me

Cara Masak Sayur Asem, Cek Dulu Yuks!

Mar 26, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia cara masak sayur asem lengkap untukmu! / endeus.tv

Sayur asem merupakan menu yang segar dan bisa dinikmati pada cuaca apapun termasuk musim panas. Hidangan rumahan ini punya rasa yang otentik banget dengan perpaduan gurih, manis dan asam asli dari gula jawanya. Bakalan cocok banget dihidangkan bersama nasi hangat dan ikan goreng untuk keluarga. Mau bikin sayur asem? Cek cara masak sayur asem lengkap di bawah ini!

Baca juga: Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Praktis


Bahan Masak Sayur Asem

dapurkintamani.com

Kamu perlu tahu kalau sayur asem sebenarnya ada banyak versinya, namun untuk kali ini kita bakalan bahas sayur asem dari asem jawa yang super nikmat untukmu. Untuk membuatnya kamu butuh waktu sekitar 45 menitan. Kemudian untuk bahan yang tertera ini bisa digunakan memasak sebanyak 6 porsi, jadi kamu bisa menambah atau menguranginya sesuai kebutuhan. 

Pertama, kamu perlu menyiapkan isian dari sayurannya meliputi 1 buah jagung manis, 100 gram mlinjo muda, 1 labu siam ukuran sedang, 6 helai kacang panjang (pilih yang muda dan bantet). Di sini kamu bisa menambahkan sayuran lain yang pengen dimasukkan namun untuk rasa yang sama dengan sayur asem jawa hanya menggunakan isian di atas.

Kedua, siapkan bumbu rempah meliputi 2 cm lengkuas yang digeprek, 2 lembar daun salam, 40 gram daun melinjo muda, 2 buah asam jawa muda, ½ potongan kecil gula aren murni. Semua bahan ini dipakai untuk memunculkan aroma sedap dari masakannya sehingga nggak boleh ada yang terlewatkan. Kamu bisa mengikat bahan-bahannya menjadi satu biar sayurnya tetap terlihat bersih. 

Ketiga, kamu perlu bumbu-bumbu untuk memasak sayurnya meliputi 2 sendok teh garam halus, 1 potong terasi (bakar), 3 butir kemiri (panggang), 2 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 10 cabai merah keriting dan 5 buah cabai rawit merah. Semua bahan bumbunya disiapkan pada sebuah wadah untuk mempermudah memotong dan memisahkannya,.

ABC Cooking Studio Membership Fee

Bagaimana Cara Masak Sayur Asem?

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, berikutnya kamu bisa cek langkah pembuatan masakan sayur asem di bawah ini!

  • Siapkan Semua Isi Sayuran

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan semua sayuran sebagai isiannya. Di sini kamu perlu hati-hati untuk mencuci setiap sayurannya biar nggak ada ulat atau sisa tanah yang menempel pada sayurannya. Apalagi untuk labu biasanya mengandung banyak getah jadi harus dibersihkan dengan baik. 

Pertama, kamu perlu memisahkan masing-masing sayuran kemudian cuci berulang dan memotongnya. Kedua, rendam sayuran yang telah dipotong pada wadah berbeda-beda untuk mengecek kebersihannya. Di sini kamu bisa menambahkan garam halus untuk membunuh hama yang menempel pada sayurannya. Setelah itu, tiriskan semua sayurannya. 

  • Haluskan Bumbu

Kamu bisa menggunakan cobek atau blender untuk menghaluskan semua bumbu yang dipakai mulai dari bawang merah, bawang putih, terasi sampai dengan cabainya. Semuanya harus dihaluskan sampai teksturnya benar-benar lembut. Tujuannya biar tampilan sayur asamnya lebih bersih dan nggak ada tekstur kasar di dalamnya. 

Hanya saja beberapa orang percaya rasa sayur asem dengan bumbu yang dihaluskan menggunakan cobek bakalan lebih sedap dibandingkan dengan menggunakan blender. Jadi, kamu yang punya cobek bisa mencobanya lebih dulu. 

  • Siapkan Panci 

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan panci kemudian masukkan sedikit air di dalamnya. Tunggu sampai airnya mendidih (biar cepat kamu bisa menutup pancinya).

  • Masukkan Jagung dan Buah Melinjo

Jika air dalam pancinya sudah mendidih kamu bisa memasukkan potongan jagung dan buah melinjo ke dalamnya. Kamu perlu merebus dua bahan tersebut sekitar 15 menitan sampai benar-benar lunak. 

  • Rebus Asam Jawa

Gunakan panci lain dan isi air sekitar 150 ml untuk merebus asam jawa. Hal ini bertujuan untuk membuat sayur asammu lebih berasa dan bersih. Di sini kamu perlu meremas-remas bagian asam jawanya sampai mendapatkan tekstur yang sesuai. Setelah itu, remas dan peras sampai mendapatkan airnya sekitar 100 ml. 

Cara ini penting banget diperhatikan karena mampu memunculkan rasa lebih otentik dan asamnya pas dibandingkan dengan langsung memasukkannya ke dalam campuran sayuran. 

  • Masukkan Bumbu Halus

Jika jagung dan buah mlinjo sudah empuk kamu bisa memasukkan bumbu halus ke dalam rebusannya. Aduk merata sampai semua bumbunya tercampur dengan sayurannya. Di sini kamu perlu mengecilkan api biar nggak terlalu panas dan surut airnya. 

  • Masukkan Labu Siam dan Kacang Panjang

Selanjutnya kamu bisa memasukkan potongan labu siam dan kacang panjang ke dalam rebusan sayuranmu. Tutup kembali panci sampai semua sayurannya empuk dan matang sempurna. Ingat untuk selalu menggunakan api kecil biar nggak cepat surut airnya.

  • Tambahkan Air Asam dan Daun Mlinjo

Langkah kedelapannya adalah kamu perlu menambahkan air asam dan daun mlinjo ke dalam rebusan sayur asamnya. Didihkan kembali sampai semua campurannya merata dan aromanya wangi. 

  • Koreksi Rasa

Selanjutnya kamu bisa menambahkan garam, gula, merica dan ke dalam rebusan sayur sampai mendapatkan rasa sesuai seleramu. 

  • Sayur Asam Siap Disajikan

Setelah semua bumbunya matang dan sayurannya empuk maka sayur asam siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya bersama nasi hangat dan ikan goreng sebagai hidangan makan siang maupun makan malam. 

Tips Mengupas Labu dan Memotong Kacang Panjang

Beberapa orang merasa kesulitan untuk menghilangkan getah yang menempel pada labu siam sehingga mereka malas untuk membuat sayur asam. Pertama, kupas labu menggunakan pisau yang tajam biar lebih mudah. Kedua, langsung cuci bongkahan labu siam pada air mengalir. Ketiga, potong menjadi empat bagian besar dan cuci lagi menggunakan air mengalir. 

Setelah itu, kamu perlu menyiapkan baskom atau wadah yang berisikan air bersih untuk merendam potongan labu yang sudah kecil-kecil. Diamkan sekitar 5 menitan dan cuci lagi menggunakan air mengalir. Jika ada getah yang menempel di telapak tangan dan jarimu jangan khawatir karena bisa dihilangkan selagi masih basah menggunakan sabun cuci piring maupun jeruk nipis.

Lalu bagaimana cara memotong kacang panjang yang benar? Pertama, kamu perlu memotongnya dulu sama panjang menggunakan pisau yang tajam. Kemudian kamu bisa merendamnya dulu pada baskom berisikan air dan garam. Nantinya hama bakalan langsung muncul ke permukaan. Barulah kamu bisa membilasnya lagi dengan air mengalir dan meniriskannya. 

Dengan begitu semua sayuranmu bakalan lebih bersih dari hama maupun getah yang mengganggu. Tentunya hal ini bakalan membantumu mendapatkan rasa sayur asam yang lebih nikmat dan sehat. 


Baca juga: Mau Dibilang Jago Masak? Coba Resep Ini Yuk!

Blibli Friends yang tertarik untuk mendapatkan kursus masak lebih terjangkau bisa cek voucher lengkapnya di Blibli saja. Ada banyak pilihan voucher dengan harga terjangkau dan tentunya sesuai kebutuhanmu. Cek semuanya sekarang juga yuks jangan sampai ketinggalan!

Tag: