me

Cara Investasi Emas, Kenali Peluang dan Tantangannya

Aug 21, 2023.By Jarvis
Bagikan

wealthprofessional.ca

Cek cara investasi emas lengkap dengan keuntungan dan kekurangannya!

Baik untuk investor pemula maupun yang sudah berpengalaman, emas adalah instrumen investasi yang sangat disarankan. Risikonya rendah dan cepat cari, saat ini cara investasi emas makin mudah saja. Sebelum mulai berinvestasi, pastikan Blibli Friends tahu keuntungan dan kekurangannya dulu. Temukan infonya di sini!

Baca juga:

Investasi Emas

bestschoolnews.com

Investasi emas sudah dilakukan berbagai bangsa manusia sejak berabad-abad yang lalu. Manusia sangat menghargai emas dari abad ke abad, hingga kini. Nilainya cenderung stabil, bahkan terus meningkat. Investasi emas adalah yang aman dan mudah karena bisa menyimpan dalam bentuk fisik maupun digital. 

Keuntungan Investasi Emas

Emas memang aset yang kuat, tapi baru akan menguntungkan kalau kita paham kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjualnya. Berikut ini beberapa keuntungan investasi emas yang perlu kamu tahu”

1. Aman dari Inflasi

freepik.com

Emas sudah terbukti sangat aman saat terjadi inflasi. Nilainya tidak turun, meski nilai saham anjlok. Malahan harga emas akan melonjak dan akan menguntungkan menjualnya di masa inflasi. Meski mata uang sedang mengalami penurunan, harga emas justru aman banget!

2. Selalu Likuid

seekingalpha.com

Emas adalah aset yang selalu likuid. Kita bisa menjualnya kapan saja, entah itu emas fisik maupun digital. Emas batangan harganya akan tetap tinggi, apalagi kalau membeli yang ada sertifikatnya. Emas dalam bentuk perhiasan pun harganya akan tetap tinggi dan mudah sekali dijual. 

3. Permintaan Meningkat

ft.com

Makin ke sini, investasi emas makin terjangkau dan mudah diakses. Hasilnya, permintaan terhadap emas pun kian meningkat. Kalau kita punya emas, pasti akan ada yang bersedia membelinya, jadi tak akan pernah rugi. 

4. Diversifikasi Investasi

jupiter.money

Dalam berinvestasi sangat disarankan untuk tidak berinvestasi untuk 1 aset saja dalam jumlah yang besar. Diversifikasi investasi sangat penting untuk menghindari risiko besar. jadi kalau 1 investasi kurang menguntungkan, masih bisa untung dari yang lain. Emas adalah cara yang tepat untuk diversifikasi rendah risiko.

5. Mudah Diakses

cbsnews.com

Jaman sekarang investasi emas bukan hanya bisa dilakukan orang yang berada saja. Emas makin mudah diakses karena kita bisa memulai dengan modal dan berat emas yang sangat rendah. Apalagi sekarang sudah ada layanan investasi emas digital. 

Kekurangan Investasi Emas

Investasi emas memang banyak keunggulannya, tapi tentu saja ada juga kekurangannya. Blibli Friends perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan investasi emas di bawah ini sebelum memulai:

1. Peningkatan Tidak Terlalu Tinggi

vulcanpost.com

Nilai emas memang kuat sejak dulu sampai sekarang, tapi tak dapat dipungkiri peningkatan nilainya nggak terlalu tinggi. Jadi kita nggak bisa berharap punya emas lalu dapat untung besar dalam seketika. Bagi yang ingin cepat dapat untung, emas mungkin saja bukan pilihan yang tepat. 

2. Tidak Memberikan Penghasilan Tetap

moneywise.com

Kalau memilih berinvestasi dalam bentuk emas fisik, maka kita tidak akan mendapatkan penghasilan secara teratur, kecuali kalau emas dijual. Emas merupakan investasi yang ditabung, bukan untuk didapatkan keuntungannya tiap bulan secara teratur. 

3. Risiko Keamanan

marketwatch.com

Masalah berikutnya kalau memutuskan menyimpan emas fisik sendiri di rumah adalah risiko keamanannya. Sangat disarankan kita menyiapkan satu tempat yang aman dan sulit diakses orang lain. Emas baru bisa dikeluarkan apabila akan dicairkan. Selebihnya sebaiknya disimpan saja agar aman. 

Mengapa Harus Investasi Emas Antam dan Beli di Blibli Hasanah?

Mau berinvestasi emas fisik? Jelas emas Antam adalah pilihan yang paling aman karena nilainya stabil dan sertifikatnya jelas. Kita juga bisa membelinya dengan modal yang rendah karena pilihan ukurannya beragam. Likuiditas emas Antam juga sudah pasti tinggi karena kualitasnya yang sudah dipercaya di seluruh Indonesia. 

Blibli Friends bisa mendapatkan emas Antam di Blibli Hasanah. Kenapa harus di Blibli Hasanah? Pilihan emas yang tersedia di sini variatif dan jelas kualitasnya, pasti original dengan sertifikat yang jelas. Selain itu, proses pengirimannya pun terjamin. Apa saja pilihan emas Antam di Blibli Hasanah? Ini dia beberapa pilihannya:

1. EmasKITA Premium 2 Gr

blibli.com

Rekomendasi yang pertama ada EmasKITA Premium 2 Gr yang merupakan logam mulia 24 karat diproduksi oleh pabrik Hartadinata dengan sertifikasi dari PT Antam Tbk. Kualitas dan keaslian produk jelas terjamin. 

EmasKITA Premium 2 Gr

EmasKITA Premium 2 Gr adalah emas batangan dengan kadar 999.9 dan berat 2 gram. PT Hartadinata Abadi Tbk sendiri sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, jadi pasti jelas dan 100% terjamin kualitasnya.

2. BliGold Antam Logam Mulia [5 g] CertiCard 2023

blibli.com

Selanjutnya ada BliGold Antam Logam Mulia [5 g] CertiCard 2023. Antam Logam Mulia dengan kemasar CertiCard ini merupakan salah satu produk logam mulia Antam yang dicetak tahun 2023. Sangat cocok untuk investasi. 

BANDUNG - BliGold Antam Logam Mulia 5 g CertiCard 2023

Sudah lengkap dengan sertifikat, emas Antam jelas lebih berkualitas untuk dijadikan investasi berisiko rendah. Ketika akan dicairkan, kapan pun akan cepat cair karena reputasinya yang sudah dipercaya kualitasnya.

3. EmasKITA Thank You Gold 0.1 Gr

blibli.com

Rekomendasi yang ketiga ada EmasKITA Thank You Gold 0.1 Gr. EmasKITA adalah produk emas batangan dari Hartadinata yang berasal dari Bandung. Sudah diotorisasi dari OJK, jelas kualitas emasnya tak perlu diragukan. 

EmasKITA Thank You Gold 0.1 Gr

EmasKITA adalah logam mulia 24 karat yang kualitas dan keaslian produknya terjamin. Sudah mendapat sertifikasi langsung dari PT Antam Tbk, makin meyakinkan kita akan kualitasnya yang sudah pasti terjamin. 

4. BliGold Antam Logam Mulia [0,5 g] CertiCard 2023

blibli.com

Pilihan berikutnya ada BliGold Antam Logam Mulia [0,5 g] CertiCard 2023. Merupakan logam mulia keluaran Antam, kadar emasnya 100% terjamin 24 karat dengan berat 0.5 gram. Cocok untuk investasi jumlah kecil. 

SURABAYA - BliGold Antam Logam Mulia 0,5 g CertiCard 2023

Memulai investasi risiko rendah dengan emas Antam CertiCard ini aman banget, karena sudah ada kartu sertifikasi yang baru dicetak tahun 2023. Entah untuk disimpan atau segera dicairkan, pasti sama-sama menguntungkan!

Baca juga:

Saat ini ada banyak cara investasi emas yang bisa Blibli Friends lakukan dengan mudah. Mau investasi emas fisik yang aman? Pastikan beli emas Antam di Blibli Hasanah yang jelas keaslian kadarnya. Yuk, pilih emas Antam sekarang dan manfaatkan promonya!

Tag: