Cara Download Windows 11 Serta Fitur Barunya, Yuk Simak!

Oct 19, 2021.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Cara Download Windows 11 – Microsoft merilis sistem operasi barunya, Windows 11 di tanggal 5 Oktober lalu. Sistem operasi terbaru ini pun sudah bisa diunduh ke berbagai perangkat yang sudah memenuhi syarat. Kalau kamu sekarang sedang menggunakan Windows 10 di komputer atau laptop yang kompatibel dengan sistem operasi terbaru, kamu sudah bisa memutakhirkan ke Windows 11 dengan gratis!

Microsoft memang meluncurkan sistem operasinya secara bertahap. Jadi kalau komputer-mu belum mengharuskan untuk update, ini normal saja. Bahkan bisa saja kamu belum bisa menemukan cara untuk update, karena semua perangkat yang memenuhi syarat bakal ditawari update gratis oleh Microsoft pada pertengahan 2022.

Baca juga: Cari Laptop Multitasking Tangguh di Bawah 8 Juta? Pilih Laptop Acer Core i3 Saja!

__________________________________________

Dapat Penawaran Download Windows 11 Otomatis dari Sistem

Diperkirakan mulai bulan November atau Desember bakal ada perangkat yang mendapat penawaran untuk update sistem operasi dari Windows 10 ke Windows 11. Kalau perangkatmu mendapatkan tawaran ini, prosesnya akan sama seperti pemutakhiran sistem operasi Windows 10 seperti biasanya. Selama perangkat-mu kompatibel, cara update ini gampang banget!

Kalaupun perangkatmu belum kompatibel dengan Windows 11, Microsoft akan menawarkan solusi lainnya. Meski begitu, kalau kamu mengikuti cara ini, instalasi Windows 11 di perangkatmu nggak didukung resmi oleh Microsoft.

Tapi kalau menurutmu tahun 2022 kelamaan, bisa juga lho download Windows 11 dengan manual. Dengan download manual, kamu bisa mengecek berbagai fitur barunya seperti widgets, desktop virtual, snap layout, dan Microsoft Store yang paling baru. Jadi bagaimana sih cara download Windows 11 secara manual?

Cek Dulu Apakah Perangkat Kompatibel dengan Windows 11

Nggak semua komputer dan laptop kompatibel dengan Windows 11. Microsoft memberikan beberapa syarat agar pengguna bisa mengunduh Windows 11. Untuk bisa tahu apakah perangkat milik kita kompatibel dengan sistem operasi Windows terbaru, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Gunakan Microsoft’s PC Health Check

Cara menggunakan Microsoft’s PC Health Check sangat mudah. Kamu bisa download aplikasinya. Lalu buka dokumennya, setujui syarat dan service yang muncul di layar, lalu klik Install. Pastikan boks bertuliskan Open PC Health Check dicentang dan terakhir klik Finish.

Seharusnya ada pop up yang muncul bertuliskan “PC health at a glance”. Di bagian atas ada tulisan “Introducing Windows 11” dan klik Check Now. Kalau perangkat kita sudah kompatibel, maka akan muncul opsi untuk download Windows 11. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Tapi kalau perangkat kita belum kompatibel, akan muncul tulisan “This PC doesn’t currently meet Windows 11 system requirements.” Di bawahnya akan ada beberapa info mengenai perangkat dan Windows 11.

  1. Gunakan Aplikasi WhyNotWin11

Selain aplikasi di atas, ada juga aplikasi dari pihak ketiga yang bernama WhyNotWin11. Aplikasi ini aman dan justru jadi alternatif yang baik untuk mengecek kompatibilitas perangkat-mu. Memang tampilan antarmukanya kurang ramah pengguna. Tapi aplikasi ini justru bakal memberikan info lebih dan detail soal kompatibilitas perangkat kita.

  1. Cek Daftar Microsoft tentang Spesifikasi Sistem untuk Windows 11

Satu lagi cara untuk mengecek kompatibilitas perangkat kita adalah dengan melihat daftar spesifikasi sistem yang ada di situs resmi Microsoft. Kalau perangkat kita kompatibel, maka kita bisa dengan mudah mengunduh Windows 11 secara gratis kalau sudah tersedia.

Spesifikasi Perangkat yang Kompatibel dengan Windows 11

Mudah saja mengecek apakah komputer dan laptop-mu sesuai syarat dari Microsoft untuk download Windows 11 atau belum. Perangkat yang kompatibel adalah yang punya kapasitas RAM setidaknya 4 GB, dengan memori internal minimal 64 GB. Untuk prosesor, harus 1 GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core, serta kompatibel dengan prosesor atau SoC 64-bit.

Perangkatmu juga harus menggunakan chip TPM 12. Sementara untuk kartu grafisnya, harus kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih mutakhir dengan driver WDDM 2.0. Sementara untuk displaynya harus beresolusi High Definition (HD) 720p dengan ukuran layar minimal 9 inci secara diagonal.

Cara Download Windows 11 Secara Manual

Kalau perangkatmu sudah dicek dan ternyata kompatibel dengan Windows 11, sekarang saatnya download Windows 11 secara manual. Nggak perlu lagi tunggu sampai tahun depan, ini dia cara downloadnya:

  1. Ke menu “Settings” yang ada di perangkatmu, baik itu komputer maupun laptop
  2. Pilih “Update Windows” atau “Pembaruan Windows”
  3. Klik “Check Updates” atau “Periksa Pembaruan”, kalau update sudah tersedia, kamu akan melihat pilihan “Update to Windows 11” atau “Pembaruan Fitur ke Windows 11”
  4. Cukup klik “Download” atau “Unduh”, kemudian klik “Install” di boks yang nantinya muncul di layar
  5. Tunggu sesaat hingga proses instalasi selesai.

Setelah instalasi selesai, kamu sudah bisa menggunakan Windows 11 beserta berbagai fitur barunya. Cara Windows 11 sangat mudah kalau perangkat kita sudah memenuhi syarat. Sama saja dengan update Windows 10 sebelumnya.

Apa Saja yang Ditawarkan Windows 11?

Update Windows 11 di tahun 2021 ini menandai perubahan besar sejak Microsoft meluncurkan Windows 10 di tahun 2015. Rumor soal desain yang benar-benar baru sudah mulai berhembus sejak tahun lalu. Bahkan bocoran dari CEO Microsoft, Satya Nadella, mengatakan bahwa pihaknya merencanakan update Windows yang paling signifikan di dekade ini.

Microsoft yang punya pengguna sistem operasi Windows di seluruh dunia sebanyak 1.3 triliun ini akhirnya benar-benar meluncurkan berbagai pembaruan di Windows 11. Salah satunya yang bisa langsung kamu lihat adalah tampilan antarmukanya. Kelihatan fresh banget, dengan warna pastel dan sudut-sudut yang membulat. Audio saat baru membuka perangkat juga baru.

menus Windows Start kini dipindah dari kiri bawah layar ke bagian tengah. Sementara ikon aplikasinya diatur di tengah juga secara bersebelahan. Secara keseluruhan, memang terlihat seperti tampilan antarmuka sistem operasi pesaingnya. Di Windows 11 kamu juga akan menemukan berbagai desktop tool baru. Seperti kreasi virtual desktop yang lebih mudah dan widget yang bisa memberi info sekilas.

Satu lagi yang nggak kalah seru adalah adanya update di Microsoft Store terbaru. Bakal ada beberapa aplikasi Android yang terintegrasi dengan Windows. Kita jadi bisa memasang aplikasi dengan mudah di Microsoft Store. Meskipun mungkin beberapa aplikasi akan membutuhkan waktu untuk bisa digunakan semua fiturnya dengan lengkap, bagai menggunakan aplikasi Android.

Dukungan Microsoft untuk Perangkat yang Belum Kompatibel dengan Windows 11

Lalu bagaimana kalau perangkat kamu belum sesuai dengan syarat yang diajukan Microsoft untuk pemutakhiran Windows 11? Nggak perlu khawatir, karena Microsoft masih akan mendukung sistem operasi Windows 10 sampai bulan Oktober 2025. Jadi nggak masalah juga kalau kamu belum berniat untuk mengunduh Windows 11 sekarang juga.

Masih ada waktu beberapa tahun untuk update. Kamu bisa tunggu dapat penawaran resmi dari Microsoft. Bisa juga menabung dulu buat beli perangkat baru yang kompatibel dengan Windows 11. Kalau sudah pakai perangkat model terbaru, umumnya sudah kompatibel jadi bakal lebih mudah untuk update.

__________________________________________

Baca juga: Ini Penyebab Laptop Lemot, Sudah Tahu?

Nah, gimana? Udah paham kan gimana cara download Windows 11. Pastiin kamu beli sistem operasi dari Microsoft yang original ya! Blibli lagi adain promo khusus buat kamu yang ingin memiliki sistem operasi terbaru dari Microsoft ini. Yuk, deh kunjungi Blibli dan dapatkan harga spesial Windows 11 di sini sekarang juga!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel