me

Cara Investasi Saham yang Tepat untuk Pemula

Nov 24, 2020.By Jarvis
Bagikan

Canva.com

Investasi saham belakangan ini jadi topik yang paling banyak dibahas. Buat Blibli Friends yang ingin mencoba peruntungan baru, berinvestasi saham memang bisa jadi salah satu cara yang terbaik. Dengan berinvestasi pada saham, kamu bisa dapatkan keuntungan yang banyak banget. Keuntungan itu bisa kamu buat untuk beli rumah, atau bahkan memberangkatkan orangtua ke tanah suci. Keren banget, kan? Tapi, sama seperti jenis usaha lainnya, investasi usaha bukan tanpa resiko. Kamu bisa saja mengalami capital loss saat harga saham yang kamu beli ternyata justru merosot di bawah harga beli. Jadi, kamu memang harus bijak dalam menginvestasikan sahammu. Yuk, simak cara investasi saham buat pemula berikut ini.

Baca juga: Cara Investasi Saham yang Tepat untuk Pemula

Baca juga: Cara Beli Saham Blibli ($BELI) Cek Di Sini!


1. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Sebelum berinvestasi saham, kamu perlu bikin rekening efek terlebih dulu. Rekening ini nantinya bakal kamu gunakan buat membeli saham. Nah, untuk bikin rekening ini kamu harus pilih perusahaan sekuritas yang tepat. Jangan asal pilih, ya. Soalnya, perusahaan bank ini bakal menentukan banget kenyamananmu. Tiap perusahaan sekuritas biasanya punya tarif transaksi yang beda-beda. Tarif ini ditarik saat kamu melakukan pembelian saham. Supaya kamu nggak rugi, pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan tarif transaksi yang ringan. Tapi, kalau kamu butuh fitur yang lebih banyak dan lengkap, memang harus siap merogoh kocek lebih dalam. Lebih baik kamu tanyakan terlebih dulu ke teman atau anggota keluarga yang lebih berpengalaman dalam bidang ini.

2. Atur Pembelian Saham dengan Benar

Awalnya, kamu mungkin takut buat melangkah. Apalagi, peluang kerugian di bidang investasi saham memang benar ada. Tapi, jangan biarkan keragu-raguan itu bikin kamu mundur teratur, ya. Salah satu trik biar kamu nggak buntung adalah dengan mengatur pembelian saham secara tepat. Kalau kamu ragu-ragu, coba beli saham sebesar Rp 5.000 saja dulu. Tapi, keuntungan yang kamu peroleh juga pasti nggak terlalu banyak. Nah, di sini kamu perlu perkirakan saja. Pilih nominal investasi yang paling nggak kamu bisa terpuaskan dengan jumlah keuntungan sebesar 1% sekalipun.

Tapi, jangan langsung menggelontorkan semua uangmu buat investasi, ya. Soalnya, hal itulah yang bikin banyak pelaku investasi saham jadi drop saat mereka nggak dapat untung. Lebih baik, kamu sisihkan sebesar 10% dari penghasilan bulanan untuk keperluan investasi saham ini. Pastikan kamu juga sudah menyisihkan buat tabungan darurat, ya.

3. Pelajari dan Pahami Soal Indeks Saham

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari soal indeks saham. Indeks adalah ukuran statistik yang mencatat perubahan pergerakan harga dari sejumlah saham. Saham itu nantinya akan dipilih berdasarkan sejumlah faktor tertentu. Nah, buat kamu yang masih beginner, nggak perlu pilih medan indeks saham yang terlalu besar. Kamu bisa main aman saja di indeks LQ45 dan IDX30. Kedua indeks itu dikenal punya tingkat likuiditas yang tinggi. Jadi, lumayan aman deh buat kamu yang masih belajar. Setelah kamu makin paham dan menguasai medan, baru bisa pilih medan indeks saham yang lain.

4. Jangan Takut Rugi

Bermain saham memang punya resiko. Tapi, kamu jangan takut rugi, ya. Biarpun saat ini kamu mengalami kerugian, tetaplah sabar. Soalnya, bisa saja nanti saham yang sudah kamu tanam akan naik lagi. Kalau kamu melihat harga saham yang lagi turun, lebih baik beli saja. Biarpun harga saham tersebut kelihatan murah saat ini, tapi nggak menutup kemungkinan harganya bisa meningkat lebih mahal.

Cara Daftar dan Beli Saham untuk Pemula

cara daftar dan beli saham bagi pemula
johnsonwim.com

Berikut ini adalah langkah untuk mulai berinvestasi saham bagi pemula: 

1. Melengkapi Dokumen

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat ingin mulai berinvestasi. Pastikan kamu menyiapkan dokumen berikut ini:

  • Identitas diri bisa berupa KTP/Kitas/Paspor
  • Buku tabungan atas nama pribadi
  • NPWP (jika ada)
  • materai Rp 6.000 2 – 8 lembar.

2. Mengunjungi Perusahaan Sekuritas

Saat ini ada banyak perusahaan sekuritas yang bisa dijadikan tempat untuk mulai investasi saham yang menguntungkan. Sebagai pemula, pastikan memilih perusahaan sekuritas yang terjamin reputasinya agar bisa diandalkan. Karena itu, penting sekali untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan sekuritas. 

Kalau sudah memilih, maka kunjungi perusahaan sekuritas yang dipercaya dan isi formulir. Ada 2 jenis formulir yang harus diisi, yaitu:

  • Formulir Pembukaan Akun Saham
  • Formulir Rekening Dana Nasabah (RDN).

3. Menyetor Dana Awal

Setelah mengisi formulir, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Transfer sejumlah dana yang ingin diinvestasikan ke RDN atas nama investor yang bersangkutan
  • Jumlah setoran awal tergantung dari sekuritas masing-masing.

4. Mendapat Akses Login

Setelah berhasil transfer deposit, maka kamu bakal mendapatkan akses untuk login ke aku investasi saham. Aksesnya berupa ID, password, serta PIN yang bisa digunakan untuk mengakses akun di aplikasi investasi saham. 

5. Unduh Aplikasi Trading

Sekarang saatnya masuk ke akun investasi kamu, tapi sebelumnya unduh dulu aplikasi trading. Setelah itu login dengan menggunakan ID dan password yang sudah diberikan di atas. Seharusnya, kamu sudah bisa masuk ke akunmu. 

6. Mulai Berinvestasi!

Sudah berhasil ke akunmu? Langsung saja menelusuri aplikasi trading tersebut untuk mempelajari cara kerjanya, sehingga kamu bisa memilih aset investasi yang terbaik. Kalau sudah siap berinvestasi, lakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pilih saham perusahaan yang kamu ingin investasikan
  • Masukkan PIN sesuai yang sudah dibuat sebelumnya
  • Klik opsi BUY
  • Masukkan jumlah LOT saham
  • Klik CONFIRM dan kamu sudah sukses melakukan investasi saham pertamamu!

Baca juga: Belajar Investasi dengan Mengenal Apa itu IHSG

Baca juga: Ayo Ketahui Berbagai Istilah Dalam Saham Berikut Ini!

Nah, itulah cara investasi saham yang perlu banget dipraktekkan buat para pemula. Nah berhubung Saham IPO Blibli Tiket sudah bisa dipesan mulai tanggal 17 Oktober 2022.

INTIP CARA BELI SAHAM BLIBLI DI SINI!

Tag: