me

Cara Masak Nasi Goreng, Dijamin Rasanya Pasti Nagih

Mar 26, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia cara masak nasi goreng kampung spesial untukmu! / istockphoto.com

Cara Masak Nasi Goreng, Dijamin Rasanya Pasti Nagih — Nasi goreng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang berkembang sangat pesat mengenai rasa dan tambahan bahannya. Sehingga kamu nggak perlu bingung lagi untuk menemukan nasi goreng karena hampir setiap rumah makan pasti ada. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan petunjuk cara masak nasi goreng lengkap di bawah ini!Baca juga: 

Baca juga: Cara Masak Sayur Asem, Cek Dulu Yuks!


Bahan Masak Nasi Goreng

thespruceeats.com

Salah satu jenis nasi goreng yang mudah dibuat sendiri dan rasanya khas rumahan adalah nasi goreng kampung. Nasi goreng yang satu ini biasanya menggunakan daging ayam sebagai lauknya meskipun ada juga yang pakai telur biar rasanya lebih gurih. Untuk membuatnya kamu perlu waktu sekitar 30 menitan dan cocok digunakan untuk 2-3 porsi orang jika pakai resep ini. 

Pertama, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan utama seperti 500 gram nasi putih kempyar (jangan yang pulen), 4 sendok makan minyak sayur, 200 gram ayam goreng, 4 sendok makan kecap manis, 3 butir telur ayam, 1 sendok makan kaldu ayam/jamur sesuai selera dan ½ sendok teh merica bubuk atau lada hitam. 

Kedua, siapkan bumbu yang nantinya dihaluskan biar aroma nasi goreng kampungnya makin enak. Beberapa bumbu yang dibutuhkan adalah 2 sendok teh garam halus, 2 sendok teh terasi goreng, 3 buah cabai merah, 3 siung bawang putih dan 5 butir bawang merah. Jika kamu butuh rasa yang lebih pedas, jangan lupa untuk menambah cabai merah yang digunakan. 

Ketiga, biar rasa nasi goreng kampung makin nikmat jangan lupa gunakan bahan pelengkap dalam pembuatannya. Bahan pelengkap yang dibutuhkan adalah acar mentimun segar dan kerupuk kanji. Nasi goreng ini nikmat banget digunakan untuk sarapan maupun makan malam. Makin lengkap jika kamu menambahkan telur mata sapi ceplok dan potongan sosis biar makin kenyang. 

ABC Cooking Studio Membership Fee

Bagaimana Cara Masak Nasi Goreng?

Setelah semua bahannya sudah siap kamu bisa memulai masak nasi gorengnya. Adapun beberapa langkah masak yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut!

  • Siapkan Nasi

Di sini kamu bisa menggunakan nasi putih yang baru matang maupun nasi sisa kemarin. Jika kamu memasak nasi baru jangan lupa untuk membuat teksturnya nggak menggumpal namun lebih kempyar. Kemudian setelah nasinya matang juga jangan langsung diolah jadi nasi goreng namun diamkan dulu sampai dingin. 

Di sini kamu butuh nasi sekitar 500 gram untuk sajian sekitar 2-3 orang, jadi jika pengen masak lebih banyak kamu juga harus memperhatikan takaran bumbu biar rasanya tetap enak. Dinginkan nasi pada piring biar cepat hilang panasnya sembari menyiapkan bumbu lainnya. 

  • Kupas Semua Bumbu 

Siapkan semua bahan mulai dari bawang merah, bawang putih dan cabai. Kemudian cuci bersih sampai semua bahan siap digunakan. 

  • Haluskan Bumbu

Kamu bisa menggunakan bantuan blender atau menghaluskan semua bumbu menggunakan cobek (manual). Pastikan semua bumbunya halus sempurna dan nggak ada tekstur mengganjal biar lebih bisa merata dan menyatu pada nasinya. Bumbu nasi goreng yang kasar juga memberikan sensasi kurang nyaman untuk dinikmati. 

  • Marinasi Ayam

Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih kemudian marinasi menggunakan jeruk nipis atau lemon, garam dan merica. Aduk merata dan remas-remas ayamnya biar semua bumbu marinasi meresap. Diamkan sekitar 10 menitan sampai aroma amisnya hilang. 

  • Goreng Ayam

Setelah dimarinasi kamu bisa menggoreng ayamnya pada minyak panas. Minyak yang dibutuhkan secukupnya asalkan mampu membuat semua ayamnya tenggelam. Goreng sampai benar-benar matang dengan api sedang biar bagian dalamnya juga matang. Setelah itu tiriskan sampai ayamnya dingin dan minyaknya berkurang. 

  • Goreng Kerupuk

Sisa minyak bekas menggoreng ayam bisa kamu pakai untuk menggoreng kerupuk kanji. Goreng kerupuk secukupnya sebagai pelengkap hidangan biar rasa nasi goreng kampungnya makin oke. Jangan lupa untuk meniriskan kerupuknya setelah matang biar minyaknya nggak mengendap. 

  • Suwir Ayam

Kamu bisa melanjutkan proses berikutnya dengan menyuwir ayam menggunakan pisau tajam. Di sini kamu bisa menggunakan sarung tangan dari plastik untuk melindungi tanganmu dari minyak dan ayam yang masih panas. Suwir ayam dengan bentuk sesuai selera, pokoknya jangan terlalu besar biar bisa langsung dimakan tanpa ribet. 

  • Tumis Bumbu

Siapkan teflon atau wajan kemudian masukkan minyak baru secukupnya. Lanjut masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalamnya. Aduk dan tumis sampai bumbunya matang merata dan wangi.

  • Kocok Telur

Siapkan wadah untuk mengocok telur menggunakan garpu. Di sini kamu bisa menggunakan kocokan lepas kemudian masukkan kocokan telur tersebut ke dalam tumisan bumbu. Aduk secara merata sampai semuanya tercampur merata. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil biar nggak gosong maupun lengket. 

  • Masukkan Nasi dan Suwiran Ayam

Setelah kocokan telur lumayan matang kamu bisa memasukkan nasi sembari tetap diaduk biar nggak menggumpal. Barulah kamu bisa memasukkan suwiran ayam dan mengaduknya kembali. 

  • Masukkan Kecap 

Jika sudah tercampur merata, masukkan kecap secukupnya ke dalam tumisan nasi. Di sini kamu bebas menggunakan takaran kecap untuk mendapatkan rasa yang pas di lidahmu.

  • Koreksi Rasa

Tambahkan penyedap rasa, garam dan merica bubuk untuk mendapatkan rasa lebih pas pada nasi gorengnya. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya sebelum nasi benar-benar matang.

  • Masak Sampai Matang

Aduk terus nasi gorengnya sampai semua bahan tercampur dan kondisinya sedikit kering. Kemudian sajikan ke atas piring. 

  • Ceplok Telur dan Goreng Sosis

Untuk melengkapi lauk yang dihidangkan kamu bisa menambahkan ceplokan telur dan sosis goreng di pinggiran nasi gorengnya. Lengkapi hidangan dengan kerupuk dan acar mentimun jika suka. 

Tips Memasak Nasi Goreng Biar Nggak Gosong dan Bumbunya Rata

Masalah yang sering terjadi dalam membuat nasi goreng adalah gampang gosong dan bumbunya sulit nempel ke nasinya. Untuk menghindari masalah ini kamu perlu cek dulu beberapa tips dalam memasaknya. Pertama, selalu utamakan menggunakan nasi kempyar atau nasi yang dimasak kemarin biar nggak terlalu banyak kadar airnya. 

Kadar air berlebih pada nasi bisa membuat teksturnya mudah benyek dan gosong di wajan. Kemudian biar bumbu rata sempurna pastikan kamu menghaluskan bumbunya sampai benar-benar cair jangan sampai masih ada teksturnya. Selanjutnya, biar nggak gosong ketika memasak nasi goreng kamu harus pandai mengatur nyala api.

Ketika bumbu sudah matang dan kamu harus menumis nasi maka di sini kamu wajib menggunakan api dengan nyala kecil. Sehingga nasi nggak bakalan mudah gosong, kemudian jangan lupa untuk selalu mengaduk nasinya selama proses memasak. 


Baca juga: Mau Dibilang Jago Masak? Coba Resep Ini Yuk!

Kamu yang pengen buat masakan lebih enak dan nambah ilmu masak bisa cek voucher kursus masak di Blibli saja. Pilihan kursusnya banyak dan harganya pasti terjangkau untukmu. Borong dan beli semuanya sekarang juga!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya