me

7 Cara Kredit HP dengan Bijak Supaya Nggak Rugi

Oct 05, 2023.By Jarvis
Bagikan

droila.com
Simak dulu cara kredit HP dengan bijak sebelum beli!

Cicilan 0% Gadget

Hampir semua orang sekarang membutuhkan gadget, setidaknya sebagai alat komunikasi. Sekarang beli HP idaman jadi makin mudah karena ada fasilitas cicilan HP kalau belinya di toko online. Kalau belum pernah kredit HP online, mungkin kamu masih ragu karena khawatir rugi. Nggak perlu khawatir lagi, yuk simak cara kredit HP dengan bijak di sini.

Baca juga :


Cara Kredit HP dengan Bijak

Kredit HP online itu bisa menguntungkan, lho. Beli HP impian jadi nggak terasa berat dan bisa langsung kamu gunakan sekarang juga. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk kredit HP dengan lebih bijak. Ini dia 7 cara kredit HP dengan cara yang bijak:

1. Beli Seri HP yang Sesuai Budget

pricebook.co.id

Pertama-tama, pastikan HP yang bakal Blibli Friends beli sesuai dengan kondisi finansial kamu. Memang ada fasilitas kredit HP, tapi ini tujuannya untuk meringankan beban cicilan kita. Kalau beli HP yang harganya nggak sesuai budget, cicilan bulanannya pun bisa memberatkan. Yuk, riset dulu apa saja tipe HP yang pas dengan kantongmu. 

2. Bandingkan Harga HP Idaman

pricebook.co.id

Penting banget untuk cek dulu harga HP incaran supaya tahu harga pasarannya. Bandingkan dulu harga HP dari beberapa toko, kalau perlu bandingkan di tiap aplikasi. Kita bakal tahu berapa harga yang wajar, jadi bisa menentukan nantinya beli di aplikasi dan toko yang mana. 

Ingat ya, Blibli Friends, sebaiknya nggak mudah tergoda dengan toko yang menawarkan harga HP terlalu murah. harga yang nggak masuk akal artinya memang promo yang nggak mungkin. Kecuali kalau yang mengadakan program adalah toko resmi atau produsen merek HP tersebut. Misalnya saat ada flash sale besar-besaran di program diskon tertentu. Selebihnya, hindari harga yang terlalu murah. 

3. Bandingkan Fasilitas Cicilan HP di Beberapa Aplikasi

ponselhub.com

Sekarang ada banyak aplikasi belanja online yang menawarkan fasilitas cicilan HP. Tiap aplikasi pasti berbeda-beda program serta syarat dan ketentuannya. Jadi, sebelum memutuskan untuk mencicil, cek dulu fasilitas cicilan yang tersedia di tiap aplikasi. Mana yang memberikan fasilitas paling menguntungkan untukmu. 

Yang pasti, fasilitas cicilan harus sudah mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, cari tahu juga apakah kamu bisa mendapatkan tenor yang panjang atau nggak. Kalaupun tenornya pendek, pastikan sesuai dengan kemampuanmu. Hindari memilih tenor yang memberatkan, daripada nantinya malah telat bayar cicilan dan kena denda. 

Salah satu fasilitas cicilan HP yang oke tentunya di Blibli, karena di ada program HP Cicilan 0% + Gratis Biaya Admin. Biayanya lebih rendah, pasti lebih menguntungkan. Mencicil HP incaran jadi nggak berat dengan Blibli!

4. Cek Dulu Kontrak Pinjamannya

qoala.app

Sama dengan membeli barang dengan pembayaran cicilan lainnya, membeli HP dengan mencicil juga pasti ada kontrak pinjamannya. Sebagai pembeli, Blibli Friends wajib banget membaca dulu kontrak pinjaman dari awal sampai akhir. Di dalam kontrak ada syarat dan ketentuan yang berlaku, harus dipatuhi pembeli maupun penjual. 

Biasanya setiap toko online punya kebijakan yang berbeda-beda. Jadi cek satu-persatu sampai benar-benar dipahami. Kalau ada yang kurang jelas, kamu bisa hubungi langsung pihak customer service toko online tersebut. Selain itu, tiap toko juga mungkin memberlakukan syarat tambahan. Nah, ini juga perlu dicek dulu sebelum setuju mencicil. Kalau kurang paham, tanyakan ke pihak toko. 

Lebih baik teliti di awal dan banyak bertanya, daripada kamu terjebak masalah di kemudian hari tapi ternyata itu adalah karena kesalahanmu sendiri. Jadi, Blibli Friends jangan malas untuk membaca kontrak pinjaman, ya. 

5. Cek Apakah Ada Biaya Lain

westend61.de

Cek lagi apakah ada biaya lain yang diberlakukan dalam kontrak cicilan. Tiap toko online memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Mungkin saja ada biaya proteksi HP dan biaya lainnya. Pada umumnya, biaya ekstra yang diberlakukan nggak terlalu tinggi, tapi tetap penting untuk dicek lagi supaya kamu tahu secara terperinci apa yang kamu bayar. 

Biaya lain ini juga termasuk biaya admin, biaya penanganan hingga biaya denda kalau kamu terlambat membayar cicilan. Kalau sudah tahu berapa biayanya dari awal, kita bisa bersiap-siap mengeluarkan dana lebih. Apalagi kalau sudah tahu ada biaya denda sejak awal, biasanya kita akan menghindari membayar telat dan jadi lebih disiplin dalam mencicil. 

Kalau masih ragu, nggak ada salahnya bertanya langsung ke penjualnya supaya benar-benar nggak ada yang terlewat. Oh ya, semua biaya tambahan ini harus dibayarkan di aplikasi, ya. Sebaiknya hindari melakukan transaksi dengan toko yang meminta biaya tambahan tapi harus ditransfer di luar aplikasi. Itulah pentingnya bertanya untuk menghindari terjebak biaya yang nggak kamu pahami sebelumnya. 

6. Beli Pas Promo

bestbuy.com

Salah satu keuntungan beli HP di toko online adalah sering ada promo. Biasanya setiap bulan selalu saja ada promo di toko online, sementara itu di toko offline belum tentu. Nah, meskipun Blibli Friends berencana beli HP dengan cicilan, kamu juga bisa tetap memanfaatkan promo ini, lho. Setidaknya kamu bisa dapat promo yang bisa berupa potongan harga atau cashback

Perhatikan kapan sih waktunya promo diadakan. Tiap toko online biasanya memberlakukan promo yang berbeda-beda, meskipun ada juga yang sama. Biasanya di Harbolnas, Hari Belanja Online Nasional, tanggal 11 November, semua toko online pasti ada promo. Sedangkan waktu-waktu lainnya berbeda-beda. Pastikan kamu selalu up to date dengan masa promo ini supaya bisa memanfaatkan yang terbaik!

7. Bayar Cicilan Tepat Waktu

time.com

Tujuan utama kita mencicil HP via toko online adalah supaya kita nggak keberatan membayarnya. Dengan dicicil setiap bulan, seharusnya terasa lebih ringan. Jadi kalau sudah setuju dengan kontrak cicilan, kita harus mematuhi aturan. Salah satunya adalah membayar cicilan tepat waktu. Bahkan kalau bisa sebelum tanggal jatuh tempo. Kalau nggak, pasti kena denda, lho.

Tiap platform memberlakukan jumlah denda yang berbeda-beda. Yang pasti, dendanya cukup besar, mulai dari Rp 25.000 – Rp 150.000. Kalau sudah kena denda, malah jadi memberatkan pengeluaran kita. Jadi begitu sudah dapat transfer gaji dan pemasukan bulan ini, sebaiknya langsung bayar cicilan biar terasa lebih ringan!


Baca juga :

Sudah tahu kan bagaimana 7 cara kredit HP dengan bijak supaya nggak salah pilih? Nah, kalau Blibli Friends beli HP di Blibli, sudah termasuk BliProteksi yang menjamin proteksi untuk pembeli. Beli gadget jadi lebih aman dan terjamin! Varian HP dan gadget di Blibli lengkap, yuk cek HP incaranmu sekarang juga dan dapatkan promonya!