me

7 Cara Klaim Garansi HP Beli Online, Ternyata Mudah!

Oct 05, 2023.By Jarvis
Bagikan

pluang.com
Harus tahu cara klaim garansi HP beli online ini dulu sebelum beli!

Cicilan 0% Gadget

Beli HP online dapat garansi nggak sih? Beli HP online cara klaim garansinya repot nggak sih? Dua pertanyaan ini sering diajukan bagi yang belum pernah beli HP via online sebelumnya. Ternyata cara klaim garansinya mudah, lho. Sebelum simak cara klaim garansi HP beli online, yuk cari tahu apa saja sih yang bisa ditanggung oleh garansi resmi HP berikut ini. 

Baca juga :


Apa Saja yang Ditanggung Garansi HP?

aboutact.com

Masih banyak pengguna HP yang mengira kalau garansi resmi HP yang kita beli itu mencakup semua jenis kerusakan dan kehilangan. Padahal sebenarnya ini nggak benar, lho. Ternyata hanya sebagian saja kerusakan yang ditanggung oleh garansi resmi. Jadi apa saja yang ditanggung garansi HP resmi? Ini dia daftar lengkapnya:

  • Semua tombol HP
  • Layar sentuh
  • Sensor
  • Penangkapan sinyal lemah
  • Mic
  • Speaker
  • Konektor charger
  • Konektor audio
  • Software
  • Slot SIM dan slot microSD yang nggak bisa membaca kartu.

Kebanyakan merek HP nggak menanggung kalau terjadi kerusakan di baterai. Apa pun jenis kerusakannya, entah karena drop dan cepat banget habis dan penyebab lainnya. Biasanya, pemilik HP akan diminta menggantinya dengan yang baru, tentu dengan biaya sendiri. Walaupun ada juga beberapa merek yang menyediakan garansi baterai yang berlaku selama 6 tahun. 

Berikutnya juga terjadi kesalahan persepsi dari asuransi layar sentuh. Yang akan ditangani oleh garansi resmi adalah apabila terjadi kesalahan karena sensor sentuhnya yang kurang responsif. Sementara itu, kalau yang terjadi di HP kita adalah layarnya tergores, retak dan pecah, ini ternyata nggak termasuk ke dalam garansi resmi. Alasannya, layar rusak umumnya terjadi karena kesalahan pengguna. 

Memang nggak semua bagian HP yang rusak bisa diganti dengan garansi resmi, tapi tetap penting mendapatkan garansi resmi karena bisa menjamin HP kita dengan lebih aman. Kalau terjadi kerusakan di bagian-bagian yang disebutkan di atas, biaya yang kita keluarkan nggak bakal terlalu banyak. Adanya garansi resmi juga menandakan HP itu orisinal dan masuk ke Indonesia dengan resmi (untuk HP impor).

Cara Klaim Garansi HP Beli Online

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan konsumen saat akan beli HP online adalah apakah bisa mendapat garansi resmi dan apakah garansinya bisa diklaim? Bagi yang belum pernah membeli gadget via online, wajar saja memiliki rasa khawatir ini. Padahal, sekarang kita bisa membeli HP dari toko resmi dari merek HP yang kita pilih. 

Garansinya sudah pasti resmi, cara klaimnya juga sama sekali nggak sulit, kok. Kebanyakan merek HP sudah bisa diklaim garansinya secara digital. Cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengklaim garansi HP yang dibeli via online:

1. Aktifkan Kartu Garansi

youtube.com

Klaim garansi HP beli online biasanya sudah bisa dilakukan lewat aplikasi merek HP tersebut. Jadi jangan lupa unduh dulu aplikasinya. Selain itu, klaim juga bisa dilakukan via situs resminya. Kalau sudah masuk ke aplikasi atau situs, pastikan kamu log in ke akun dan aktifkan dulu kartu garansinya. 

Cara aktivasi kartu garansi gampang banget, lho. Cukup masukkan ID toko tempat kamu membeli HP secara online. Proses aktivasi kartu garansi bisa kamu lakukan sejak awal membeli HP. Beberapa toko juga menyarankan aktivasi secara langsung.

2. Pilih Produk yang Akan Diklaim Garansinya

youtube.com

Setelah kartu garansi sudah aktif, kita bisa pilih produk yang akan diklaim garansinya. Kalau kamu punya beberapa produk dari merek yang sama, di layar akan muncul semua produk milikmu. Pilih salah satu yang akan diklaim. Sedangkan kalau untuk merek tersebut kamu hanya punya 1 HP, maka klik saja HP tersebut.

3. Cek Data Produk

betterteam.com

Setelah itu, data produk akan muncul di layar. Cek dulu apakah data produknya sudah tepat sama persis dengan data HP kamu. Biasanya ini termasuk sebagian spesifikasi, nomor seri, dan lain sebagainya. Kalau sudah sesuai, maka tinggal melanjutkan ke proses selanjutnya. Pada umumnya, kalau HP orisinal pasti datanya sudah benar, jadi tinggal melanjutkan saja. 

4. Cari Lokasi Service Center

calgaryfamilyeyedoctors.com

Di tahap ini, Blibli Friends akan diminta untuk memilih lokasi service center HP. Pilih yang paling dekat dengan lokasi kamu. Biasanya aplikasi yang menggunakan lokasi gadget kita juga akan menemukan service center berdasarkan lokasimu. Kalau di daerahmu ada beberapa service center sekaligus, cukup pilih salah satu yang paling nyaman buat kamu. 

5. Masukkan Data Kerusakan HP

around.uoregon.edu

Sudah memilih service center HP yang paling dekat dengan lokasimu? Maka sekarang saatnya memasukkan kerusakan yang terjadi di HP kamu. Tujuannya supaya proses klaim garansi lebih mudah diproses dan diverifikasi. Teknisi HP juga tahu apa masalah yang terjadi di HP kamu, sehingga proses perbaikan mungkin saja bisa dipercepat. 

Oh ya, jangan lupa memastikan dulu apakah kerusakan yang terjadi di HP kamu bisa ditanggung oleh garansi resmi merek HP. Kalau nggak termasuk, maka pengajuan klaim akan ditolak dan HP nggak bisa diperbaiki di service center secara gratis. Kalau bersedia, kamu bisa memperbaikinya sendiri tanpa garansi, alias membayar. 

6. Klaim Garansi

ewg.org

Nah, kalau kelima langkah di atas sudah kamu lakukan, seharusnya sudah selesai dan sudah tersedia tombol Klaim di aplikasi. Jadi, cukup klik saja tombolnya dan kamu sudah selesai mengklaim garansi resmi HP secara resmi. 

Pengajuan klaim garansi kamu akan masuk ke produsen dan akan segera diproses. Tunggu notifikasi dari aplikasi untuk tindak lanjut dari produsen hingga HP kamu diperbaiki. Yang pasti, klaim Blibli Friends sudah terdaftar. 

7. Cek Status Klaim

aboutact.com

Begitu HP kita sudah dalam masa perbaikan, kita bisa dengan mudah mengecek statusnya. Jadi nggak perlu khawatir. Cek di aplikasi merek HP kamu untuk mengecek status klaim garansi. Biasanya tiap kali ada perubahan status, aplikasi bakal mengirimkan notifikasi, supaya kita bisa dengan mudah mengetahui perkembangannya. 


Baca juga :

Nah, ternyata cara klaim garansi HP beli online nggak sulit, kan? Yang pasti, beli HP harus ada garansi resminya supaya lebih terjamin kalau sampai ada kerusakan atau bahkan HP hilang. Nah, kalau kamu beli HP di Blibli, sudah termasuk BliProteksi yang memberi perlindungan ekstra terhadap HP, jadi lebih nyaman kan beli HP online?

Blibli Friends bisa menemukan berbagai macam merek dan seri HP, mulai dari yang entry level, mid range, hingga flagship, semuanya ada. Yuk, pilih seri HP incaranmu di Blibli sekarang juga dan nikmati berbagai fitur dan promo menariknya!