Cara Kerja Sepeda Listrik Biar Kamu Makin Nyaman Bersepeda

Dec 03, 2020.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Bagi kamu yang peduli lingkungan, sangat mungkin kamu lebih memilih sepeda listrik sebagai alat transportasi. Selain bisa untuk olahraga, sepeda yang dapat digerakkan dengan listrik ini juga bisa bergerak tanpa dikayuh. Jadi, Blibli Friends bisa menikmati fungsi ini saat sedang capek mengayuhnya. Namun, sebenarnya seperti apa cara kerja sepeda listrik ini? Cara kerjanya berbeda untuk setiap macam sepeda listrik.

Sebelumnya, ketahui dahulu kalau sepeda listrik ada dua macam, yaitu yang menggunakan pedal dan tidak. Nah, berdasarkan jenisnya tersebut, sekarang mari kita simak ulasan singkat tentang cara kerjanya berikut ini.

BACA JUGA:Spesifikasi Sepeda Listrik Xiaomi Himo Z20

_________________________

1. Sepeda Listrik dengan Pedal

Seperti namanya, jadi pada dasarnya ini adalah sepeda biasa yang ditambahi baterai dan sebuah motor listrik untuk penggerak. Lalu, untuk cara kerja sepeda ini, sederhananya adalah dengan mengubah energi listrik pada baterai atau akumulator menjadi energi gerak atau putar lewat dinamo. Lalu, gerakan dinamo yang berputar ini kemudian diteruskan untuk menggerakkan roda belakang sepeda. Jadi, sepeda listrik kamu bisa bergerak meskipun kamu nggak mengayuhnya.

2. Sepeda Motor Listrik Tanpa Pedal

Nah, kalau sepeda listrik tanpa pedal maka fisiknya sangat mirip dengan motor matic biasa. Namun, penggeraknya hanya dinamo sehingga kamu perlu mengisi dayanya sampai penuh atau cukup, biar sepeda nggak mati di jalan dan mau tak mau kamu harus mendorongnya.

Berikut bagian sepeda listrik tanpa pedal dan fungsinya:

  • Baterai dan charger

Baterai atau akumulator yang bisa diisi ulang dan menjadi sumber energi listrik yang menggerakkan dinamo. Baterai biasanya menjadi bagian termahal dari motor listrik. Tipe baterai yang umum digunakan adalah Lithium.

  • Motor listrik atau dinamo

Dinamo adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Dinamo pada sepeda listrik adalah DC, dengan arus searah. Secara umum yang dipakai adalah brushes dinamo serta brushless dinamo. Namun, untuk efisiensi, maka sering digunakanlah dinamo brushless.

  • Controller

Fungsi dari controller adalah mengontrol kecepatan sepeda listrikmu. Jenis controller dibedakan menurut letaknya, yaitu ada dua macam. Pertama, controller berupa throttle control yang ditaruh di stang. Kedua, controller berupa pedal assist system yang terletak di bagian kaki.

  • Panel display

Di sepeda listrik, panel display ini umumnya berupa layar LCD yang menampilkan kondisi sepedanya. Kamu bisa melihat indikator pada panel display seperti kecepatan sepeda, kondisi baterai dan suhu dinamo.

Kelebihan Sepeda Listrik

Kelebihan sepeda listrik ini tentu saja ramah lingkungan karena nggak mengeluarkan asap dari sisa pembakaran. Jadi, nggak menambah polusi udara. Selain itu, harganya murah terutama untuk sepeda yang jenis motor. Sekitar sepertiga saja dari sepeda motor biasa. Kemudian, sepeda listrik juga nggak bising sama sekali.

Terus, kamu tetap bisa menggunakannya untuk berolahraga, karena sepedanya tetap bisa dikayuh agar bisa jalan seperti sepeda biasa. Di samping itu, perawatannya gampang banget. Namun, ingat juga kalau sepeda listrik nggak cocok untuk jarak jauh, ya. Sebab, dayanya terbatas untuk menuju tempat-tempat yang dekat rumah saja.

_________________________

BACA JUGA: Agar Tetap Aman dan Sehat, 5 Perlengkapan Sepeda Lipat Wajib Dimiliki

Jadi, begitulah cara kerja sepeda listrik. Simpel banget, kan, cara kerjanya? Siapa saja bisa memahaminya dengan mudah. Menggunakan sepeda listrik juga simpel banget. Sepeda listrik cocok banget buat kamu yang mendukung gerakan peduli lingkungan, berkendara tanpa bikin polusi udara. Oh ya, kamu bisa membeli sepeda listrik merek apa saja dengan harga promo di Blibli. Barangnya asli dan murah, lho.

CEK HARGA SEPEDA LISTRIK TERBAIK DI SINI

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel