Cara Melatih Kesabaran Anak dengan Cara Seru

Halo Bubu dan semuanya! Oke kamu ke sini pengen tau kan caranya seperti apa, yuk sama-sama belajar! Kamu pernah denger kutipan seperti ini gak: 

“Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak, sekolahnya seumur hidup.”

Pernah ya? Itu bener banget apalagi ketika kita udah dewasa gini. Setiap hari ada aja yang bikin kita uji kesabaran, apalagi di sosial media. Padahal kita main sosial media niatnya untuk menghibur diri, tapi ada-adaaa aja tingkah orang-orang.

Nah, kita yang udah dewasa ini udah paham kalau sabar itu bener-bener harus dilatih sebaik mungkin, apalagi kalau dibekalin dari kecil.

Nah ini cara-cara serunya nih, Bubu!

  • Don’t Eat Challenge

Mungkin ini udah cukup basi, tapi kamu belum pernah coba untuk si kecil kan? Videonya bisa untuk data pribadi kamu, atau kalau lucu tinggal di post di sosmed, nanti followers kamu pasti akan suka! Ini contoh-contoh nya yang udah bule-bule lakuin! Lihat deh.. So cute and so fun!

Hal hal ini bisa dilakuin selain makanan. Misalnya, kamu mau pergi, terus kamu suruh tunggu dia di depan pintu, lalu kamu sok-sokan cari sesuatu di kamar. Lima menit aja dia gak ngapa-ngapain. Sesabar apakah dia? Good luck ya!

  • Bermain games balok

Kalo kamu yang main games, juga kadang-kadang geregetan kan.. Sama dengan anak-anak, ketika mereka main games, mereka juga akan dilatih kesabarannya lho! Ini contohnya, Omocha Balok.

Omocha Balok 64 Mainan Kayu
Omocha Balok 64 Mainan Kayu

Ada 64 balok yang bisa dia atur sesuai imajinasi mereka, terus juga bisa sambil ngelatih keterampilan, imajinasi anak dalam memecahkan masalah, koordinasi tangan dan mata, dan lain-lain! Nanti, ketika si kecil udah bosen, tinggal sumbangin deh ke panti asuhan.. Selain investasi untuk si kecil yang lebih terampil, kamu juga investasi di akhirat! Mantap!

  • Latihan mengantri 

“Haa masa antri aja dilatih? Gabener nih penulis, hahhh!!” Eits jangan emosi dulu Bubu, maksudnya dilatih adalah, kita buat skenario dimana ia harus mengantri untuk sesuatu hal yang ia mau.

Contohnya, ia minta disuapin untuk makan. Nah kita buat list antrian. Dimana ia harus mengantri untuk kebutuhannya tersebut. Dengan kata-kata sebagai berikut:

“Nak, ini Mama lagi beresin rumah, kamu harus antri yaaa kalau mau disuapin. Kamu antrian nomor 4! Nih list antriannya:

  1. Mama nyapu
  2. Mama ngepel
  3. Mama mandi
  4. Mama nyuapin kamu.

Jadi, kira-kira setengah jam lagi ya! Kalau kamu mau cepet, kamu makan sendiri, deal? Love you!”

Gimana, terlihat seru kan? Hehe! Silakan laksanakan ya! Aku tau Bubu bisa, dan berhasil! Jangan lupa berdoa ya…

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY