Cara Investasi Emas Mudah Untuk Pemula

sumber: pixabay.com

Sejak ratusan tahun yang lalu, emas sudah jadi produk investasi yang paling banyak dilakukan. Beda dari uang yang nilainya terus menurun setiap tahun, nilai emas memang nggak berubah. Malah, bisa dibilang, nilai emas justru meningkat dari tahun ke tahun. Jadi, nggak salah deh kalau orangtuamu sering menyarankanmu buat menabung emas. Masalahnya, gimana sih cara investasi emas yang benar? Ya, investasi emas memang nggak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kalau kamu asal investasi saja tanpa tahu tips yang benar, yang ada justru kamu rugi. Atau, justru jadi terbelit oleh utang. Nah, makanya, kamu baca dulu yuk cara yang tepat buat berinvestasi emas berikut ini.

_________________________

  1. Gunakan Teknik Klasik

Kamu tahu kan, teknik investasi emas klasik tuh yang seperti apa? Ya, kamu beli emas batangan saat harganya sedang turun. Setelah itu, kamu diamkan dan menjualnya saat harga emas tersebut sudah naik dengan selisih harga yang lebih besar dibanding harga beli. Cara ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang tua di zaman dulu. Kalau kamu berniat buat jual emas yang sudah kamu beli, memang butuh kesabaran yang ekstra banget. Sebaiknya, nggak usah terlalu terobsesi sampai mengecek perubahan harga emas setiap beberapa menit, ya.

  1. Bikin Tabungan Emas

Cara investasi emas yang lebih menguntungkan adalah memperlakukan emas sebagai tabungan. Ya, anggap saja dengan menggunakan emas itu, kamu sedang membekukan sebagian kecil hartamu. Nilai emas yang terus meningkat memang membuatnya jadi cara terbaik buat kamu yang ingin menabung dalam jangka panjang. Nggak usah langsung target beli emas yang terlalu banyak. Kamu bisa kok mencicil emas sebanyak 1 gram tiap bulannya. Lambat laun, kamu bisa menjual emas itu buat beli rumah, mobil, liburan bareng pasangan, atau bahkan buat tabungan pendidikan anak. Banyak banget kan manfaatnya?

  1. Pakai Sistem Gadai

Cara lainnya yang bisa kamu pakai buat berinvestasi emas adalah dengan sistem gadai. Misalnya, dari hasil menabung emas itu, kamu berhasil mengumpulkan emas yang mencapai 100 gram. Nah, emas itu bisa kamu gadaikan ke pegadaian sebagai jaminan. Dari pegadaian, kamu bisa dapatkan sejumlah uang buat modal bisnis. Nah, teknik ini bisa memberikan kamu keuntungan yang berlipat-lipat jika bisnis yang kamu jalani sukses. Kamu bisa menggunakan hasil dari bisnis tersebut buat membeli sejumlah emas lagi. Tapi, tentu saja kamu jadi merugi seandainya bisnis tersebut malah gagal.

  1. Pakai Sistem Kebun Emas

Cara ini sebenarnya kurang direkomendasikan, Blibli Friends. Soalnya, teknik investasi ini baru akan menguntungkanmu seandainya harga emas yang kamu tanam terus meningkat. Masalahnya, sempat ada kejadian di tahun 2013 dimana harga emas justru stagnan, atau malah menurun. Nah, bisa dibayangkan kerugian yang harus ditelan oleh pelaku sistem kebun emas ini. Jadi, nggak heran kalau tren ini hanya populer dalam jangka waktu singkat saja. Sekarang, jarang banget orang yang menggunakan sistem kebun emas ini. Tapi, kalau kamu mau uji untung sih, silakan saja. Apalagi, saat ini nilai emas memang terus meningkat.

_________________________

Itulah beberapa cara investasi emas yang bisa kamu coba. Kamu bisa mulai berinvestasi emas digital lewat platform Blibli.

COBAIN INVESTASI EMAS DIGITAL DI SINI

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY