me

Cara Melakukan Back Up yang Benar Agar Terhindar Cedera Leher

Jun 15, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Cara Melakukan Back Up – Ingin menguatkan otot-otot perut, lengan dan punggung? Artinya latihan kebugaran jasmani dengan gerakan back up adalah pilihan yang tepat, nih, guys. Coba lakukan latihan ini dengan rutin dan rasakan manfaatnya.

Tapi, kenapa ya, kok, setiap melakukan gerakan olahraga back up otot malah jadi kram? Wah, bisa jadi karena caranya yang kurang tepat. Lalu gimana cara melakukan back up yang benar agar bisa terhindar dari cedera?

Sebelum masuk ke teknik latihan back up yang benar, nggak ada salahnya kamu simak dulu apa saja manfaat gerakan ini supaya makin rajin melakukannya. Berikut adalah cara melakukan back up yang benar. 


Baca juga: Tips Olahraga yang Gak Bikin Puasa Batal

Manfaat Melakukan Back Up

back up
pexels.com

Gerakan back up biasanya menjadi latihan dasar bagi mereka yang akan melakukan olahraga seperti, tenis lapangan, bulu tangkis maupun bola voli. Karena seperti disebutkan sebelumnya, latihan back up dapat melatih kekuatan otot-otot perut, tangan dan punggung.

Selain itu, siapa sangka ternyata gerakan back up punya banyak manfaat nggak terduga bagi kesehatanmu, lho. Berikut adalah manfaat back up:

  • Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Hayo, pernah nggak kamu ngeluh karena setiap bangun tidur badanmu terasa sakit semua dan mood rasanya pengen emosi terus-terusan? Nah, gerakan back up wajib banget masuk dalam gerakan wajib di setiap latihan fisikmu, guys. Karena back up dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita, sehingga tubuh pun terasa lebih segar dan penuh semangat ketika bangun.

  • Membentuk dan Mengencangkan Otot-Otot Tubuh

Gerakan back up yang rutin dilakukan bisa membantu membentuk sekaligus mengencangkan otot-otot tubuh yang ada di bagian perut, dada dan lengan, lho. Karena untuk melakukan gerakan back up, otot-otot tersebutlah yang harus bekerja paling keras.

  • Meningkatkan Metabolisme

Dengan metabolisme tubuh yang baik, maka kinerja organ-organ tubuh kita pun akan terjaga. Jika metabolisme tubuh meningkat, artinya proses pembakaran lemak akan terjadi secara optimal. Sebaliknya, ketika metabolisme tubuh kita menurun, hal itu akan mempengaruhi proses pembakaran lemak.

  • Memperbaiki Postur dan Menjaga Keseimbangan

Postur tubuh yang baik bisa menunjang aktivitas harian kamu, lho, guys. Karena tubuh berisiko mengalami cedera ketika kamu melakukan gerakan tertentu atau suatu pekerjaan dengan postur yang nggak tepat. Keseimbangan tubuh juga harus dijaga agar seluruh fungsi organ kita bisa bekerja secara normal. Dan latihan gerakan back up bisa memberikanmu dua manfaat ini. Kuncinya, adalah lakukan latihan dengan rutin.

  • Mencegah Pengeroposan Tulang

Siapa sih, yang mau kepadatan tulang menurun karena usia semakin bertambah? Kamu bisa kok, mencegahnya dengan melakukan latihan back up. Gerakan ini akan mendorong tubuh memproduksi hormon testosteron yang dapat menjaga kepadatan tulang.

Cara Melakukan Back Up yang Benar

back up
pexels.com

Meski terlihat seperti latihan yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun, tapi cukup mengejutkan, banyak yang masih keliru melakukan gerakan back up, lho. Hati-hati, kesalahan back up bisa bikin tubuh cedera, lho, guys!

Agar nggak salah lagi, simak gimana cara melakukan back up yang benar berikut ini, yuk:

  • Sikap Awal Latihan Back Up

Untuk memulainnya, ini adalah cara melakukan back up pertama yang harus diperhatikan. Back up merupakan latihan daya tahan yang biasa dilakukan untuk menguatkan otot perut dan punggung. Untuk melakukannya kamu harus dalam posisi tidur tengkurap di atas matras atau alas olahraga yang disarankan. Pastikan badan dan kedua kaki dalam posisi lurus. Lalu tekuk kedua siku hingga ujung tangan memegang masing-masing pelipis kiri dan kanan. Atau kamu juga bisa mengaitkan kedua tangan di belakang kepala.

  • Gerakan Back Up

Lalu teknik selanjutnya dalam gerakan latihan back up adalah, secara perlahan angkatlah tubuh bagian depan ke atas sampai dada terangkat dan tidak menyentuh permukaan matras. Kamu bisa menggunakan kedua tangan yang diletakkan di belakang kepala untuk mendorong dada dan kepala ke atas.

Saat melakukan gerakan ini biasanya kedua tungkai ikut-ikutan terangkat, guys. Ingat, itu adalah kesalahan yang  harus kamu hindari. So, untuk menjaga kedua kakimu tetap lurus di posisi awal, mintalah bantuan seseorang untuk menahannya.

  • Turunkan Badan

Cara melakukan back up yang nggak kalah penting selanjutnya adalah memperhatikan posisi ketika kamu menurunkan badan. Pastikan kamu perlahan kembali ke posisi semula. Jangan lupa untuk menjaga napas agar teratur, jadi nggak sampai ngos-ngosan.

  • Ulangi Gerakan Back Up sesuai Kemampuan

Ulangi gerakan back up sesuai kemampuanmu. Meski manfaatnya sangat banyak, namun hindari melakukan latihan ini secara berlebihan. Alih-alih mendapatkan semua kebaikan yang ditawarkan oleh gerakan back up, kamu hanya bikin tubuh kelelahan. Akhirnya kamu malah jadi nggak rutin melakukan latihan back up, deh.

Sebenarnya ada dua macam gerakan back up, yakni back up mengangkat togok dan back up mengangkat tungkai. Namun pada intinya kedua macam gerakan back up sama saja, kok. Yang membedakan, jika pada back up mengangkat togok kamu harus meliukkan kepala, pundak, dada, lengan dan perut ke atas, sementara pinggul dan tungkai tetap menempel di lantai dengan posisi rapat dan lurus.

Sedangkan pada back up dengan mengangkat tungkai kaki, kamu hanya perlu meliukkan bagian tungkai kaki ke atas hingga terangkat dari matras, namun pinggul serta perut tetap rapat dan menempel di permukaan matras.

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Melakukan Back Up

Well, gerakannya memang sangat sederhana sekali. Cuma tiduran dalam posisi tengkurap dan angkat-angkat tubuh bagian atas atau bawah. Tapi nyatanya kesalahan-kesalahan umum masih kerap dilakukan, lho. Nggak heran kalau tubuh malah jadi linu-linu, bahkan sampai kram otot. Gara-garanya ya, karena kesalahan saat melakukan gerakan back up.

Nah, agar nggak sampai terjadi padamu, yuk, disimak 5 kesalahan umum yang sering banget dilakukan, sengaja atau enggak, saat melakukan back up.

  1. Melewatkan pemanasan sebelum melakukan back up
  2. Membiarkan tubuh mengalami dehidrasi dengan tidak memperhatikan asupan cairan ketika akan melakukan back up
  3. Posisi tubuh nggak lurus
  4. Posisi tangan nggak berada di pelipis atau samping telinga, dan
  5. Posisi kaki nggak lurus

Itulah 5 kesalahan yang kerap terjadi ketika seseorang melakukan gerakan back up.


Baca juga: Yuk Produktif, Ikuti 5 Olahraga Yang Tren di Tengah Pandemi

Gimana, guys, setelah tahu manfaat, cara melakukan back up dan kesalahan yang harus dihindari ketika latihan, jadi semakin semangat untuk mendapatkan semua manfaat menakjubkan dari gerakan back up, kan?

Nah, agar latihanmu makin nyaman dan menyenangkan, kuncinya adalah dengan memilih matras olahraga dengan kualitas terbaik yang dapat menunjang segala macam gerakan back up maupun latihan fisik lainnya. Nggak perlu bingung-bingung mencari tempat terpercaya yang menjual matras berkualitas. Kamu bisa menemukan semua pilihan matras populer yang memiliki kualitas nomor 1 di Blibli. Selain pilihannya yang sangat beragam, harga matras Olahraga yang ditawarkan Blibli pun sangat terjangkau, guys. Jadi, kamu bisa olahraga dengan happy tanpa harus menguras dompet.

Dapatkan Matras Berkualitas Hanya di Sini!

Tag: