Cara Memanfaatkan Gimbal Kamera untuk Hasil Video yang Keren

Konten video semakin menjamur dan tools yang digunakan pun semakin berkembang. Lensa dan kamera masih jadi yang utama, tapi penggunaan gimbal jadi sebuah penyempurna. Gimbal pun jadi layaknya aksesori wajib yang harus dibawa ke mana-mana. Banyak videografer memanfaatkan tool yang satu ini untuk dapat footage yang halus dan memanjakan mata.

Ya, bukan berarti cuma pakai gimbal hasil videonya akan pasti bagus 100%, ya, Friends. Dalam urusan penggunaan tools apa pun, teknik dasar masih tetap jadi hal utamanya. Lalu, kamu bisa pakai tips and trick pakai gimbal layaknya seorang videografer pro di bawah ini!

1. Tahu dulu kehebatan yang dibawa gimbal

Mau pakai tool, ya harus tahu fitur dan masing-masing kegunaannya. Buat jadi seorang pro, kamu harus jadi seorang amatir dulu. Bukan amatir yang tidak bisa apa-apa. Sisihkan waktu buat memperlajari semua fiturnya sampai kamu benar-benar tahu. Jangan setengah-setengah, ya!

Walaupun pada dasarnya hampir semua gimbal mirip, kamu harus tahu cara mengoperasikan gimbal yang kamu punya. Setiap tombol punya fungsi dan kamu harus tahu kapan menggunakannya saat merekam.

BERBAGAI PILIHAN KAMERA MIRRORLESS YANG OKE PUNYA UNTUK MEREKAM

2. Punya Banyak Referensi

Orang pintar tahu cara menggunakannya, orang cerdas bisa memanfaatkan apa yang ada. Kamu mungkin tahu cara menggunakannya gimbal, mulai dari menyalakannya, menghubungkan ke kamera, sampai melakukan gerakan merekan dengannya. Namun, apa kamu benar-benar butuh semua fiturnya?

Jadi, mending kamu tahu dulu mau bikin footage video seperti apa. Lakukan banyak riset dan tuangkan semua yang ada di dalam otak kamu ke dalam sebuah blueprint yang bagus. Saat sudah saatnya terjun ke lapangan, kamu tahu mau mengambil video seperti apa.

KAMERA FULL FRAME YANG TANGGUH DI SEGALA MEDAN

3. Tambahkan cerita dalam setiap footage

Semua orang bisa menekan tombol record dan berlari ke sana ke mari. Namun, footage tanpa story sama seperti sayur kuah bening tanpa bumbu penyedap. Kamu tetap bisa makan sayurnya, tapi tidak ada rasa yang tinggalkan di dalam mulut. Hanya potongan video hambar.

Kamu juga butuh menambahkan cerita dalam setiap potongan video. Sebagus apa pun gimbal yang kamu pakai untuk merekam gambar, tetap akan kosong tanpa sebuah cerita di dalamnya. Gimbal tidak bisa bercerita, orang yang memegangnya yang harus mampu melakukannya.

BUAT YANG CARI SMARTPHONE BERKAMERA BAGUS, BISA DITEMUKAN DI SINI

4. Selalu perhatikan gerakan naik-turun

Gimbal diciptakan untuk menjaga posisi lensa tidak berguncang saat merekam. Aksesori yang satu ini bisa digunakan untuk gerakan maju, mundur, dan berguling. Sayangnya, beberapa gimbal masih harus menyesuaikan dengan gerakan melompat dengan cepat. Pastinya, sedikit-banyak akan memengaruhi hasil rekaman.

Banyak footage hancur lantaran videografer melakukan gerakan melompat tanpa perhitungan tepat. Pastikan kamu melakukan gerakan vertikal dengan bantuan lebih dari satu orang untuk benar-benar mendapatkan hasil yang smooth dan jelas.

SIAPKAN SDCARD YANG BANYAK UNTUK MENYIMPAN HASIL REKAMAN KAMU

5. Jangan Buang-buang Energi

Seorang pro tahu semua yang dilakukannya. Dia akan merekam saat dibutuhkan dan diam saat memang harus istirahat. Hal ini juga termasuk dalam gerakan merekamnya, ya. Gimbal akan bantu kamu mendapatkan banyak footage dalam posisi sulit. Saat tidak perlu melompat sambil membawa gimbal, ya kamu tidak perlu melakukannya, Friends.

Perbedaan mendasar dari seorang pro dan amatir adalah ketenangan dalam mengambil gambar. Bukan hanya tahu fungsi gimbal dan cara penggunaannya. Kamu juga butuh ketenangan saat pengoperasiannya.

BELI GIMBAL TERBAIK UNTUK VIDEOGRAFER PROFESIONAL DI SINI

Buat kamu yang sedang mencari gimbal, Blibli.com punya penawaran menarik dari Zhiyun. Kamu bisa mendapatkan produk menarik, mulai dari Zhiyun Weebill Lab untuk kamera mirrorless, Zhiyun Crane M2 untuk kamera point-and-shoot, dan Zhiyun Weebill Lab Master untuk skala pro.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY