan layar LED backlight, tapi tetap saja dapat menguras daya baterai dengan cukup signifikan.

Solusinya adalah dengan meredupkan tingkat kecerahan layar laptop saat kamu ada di tempat yang cukup terang. Cara ini dapat menghemat daya baterai hingga 30 menit lebih lama. Laptop keluaran terkini telah memiliki tombol pintas pada keyboard untuk melakukan hal ini. Umumnya, kamu tinggal menekan tombol Fn dan tombol lainnya dideretan tombol fungsi atau tombol dengan logo matahari.

INGIN MEMILIKI LAPTOP LENOVO THINKPAD T480 DENGAN DAYA BATERAI YANG BESAR? KLIK SAJA DI SINI.

2. Ubah pengaturan daya

Pada pengaturan awal, laptop kamu bisa saja dalam kondisi pengaturan balanced pada daya baterai. Hal ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai laptop. Ada baiknya kamu mengubahnya ke pengaturan hemat daya (power saver).

Selain itu, kamu juga bisa mengatur agar layar mati dalam kondisi lebih cepat jika tidak digunakan. Pilihlah durasi waktu yang secepat mungkin, seperti lima menit agar layar laptop nonaktif jika tidak sedang digunakan.

3. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Jika kamu tidak menggunakannya, sebaiknya matikan kedua fitur ini. Keduanya bekerja dengan memancarkan sinyal radio yang bisa memakan daya baterai cukup signifikan. Kebanyakan laptop saat ini telah memiliki pengaturan yang mudah untuk mematikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth ini.

Jika kamu tetap membutuhkan data lewat internet untuk bekerja, ada baiknya kamu mengunduh data yang kamu butuhkan dan simpan secara offline. Lalu, kamu pun dapat bekerja tanpa harus mengaktifkan fitur Wi-Fi.

LAPTOP MACBOOK PRO JUGA MEMILIKI DAYA TAHAN BATERAI YANG BAGUS, CEK DI SINI UNTUK MEMBELINYA.

4. Atur penggunaan memori

Jika kamu termasuk orang yang suka membuka 10 atau 20 tab browser sekaligus, kamu akan dapat menghemat baterai lebih lama dengan menutup tab-tab yang tidak sedang digunakan. Hal ini juga berlaku pada aplikasi yang berjalan dalam waktu yang bersamaan.

Saat kamu membuka sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan, kinerja memori akan semakin berat dan secara otomatis akan membuat kinerja laptop menurun sekaligus menguras daya baterai laptop kamu. Bukalah aplikasi yang benar-benar kamu gunakan saja dan pastikan program lainnya tidak berjalan di background selagi kamu bekerja. Aplikasi yang berjalan di latar tanpa kamu ketahui ini juga berpengaruh kepada kinerja baterai laptop.

INGIN MEMILIKI LAPTOP RINGKAS DENGAN DAYA BATERAI YANG BESAR? CEK KEMAMPUAN DELL XPS 13 9370 DI SINI.

5. Sesuaikan kinerja grafis dan tampilan layar

Penggunaan prosesor grafis yang canggih seperti Nvidia GeForce GTX atau AMD Radeon RX juga dapat berpengaruh pada daya baterai laptop. Laptop-laptop yang menggunakan prosesor grafis bertenaga seperti ini biasanya memiliki prosesor grafis lainnya yang terintegrasi. Fungsinya adalah untuk lebih menghemat daya baterai kamu.

Bagaimana caranya? Dengan memastikan kamu hanya menggunakan prosesor Nvidia GeForce GTX atau AMD Radeon RX tersebut pada aplikasi-aplikasi yang benar-benar menggunakannya. Kamu dapat mengalokasi penggunaannya pada aplikasi seperti Adobe Photoshop atau Premiere, sedangkan aplikasi lainnya cukup menggunakan chip yang terintegrasi saja.

INI DIA PILIHAN LAPTOP DENGAN BATERAI BESAR DAN PERFORMA CIAMIK

Daya tahan baterai yang lama sangatlah penting jika kamu ingin bekerja secara mobile tanpa harus bergantung pada soket listrik. Ketahuilah tips-tips untuk memaksimalkan daya tahan baterai agar kinerja kamu semakin maksimal. Selamat mencobanya!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY