Cara Investasi Reksadana Mudah Bagi Pemula

cara investasi reksadana
sumber: bareksa.com

Reksadana kini menjadi salah satu jenis investasi yang kian populer. Di mana jenis investasi satu ini terbilang sangat mudah dan tanpa perlu bekal ilmu yang banyak. Bahkan, sekalipun masih pemula, Blibli Friends bisa lho menjalankan investasi reksadana dengan baik. Dibandingkan dengan investasi di tabungan atau deposito, return bunga yang kamu dapatkan bisa lebih tinggi lho jika memilih berinvestasi di reksadana. Lebih menariknya lagi, investasi ini bisa kamu lakukan secara online. Ya, kamu bisa berinvestasi dari rumah tanpa perlu bertatap muka dengan orang lain. Yuk ketahui cara investasi mudah di reksadana.

Proses yang lebih mudah dan cepat ini menjadi keunggulan tersendiri dari investasi di reksadana. Terlebih kini semakin banyak situs online atau e-commerce yang menghadirkan layanan reksadana online. Untuk bisa berinvestasi di reksadana juga tak membutuhkan nominal yang terlalu besar. Bahkan, ada situs yang memperbolehkan kamu melakukan investasi dengan nominal Rp 10.000 saja. Bisa dibilang, kamu yang belum pekerja kantoran pun bisa menjalankan investasi satu ini. Sebelum memutuskan untuk membeli reksadana, cek dulu cara investasi reksadana berikut.

______________________________________

  • Pilih Platform Investasi

Mengingat investasi yang kamu lakukan bersifat online, hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni memilih platform investasi yang tepat. Untuk lebih memudahkan kamu dalam melakukan investasi, pilihlah platform yang menjual produk reksadana dari berbagai macam manajer investasi. Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam menentukan pilihan. Pastikan juga jika platform yang kamu pilih terpercaya dan bisa menjaga keamanan setiap transaksi yang dilakukan, ya. Biar lebih yakin, nggak ada salahnya jika kamu cari review setiap platform investasi dari kacamata penggunanya.

  • Pahami Jenis-Jenis Reksadana

Tahukah kamu jika saat ini reksadana hadir dengan berbagai macam jenis. Sehingga kamu perlu memahami setiap jenis reksadana sebelum menentukan pilihan. Pasalnya, setiap jenis reksadana juga memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut beberapa jenis reksadana berdasarkan alokasi investasi yang bisa kamu pilih, yakni reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan lain sebagainya.

  • Pilih Jangka Waktu Investasi

Hal yang nggak kalah penting untuk diperhatikan yakni jangka waktu investasi. Saat menentukannya, sesuaikan juga dengan jenis reksadana yang akan kamu pilih. Reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap lebih cocok bagi kamu yang ingin melakukan investasi jangka pendek, kurang dari tiga tahun. Sebaliknya, jika kamu ingin investasi jangka panjang, pilihlah reksadana campuran atau saham.

  • Pastikan Ada Izin OJK

Agar investasi yang kamu lakukan bisa lebih aman, pastikan jika produk Reksadana yang kamu pilih sudah masuk dalam izin OJK. Jika nggak, alih-alih mendapatkan keuntungan kamu bisa saja terjebak dalam investasi ilegal. Sekalipun produk reksadana yang ditawarkan memiliki keuntungan yang sangat besar, jangan mudah tergiur jika nyatanya investasi tersebut tak ada izin OJK dan bersifat ilegal. Tak hanya produk reksadana ya aja, pastikan jika manajer investasi yang mengelola juga sudah ada izin OJK, ya.

______________________________________

Itu tadi cara investasi reksadana yang bisa kamu terapkan jika ingin mulai berinvestasi. Meski terbilang mudah dengan proses yang cepat, pastikan kamu berinvestasi di tempat yang legal, ya. Kamu bisa juga coba mulai investasi dari yang paling kecil, lho.

COBAIN INVESTASI EMAS DIGITAL DI SINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY